Terima kasih, 2021

Seperti biasa, beberapa tahun terakhir saya rutin menulis postingan terima kasih untuk tahun yang sudah lewat. Di 2020 kita (atau saya) sempat mengira tahun berikutnya akan tiba saat kembali normal dan dunia kembali baik-baik saja. Kenyataannya, kita malah seperti mengulang 2020 untuk kedua kalinya, even worse.

Banyak yang terjadi sepanjang tahun. Namun di sini saya hanya akan menghighlight beberapa catatan syukur yang siapa tau mengingatkan di masa mendatang, kalau dibaca lagi. Di antaranya ada yang sudah saya cita-citakan sedari dulu, yang akhirnya kesampaian. Ada pula yang tidak pernah dibayangkan, tapi malah terjadi.

Sedangkan untuk keinginan, harapan, dan cita-cita yang belum terwujud, biarlah tetap tersimpan, sampai nanti ia memilih waktunya sendiri untuk terealisasi. Maka, yang bagian ini tidak akan saya bahas dan gak usah ditanyain yaaa….

2021 kemarin ternyata jadi salah satu amazing year buat saya. Kenapa? duh males banget kalo harus nulis detailnya. Jadi ini dia highlight nya

Antri 29 Tahun

Akhirnya di tahun 2021 saya memberanikan diri untuk daftar antrian haji reguler di Kemenag sesuai KTP. Sesuatu yang udah pengen bisa saya lakukan sejak dulu, tapi apa daya hingga 2019 kemarin status saya masih jobless and broke. Hahaha.

Bagusnya pendaftaran haji sekarang sudah lebih simpel dengan berkas gak serumit dulu. Bahkan buka tabungan haji hingga setoran awal pun bisa melalui m-banking. Bukti setorannya kemudian dikirim melalui email. Berkas juga lebih ringkas. Saya November lalu cukup bawa copy KTP, KK, dan Akta lahir masing-masing 1 lembar. Gak perlu foto visa seabrek juga, karena ternyata kita akan difoto langsung di Kemenag.

Jadi, prosedurnya memang cepat dan mudah. Yang lama tu masa tunggu keberangkatannya. Untuk propinsi saya saat itu, masa estimasi keberangkatannya 29 tahun kemudia. Ya kira-kira usia jelang-jelang pensiun lah *sad. Kalo mau cek daerah kamu, bisa klik estimasi Kemenag di sini.

Lahiran buku kedua

Halo, perkenalkan ini buku ke-dua saya.

Saat menyelesaikan buku pertama 2020 lalu, saya udah koar-koar tuh kalo kapok nulis. Capeknya bukan main. Beda banget pula rasanya dengan nulis buat media digital begini. Yang kalo ada salah dikit, bisa diedit dan direvisi. Lah kalo buku kadung dicetak?

Belum lagi saya ni gak hobi-hobi amat nulis. Lah kok malah nulis satu buku beneran. Herannya, ketika awal tahun saya kembali di-approach untuk menulis buku, kok saya iyakan! Saya kira 2021 load kerja saya di kantor akan normal-normal saja. Apalagi di awal tahun saya hanya mengajar sedikit sks. Ternyata tidak semudah itu, ferguso. Nyatanya load kerja sepanjang 2021 di luar mengajar malah gila-gilaan.

Makanya ketika akhirnya Buku Pintar Reksa Dana dengan cover koneng ngejreng itu selesai, saya takjub sekali. Ternyata bisa selesai juga, walau tentu dengan permohonan perpanjang deadline berkali-kali. Terima kasih Divapress dengan mba-mba Editornya yang baik sekali menghadapiku sepanjang proses buku ke-2 ini. Tanpa kalian mungkin saya sudah frustasi.

Norak terus tiap ke toko buku nemuin buku sendiri

Work from…..

Wow ini masih tak menyangka sih beneran merasakan pengalaman work from anywhere sambil pakai kaos purapurakerja. Sudah sejak dulu saya memimpi-mimpikan punya kesempatan buat kerja dari mana saja. Sedihnya, penyebab kesampeannya malah karena pandemi. hiks.

WF-WF-an pertama saya adalah Work From Lombok, tepat setelah saya selesai menerima vaksin dosis 2. Satu bulan di Lombok menjadi salah satu pengalaman hidup paling berkesan bagi saya. Setelah dari Lombok, saya menyebrang ke Bali pada awal Mei, kemudian kembali ke Jogja sesudah lebaran Idulfitri. Selanjutnya seminggu di Dieng pada Agustus, kemudian seminggu di Malang pada Desember.

When in Lombok

Yang datang dan yang pergi

Salah satu yang bikin saya jadi akhirnya work from mana-mana dan meninggalkan rumah adalah, karena di rumah saya juga cuma sendiri. Jadi waktu itu saya pikir, kalo sama -sama sendiri, kenapa tidak coba di tempat-tempat lain juga?

Jadi per awal tahun 2021, adik saya yang juga house-mate hijrah ke Borneo untuk menjalani karir barunya. Saya happy dan bangga dengan pencapaian dia, di sisi lain sedih juga ditinggalin, hahaha. Maka di bulan-bulan berikutnya saya tinggal sendiri dari yang sebelumnya selalu ada housemate (or mates).

Tadinya saya sempet pengen cari teman serumah. Kan lumayan ya buat bayar tagihan wifi, listrik, PDAM, uang lingkungan bisa patungan. Tapi setelah dijalani, ternyata asik-asik juga tinggal sendiri. Introvert saya jadi makin terpelihara subur, dan sampai sekarang makin mager keluar rumah, Betah! Eh tapi sekarang dah ada housemate lagi kok 😀

Sepertinya itu aja deh yang saya highlight. Faktor lainnya adalah dah males mau nulis apaan lagi. Kalau dari sisi kerjaan, sebenarnya saya juga happy dapat mata kuliah yang saya suka, trus terlibat dalam keriwehan segala urusan perguruan tinggi, dikasih amanah yang saya sendiri bingung kenapa dikasih, dan lain sebagainya.

Saking banyaknya yang saya kerjakan (dan tidak saya kerjakan), sampai sampai saya bengong dong pas udah trimester IV 2021. Loh, cepet banget kok tau-tau udah mau 2022 aja.

Published by

aqied

eat, coffee, and travel

Leave a comment