Tag Archives: Nglanggeran

Swallow Summit : Gunung Api Purba Nglanggeran

24 Dec
Thanks God I Travel 2014

Thanks God I Travel 2014

Dua yang populer begitu disebutkan kata Nglanggeran. Yap. di kawasan ini ada Gunung Api Purba dengan view dari ketinggian yang kece, dan embung nglanggeran yang bikin efek matahari seperti bercermin kalo lagi sunset. Lama sekali gak kesampaian buat nginjek Gunung Purba nya, minggu lalu akhirnya kesampaian juga.

SAMSUNG CSC

Musim hujan begini sebenarnya bukan ide bagus sih buat mainan outdoor. Buat antisipasi hujan dan mungkin kabut, hari minggu kemarin kami siapin sandal jepit. Lah koq ternyata malah akhirnya sandal jepit ini lah yang kami pakai terus-menerus dari naik sampai turun dan balik ke rumah. jadilah fun tracking Gunung Purba nya kemarin kami namakan “Swallow Summit”.

swallow summit. sandalnya sampe kotor

swallow summit. sandalnya sampe kotor

Main ke gunung ini, tidak bisa dibilang mendaki gunung sih. Estimasi waktu yang diperlukan buat naik rata-rata 1 jam saja. Itu kalo dari pengalaman saya kemarin sudah termasuk istirahat berkali-kali. Meski tidak seperti mendaki gunung, tetep ada tantangan seru nya yang sayangnya gak semua nya saya dokumentasikan.

istirahat di gazebo. foto by tavis

istirahat di gazebo. foto by tavis

Pertama naik, santai saja karena ada banyak penunjuk rute dan tiap beberapa langkah banyak tempat-tempat untuk istirahat. Medan yang harus dilewati juga bermacam macam. Ada yang jalanan nanjak biasa, ada yang bertangga-tangga, ada yang harus pegangan tali buat manjatin batu, dan yang seru banget kayanya cuma ada di sini. Dua batu raksasa yang hampir dempetan, dan kita harus ngelewatin tengah-tengahnya, nanjak pula. Alhamdulillah masi bisa lewat berarti saya masih cukup langsing, kan.

ancang-ancang mau nyempil di antara dua batu besar

ancang-ancang mau nyempil di antara dua batu besar. poto by. Vitri

Cape nya lumayan sih bagi saya yang pemalas olahraga dan jarang jalan ini. Tapi yang bikin cape nya gak kerasa itu, setiap langkah dan nyembul di ketinggian, selalu ada view cantik yang seger banget buat mata. Sampai akhirnya kami sampai juga di puncak nya. Yey!

finally here

finally here

tebing

tebing

Sayangnya belum lama kami leyeh-leyeh di atas, kabut semakin dekat dan akhirnya sekitar kami menjadi putih. Khawatir kalau nanti makin gelap sementara tidak ada dari kami yang bawa peralatan yang beres buat menghadapi kabut, segera lah kami turun (setelah foto-foto dulu tentunyaah).

Merah-Putih, seperti swallow ku

Merah-Putih, seperti swallow ku

SAMSUNG CSC

Berhubung kemarin rasanya cepet banget dan belum cukup banyak kulakan foto, mungkin kapan-kapan perlu ke sana lagi deh. Ada yang mau ngajakin?

halo kakakkk, ajak maen yuk. tertanda Saya Adik

halo kakakkk, ajak maen yuk. tertanda Saya Adik

* Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab Gunung Kidul, Prop DI Yogyakarta

* untuk mencapai lokasi, dari Kota Yogyakarta melalui Jl Wonosari ke timur, setelah Polsek Patuk, lurus saja lagi sampai menemui pertigaan (ada jembatan) dengan papan penunjuk jalan “Nglanggeran”. ikuti jalurnya dan ikuti setiap papan penunjuk ke Embung/Gunung Purba. jika bingung, tidak yakin, atau tersesat, silahkan bertanya

jika dengan kendaraan umum, menggunakan Bus Jogja-Wonosari, turun di Patuk, disambung ojek.

* retribusi masuk di siang hari, Rp 7,000/orang dan parkir sepeda motor Rp. 2,000. buka juga pada malam hari dengan penyesuaian tarif (saya gak tau detilnya)

*tidak disarankan menggunakan sandal jepit seperti kami, karena jalanan yang licin dan resiko kepleset juga tidak disarankan menggunakan stiletto.

*saat ke sana, kami menemukan banyak sampah yang ditinggalkan pengunjung yang akhirnya turut kami bawa ke bawah, jadi kalo kamu yang ke sana, jangan ikut2an nyampah ya.

Advertisements

Embung Nglanggeran

9 Aug

wpid-img_20140808_102325.jpg

Harus tiga kali kemari sampai saya benar-benar bikin posting ini. Mungkin ada yang sudah pernah lihat foto-foto di lokasi ini baik di blog ini, atau akun instagram yang terhubung ke facebook dan twitter. Sebelumnya bahkan saya bertekad untuk gak bikin posting tentang embung ini sebelum ke Gunung Api Purba Nglanggeran.

 

Senja di kunjungan pertama

Senja di kunjungan pertama

Embung Nglanggeran adalah waduk buatan di ketinggian, dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Embung ini menjadi pemandangan menarik ketika Anda sedang di puncak gunung api purba. Ternyata tidak hanya satu sisi saja, karena dari Embung Nglanggeran pun, Gunung Api Purba menjadi pemandangan cantik juga. tebing-tebing dengan ukiran indah, dan titik-titik kecil pengunjung di puncak Gunung Api Purba,terlihat manis dari embung.

 

tebing-tebing gunung purba

tebing-tebing gunung purba

Karena terletak di ketinggian, ada baiknya berkunjung saat sore hari. Beberapa pendapat mengatakan, embung nglanggeran termasuk salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Dengan datang saat sore, tentu masih ada waktu untuk mengabadikan saat-saat matahari masih terang. Warna langit yang memantul di air embung, dan refleksi titik-titik pengunjung, juga tebing-tebing gunung api yang bercermin terbalik, cukup membahagiakan mata.

 IMG_20140805_190049

foto panorama

foto panorama

Saat senja resmi turun, matahari pun turut bercermin pada air embung. Tak harus ke pantai, tak perlu mendaki gunung, untuk bisa mendapatkan momen indah ini. Pastikan untuk memilih spot yang tepat. Karena yang ingin menikmati saat-saat matahari berpamitan tidak  cuma kita kan? Berfoto siluet dengan pose cihuy, alay, mainstream, candid,  atau apapun bisa jadi oleh-oleh berharga di masa depan. Bahan cerita untuk anak cucu, mungkin?  Sebelum mereka protes No Pic=Hoax?

 IMG_20140805_213443

Tak perlu takut kelelahan, karena meski letaknya di ketinggian, embung ini dapat di akses kendaraan. Dari area parkir, hanya cukup menaiki beberapa anak tangga saja dan voilaaa hamparan air embung menyapa kita. Ditambah pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Jika sedang berkabut, semacam ada sensasi berada di atas awan. Menyenangkan, bukan? Selain itu, untuk mengitari embung juga tidak terlalu luas. Mungkin 15-20 menit sudah cukup menginjak semua spot nya.

SAMSUNG CSC

tangga naiknya yg berkelok-kelok itu. dikit aja kan?

 

* Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab Gunung Kidul, Prop DI Yogyakarta

* untuk mencapai lokasi, dari Kota Yogyakarta melalui Jl Wonosari ke timur, setelah Polsek Patuk, lurus saja lagi sampai menemui pertigaan (ada jembatan) dengan papan penunjuk jalan “Nglanggeran”. ikuti jalurnya dan ikuti setiap papan penunjuk ke Embung/Gunung Purba. jika bingung, tidak yakin, atau tersesat, silahkan bertanya

jika dengan kendaraan umum, menggunakan Bus Jogja-Wonosari, turun di Patuk, disambung ojek.

* retribusi masuk di siang hari, Rp 5,000 (inc. Asuransi Rp. 2,000) dan parkir sepeda motor Rp. 2,000

*jalan masuk dari gerbang ke lahan parkir embung sedikit  menantang, pastikan kendaraan anda baik-baik saja.

* lokasi ini buka sampai malam. tidak diperkenankan memancing, berenang, berperahu, apalagi bunuh diri

#sikilfie

#sikilfie

%d bloggers like this: