Archive | cerita saya RSS feed for this section

FAQ Seputar Bekal Makan Siang

24 Oct

masak semuanya cuma 30 menit. ayam tanpa minyak, oseng wortel buncis, sambal dabu dabu

Sejak kembali ke dunia kerja dan menjadi karyawan eight to five, saya tentu banyak melakukan penyesuaian. Selama satu semester saya bisa bangun tidur sesukanya, mandi tak mandi semaunya, dan tidak punya jam pasti untuk sarapan, makan siang ataupun dinner. Sekarang, tidak bisa begitu lagi. Malam sebaiknya saya tidur cepat, pagi hari bangun dengan segar, mandi dan bersiap untuk menjemput rizki. Alhasil makan saya juga jadi lebih teratur dari sebelumnya. Cukup perasaan aja yang porak poranda, soal makan sih harus teratur. salah satunya dengan menyiapkan sendiri bekal makan siang.

selengkapnya di FAQ Seputar Bekal Makan Siang

Advertisements

Ngobrolin Sakuku Bareng Blogger DIY

30 Sep

Selalu ada keseruan setiap saya berada di tengah-tengah para blogger. Makanya tiap ada event blogger, selagi waktu dan lokasi cocok, saya pasti langsung daftar. Gakmikir pas hari H bakal ada temennya atau nggak, atau bakal ketemu siapa aja. Jadi bisa dibilang, dapet kesempatan ikutan ngobrol blogger DIY kemarin bareng  BCA, saya hepi banget.

photo305233108455763740

Continue reading

Liburan Berencana

27 Sep

img_20160626_024400

Ada gak sih yang gak suka liburan?

Saya kira semua sepakat ya kalo liburan itu menyenangkan. Meski begitu, banyak juga yang gak siap buat ribet ribet persiapan liburan. Ada juga yang sepulang liburan bukannya makin hepi, tapi malah bete. Bisa karena isi dompet kekuras karena over budget, bisa karena acara liburan nya gak sesuai ekspektasi, atau bete sama travelmate yang gak koperatif.

Tentunya kita semua gak pengen donk kalo liburan yang harusnya bikin hepy, malah nimbulin masalah baru. Makanya perlu yang namanya perencanaan perencanaan matang sebelum berlibur. Mari kita sebut saja Liburan Berencana.

Topik ini kemarin yang diobrolin langsung oleh ahlinya jalan jalan. Mbak Donna Imelda yang selalu ngajak yuk plesiran. Juga mbak Atanasia Rian yang maksimal banget expert nya soal kuliner dan wisata. Keduanya sepakat kalo yang namanya liburan itu ya harus direncanakan dengan matang. Kalo saya nyimpulinnya kira kira ini nih yang gak boleh lewat dari perencanaan.

Foto bareng pembicara dan sebagian teman teman blogger. Photo by. Mas Jarwadi

Foto bareng pembicara dan sebagian teman teman blogger. Photo by. Mas Jarwadi

mb Donna, kak Mini, kak Rian, Entah siapa, kak Elzha

mb Donna, kak Mini, kak Rian, Entah siapa, kak Elzha

1. Style Berlibur

Setiap orang punya gaya berlibur yang berbeda beda. Saya yang gembel begini, perencanaan liburannya tentu berbeda dengan Incess Syahrini. Style dolan piyambakan tentunya juga berbeda dengan yang bareng keluarga. Dolan Piyambakan alias Solo Traveling versus Family Traveling ini dijelasin banget oleh dua pembicara. Saya yang belum berkeluarga ini jadi baru mikir kalo emang beda jauh ya. Misal bawa baby nih, tentu gak bisa donk disamain baik tempat menginap, makan, dan objek wisatanya dengan yang liburannya jomblo  solo.

kalo incess syahrini bawa tas kremes, apalah aku yang bawa karung goni

kalo incess syahrini bawa tas kremes, apalah aku yang bawa karung goni

Begitu juga dengan liburan berkelompok. Harus beneran udah sepakat soal mau gimana gimana nya. Apakah mau bareng terus, atau ada masa-masa sesuai pilihan. Mungkin banget kan dalam satu grup jalan-jalan, ada yang hobi shopping, hobi kuliner, hobi foto-foto dan hobi cari jodoh seperti kak mini. Tentu gak harus dipaksakan buat wira wiri sana sini bareng terus. Makanya perlu banget buat setiap style dan tujuan jalan jalan ini direncanakan sejak sebelum berangkat liburan.

2. Transport

img_20160519_122303

Transport ini termasuk salah satu pengeluaran utama. Tergantung tujuan liburan juga sih. Tapi seberapa minimnya pun, transport pasti butuh direncanain. Jenis transport ini juga sesuaiin donk sama style traveling kita. Ada yang tipe slow dan selo ya bisa pake jalur darat atau laut. Atau tipe yang fakir cuti macam saya  tentu butuh moda transportasi yang lebih cepat seperti udara. Beda lagi kalau budget pas-pasan dan waktu terbatas, gak perlu maksain buat pergi jauh-jauh. Pikirin juga transportasi di kota tujuan wisata kita. Mau naik transportasi umum, atau mau sewa kendaraan, persiapin budget dan rutenya biar efektif dan efisien.

Bikin rencana transport, gak cukup cuma njadwalin hari H-nya loh. Rencanain juga kapan mau huntingnya. Ada tips dari kak Rian buat booking tiket pesawat jauh-jauh hari. Kalo perlu begitu jadwal libur nasional dan cuti bersama terbit, sejak itu pula siapkan waktu khusus hunting tiket. Ngaruh banget lho buat menekan budget plus memaksimalkan waktu. Strategi lainnya adalah, langganan info maskapai. Jadi kita bakal diinfo setiap maskapai bikin promo.

3. Akomodasi/Penginapan

nginep di watervilla asik kayanya ya

nginep di watervilla asik kayanya ya

Biasanya ini jadi concern kedua setelah transportasi. Saat liburan, tentunya kita pengen sehat dan setrong ya kan. Jadi butuh istirahat yang juga optimal. Balik lagi ke style liburan, apakah mau nginap di hotel, hostel, losmen, atau bahkan memanfaatkan coachsurfing.

Kalo saya sendiri yang kalo jalan-jalan banyak kere-nya ini, transportasi dan akomodasi bisa jadi kolaborasi bagus. Jadi buat perjalanan yang lintas kota, saya suka ambil transportasi malam sehingga waktu perjalanan dan ongkos penginapan, bisa sepaket dengan transportasi. Gak jarang juga saya cari info soal stasiun, terminal dan airport yang gembel friendly. Tentu saja ini cuma bisa dilakukan kalo lagi solo traveling. Gak mungkin juga kan family traveling mau ngemper di terminal bareng preman.

5. BUDGET!!

sebelum ngomongin budget, comot puddingnya Balcony (Ambarukmo Plaza) dulu biar adem

sebelum ngomongin budget, comot puddingnya Balcony (Ambarukmo Plaza) dulu biar adem

ini saya letakkan di poin nomor 5, walaupun saya tau justru faktor ini lah yang biasanya paling pengaruh pada faktor-faktor di atas. Setuju gak dengan saya?

Pernah gak ngerasa heran dengan world traveler yang ternyata nominal gajinya gak sebanyak jumlah negara yang dikunjunginya. Sementara di sisi lain banyak juga yang keliatannya tajir mlintir tapi gak pernah kemana-mana bahkan ngaku fakir piknik. Berarti ketebalan dompet bukan satu-satunya faktor penentu terlaksananya liburan, kan?

Banyak yang bilang di masa masa muda belia  seusia saya ini, kendala saat liburan ya di budget dan waktu. berbeda dengan ketika tua nanti, budget dan waktu bukan masalah, tapi energi nya tentu sudah berbeda. Untuk itu lah selagi saat ini energi masih turah-turah dan bisa kerja dengan baik, perlu perencanaan untuk masa akan datang dengan lebih baik. Misalnya seperti yang disampaikan Mbak Donna soal jangan utak atik uang dapur untuk liburan. Ini berarti kita memang harus nyiapin budget khusus untuk liburan. Jangan sampai update jalan jalan di instagram tanpa henti, tapi dapur sendiri berhenti ngepul.

Perencanaan finansial tentu sangat penting dilakukan sejak dini. Setiap kita pasti menginginkan keadaan yang #LebihBaik dari kondisi sekarang. Namun siapa yang bisa menjamin, bahkan yang direncanakan dengan baik saja belum tentu sesuai keinginan. Untuk itu Pak Pak Kaiser Simanungkalit (Head of Branding and Communications Sun Life Financial Indonesia) menyampaikan betapa pentingnya proteksi diri. Dengan perencanaan keuangan yang baik, ditambah perlindungan asuransi, tentu kemungkinan terburuk di masa mendatang, bisa lebih diminimalisir. Sun Life sendiri berkomitmen untuk membangun Indonesia dengan meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan menumbuhkan minat pada asuransi, investasi dan kewirausahaan.

bright

Memasuki era serba digital ini, Sun Life juga memperkenalkan portal online bernama Bright Advisor.  Portal ini menyediakan informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Bright Advisor juga dapat menjawab pertanyaan dengan cermat dalam bahasa yang mudah. Akses dan layanannya pun gratis, jadi untuk konsultasi seputar fitur yang disediakan bright advisor, bisa dilakukan kapan saja di mana saja melalui akses ke http:brightadvisor.co.id. Tanpa perlu keluar bensin, pulsa telpon atau antri sebagaimana kalau pengen konsultasi ke financial advisor di Asuransi.

nanya apa aja boleh kok

nanya apa aja boleh kok

Dengan keuangan yang lebih terencana, didukung persiapan proteksi, saya siap deh merencanakan liburan selanjutnya. Sambil nunggu realisasi dari rencana, saya foto dulu di photobooth liburannya Sun Life biar makin semangat menyusun keluarga liburan berencana.

img_20160925_191037

Instagramable Shoes: The Warna

3 Sep

photo305233108455763721

Sekembalinya saya ke dunia kerja dan perkantoran setelah capek hura hura kelamaan nganggur dan kehabisan duit, tentu bikin saya kalang kabut. Salah satunya outfit seperti blazer dan sepatu formal yang berbulan-bulan masuk peti es, harus saya bongkarin lagi. Beruntung pengalaman kerja sebelumnya yang lumayan, bikin saya masih punya blazer-blazer dan setelan formal layak pakai. Jadi soal busana kerja, udah gak khawatir lagi. Yang parah saat saya bongkarin sepatu formal, dan gak nemu!! Kelamaan gak kantoran bikin saya udah terlanjur nyaman dengan sepatu gunung, sneakers, dan sandal jepit. hiks

Continue reading

Merapikan Feeds Instagram

13 Aug

Gak tau kenapa kok saya jadinya beberapa kali nulis tentang sosial media ini. Bisa dibilang instagram salah satu sosial media favorit saya deh. Pemakaian internet terbanyak saya via ponsel sendiri, paling gede ada di aplikasi ini.

Continue reading

Untuk Angeline

26 Jul

image

Tahun lalu, negri ini dihebohkan atas hilangnya bocah ayu bernama Angeline. Setelah melalui berbagai pencarian dan penyelidikan, Angeline baru diketahui sebelumnya mengalami sederet penganiayaan di dalam lingkungan rumahnya sendiri. Angeline akhirnya ditemukan meninggal dunia, terkubur di halaman belakang rumahnya sendiri.

Continue reading

Idulfitri 1437 H

6 Jul

image

Ada yang lucu setelah saya amat amati. Ternyata beberapa tahun terakhir ini, saya punya tempat wajib foto. Saya menjalani Lebaran gak selalu pulang ke Papua, tempat tinggal bapak ibu saya. Kalau dihitung hitung malah lebih sering di Jawa nya. Anak ortu saya ke empat empat nya di Jawa sih walo rada misah misah juga. Jadi kalopun ngumpul,  akhir akhir ini lebih sering ortu yang dari Papua ke sini.

Continue reading

Bersih Kinclong Saat Ngebolang

30 Jun

Coba bayangkan dua situasi berikut:

image

Situasi 1:

Saya sedang berada di pantai dengan pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang sesekali menjilat kaki saya. Tak lupa belaian angin lembut menerpa pipi saya.  Di sana juga sinar matahari yang sedang saya nantikan tenggelamnya bersama semburat senja yang indah.

 

Continue reading

Asik Main Steller

24 Jun

image

Steller sudah lumayan lama resmi ada di iOS dan bisa juga diakses Android walau downloadnya harus lewat browser. Saya sendiri sudah punya akunnya lumayan lama. Walaupun sampai sekarang baru ada 6 stories dengan kemampuan otak atik album yang yaaaah segituan doank lah.

Continue reading

Sleman Trade Center Hadir di Parkson Yogyakarta

16 Jun

 

Pada 30 Mei 2016 lalu, Sleman Trade Center diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Ibu Sri Muslimatun. Menempati area seluas lebih dari 50 meter persegi di kawasan Tourist Center Department Store Parkson di Hartono Mall Yogyakarta. Pada peresmian di hari tersebut, berlangsung juga pameran UMKM dan aneka lomba di Atrium Parkson selama 30 Mei 2016 hingga 5 Juni 2016. Di hari yang sama pula, acara pembukaan Sleman Trade Center dimeriahkan oleh fashion show karya UMKM Sleman dengan tema Merapi, sebelum, saat dan sesudah erupsinya 2010 lalu.

Continue reading

%d bloggers like this: