Tag Archives: identitas

Kartu Kartu Baru

12 Feb

Sudah pernah cerita kan ya kalo SIM saya expired tanggal 4 kmaren. Trus KTP saya ilang dan gak ketemu dimana. Jadi karna buat perpanjang SIM syaratnya sebagai berikut:
image

image

Saya bikin KTP dulu, baru kemudian bikin SIM baru. Piufh ternyata ulang tahun itu repot yak.

Sebelumnya selain SIM yg expired, SKPD Supri yg bisa berfungsi sebagai pengganti STNK jg uda expired per 17 Januari lalu. Jafi bisa bayangin kan kalo saya kudu extra hati hati di jalan (semoga gak ad polantas yg baca ini, hehe). Apalagi akhir2 ini koq seriiiing banget nemu Razia kendaraan bermotor. Temen kantor saya jg baru kena tilang. So saya kalo berkeliaran pilih jam jam yang jarang dilakukan Razia.

Nah, di hari saya mau perpanjang SIM, berangkat bareng si Supri X 125 berbekal SIM expired dan SKPD tanpa STNK. Karna tujuannya Satlantas Boyolali, saya lewatnya Jalan Raya Solo Semarang. Baru beberapa kilometer masuk Boyolali, sudah dilambai2 Pak Pulisi di sebelah tulisan “Operasi Rutin Kendaraan Bermotor” di daerah Banyudono. Kalo mau ke semarang dr Airport Solo, ngelewatin koq.

Sempet bimbang n kepikiran apa kabur ajaa gitu. Tapi saya kayanya lebih jago ngeles daripada kabur (gak ad yg bener deh dua duanya), jd saya tetep ikutan aja masuk antrian buat diperiksa. Sampai kemufian tiba giliran saya…
Jeng
Jeng
Jeng
Dengan cool nya ublek2 tas n dompet buat ngeluarin SKPD dan SIM expired tanpa STNK.
Sedetik
Dua detik
Tiga detik
Pada detik ke 7, kedua benda itu dikembalikan beserta kode untuk lanjut.
WHAT…???!!!!
Bahkan gak ada adegan kata kata apapun.

Saya nerusin perjalanan, sambil geli geli senyum bahagia. Sampai di Satlantas, masuk ke ruangan pelayanan SIM, baca syarat2 trus ke potokopian deket situ. Bilang sama mbak mbak yg jaga kalo mau perpanjang SIM dan dia langsung ngerti.
Disitu juga ad 2 mas mas (atau bapak bapak?) Yg lagi ngobrol2 agak bisik bisik sama orang berbaju Satpam. Si satpam ngeliat saya trus nanya:
Satpam: “mau buat SIM, mb?”
Saya (masih sok cool dan singkat) : “perpanjang”
Satpam : “ooooo… ” (kemudian kembali bisik bisik)

Selesai potokopi saya ke Klinik sebrang kantor pulisi itu buat bikin ket Sehat. Ketemu ibu ibu muda
Ibu muda: “bikin SIM jg mb?”
Saya : “perpanjang. Ibu?”
Ibu muda : “saya baru bikin ini e mba” (ekspresi khawatir)
Saya : “ooo bikin sendiri aja bu, saya dulu jg test sendiri koq” (beberapa detik kemudian baru nyadar kalo ni jawaban rada sombong)

Selanjutnya itu fotokopian SIM lama dan KTP, surat sehat, dan SIM expired dikasihkan ke loket informasi dan pendaftaran SIM, trus dikasih form yang harus diisi bolak balik warna biru.
Selesai ngisi, karna saya SIM C, semua benda2 itu dimasukin ke map biru dan dikembalikan ke loket tadi.
Saya sudah jaga jaga bawa air minum dan Mahabharata buat membunuh kebosanan. Ternyata belom sempet ngapa ngalain ud dipanggil ke loketnya BRI buat bayar Rp. 75,000 sesuai ketentuannya.
Duduk manis lagi, tau tau sudah dipanggil buat foto. Di ruangan foto itu ada cerminnya guedeee. Sayang gak dikasih kesempatan buat dandan (yakali pemotretan apaan). Sudah foto sudah tanda tangan, duduk manis lagi ngeliatin orang orang yg bertingkah ‘aneh’ dan sok rahasia. Dipanggil lagi buat dibagiin SIM baru.

Horeeee…….!!!!
So, SIM dan KTP saya nanti bakal.expired bareng di 2019. Huft ulang tahun kadang kadang merepotkan yaa.

image

Advertisements
%d bloggers like this: