Kampung Ramadhan Jogokaryan, Ngabuburit Asyik

3 Jul

Sebagai anak rumahan, saya gak terlalu suka buka puasa di luar. Sepanjang Ramadhan ini, saya hanya berbuka puasa di luar kalau ada undangan saja. Selain alasan anak rumahan, buka puasa di rumah juga lebih hemat plus bisa nambah nambah upload an foto di IG foodporn saya. Eh udah pada follow belum?

Get closer look of chicken blackpepper. Detail and how to cook on previous picture.

A post shared by bekal makan siang (@bekal.makansiang) on

Tapii, namanya bulan spesial ya. Ada acara dan event tertentu yang munculnya cuma setahun sekali. Misalnya Kampung Ramadhan Jogokaryan ini kalo gak Ramadhan ya gak ada. Apalagi sepanjang bertahun tahun di Jogja, saya belom pernah menyambangi kampung kuliner ini. Makanya ketika mbak Rian yang hits ngajakin ngabuburit di sana, saya langsung oke.

Sempet maju mundur mau berangkat sih, karena mendadak hujan, trus mendadak brenti hujannya. Galau. Kaya saya. Tapi akhirnya berangkat juga. Dan sampai lokasi, ternyata habis hujan gede. Terlihat dari lapak lapak yang masih basah dan dikerudungi jas hujan serta jalanan sedikit becek. Alhamdulillah kami pas nyampai sudah cerah.

image

Ada banyaaaaaak sekali pilihan makanan di sini. Baik makanan tradisional berbagai daerah. Jajanan pasar dengan kue kue tradisional aneka rupa dan rasa. Ada juga makanan asimilasi budaya luar dengan sentuhan lokal. Buat yang males masak juga buanyaaak pilihan lauk dan sayur yang bisa dibawa pulang.

image

Bawa pulang nasi bakar limaribuan dan pepes tuna buat sahur

Tak perlu sedih karena harga yang ditawarkan rata rata hanya empat digit rupiah saja. Dengan begitu bisa banget icip sedikit sedikit berbagai jenis makanan di sini.

Gak cuma bisa jajan murah, bahkan bisa juga lho buka puasa gratis. Ini karena di tengah lokasi pasar kuliner ini terdapat Masjid Jogokaryan yang terkenal dengan jumlah sajian buka puasa ribuan porsi. Melihat para ibu ibu menyiapkan hidangan hingga hampir 2000 porsi dalam piring piring beling menjadi pemandangan yang menakjubkan bagi saya. Tak heran momen ini banyak diabadikan pecinta fotografi.

image

Lebih dari seribu piring

Seiring dengan sebagian Jogja yang mulai sepi ditinggal Pelajar dan pendatang, di sisi lain Jogja menjadi ramai oleh pemudik. Berburu menu buka puasa sembari mengikuti pengajian di Masjid Jogokaryan saya kira menjadi paket komplit nikmatnya buka puasa Ramadhan ini. Tidak tertarik keduanya? Baiklah mungkin bisa memanfaatkan momen yang tinggal sebentar ini untuk terekam dalam lensa kamera. Tak perlu khawatir terlihat aneh, saya bertemu banyak fotografer yang sengaja mengabadikan momen istimewa nya Ramadhan di Jogja.
image

image

Advertisements

23 Responses to “Kampung Ramadhan Jogokaryan, Ngabuburit Asyik”

  1. dwisusantii July 3, 2016 at 8:16 AM #

    Aku pun seumur umur belum pernah lho ngabuburit di sana…padahal ramadhan tahun ini tinggal berapa hari lagi?
    Potonya es slasih ijo ijo itu bikin ceglug *duh *tetep es*

    • aqied July 3, 2016 at 8:18 AM #

      Kesana donk, mbaaak. Banyak mas mas fotografer #eh

  2. jarwadi July 3, 2016 at 8:44 AM #

    aku tiap ke jogja sampai sore kok ya ngga kepikiran mampir ke sini. kalau lihat ada orang yang posting fotonya hanya bisa kepingin saja 😀

    • aqied July 3, 2016 at 8:45 AM #

      Sebelumnya juga gitu, mas. Untung diajakin mb Rian, jadi berangkat beneran, niat banget pula jalan kaki dari ujung ke ujung, putar balik lagi. Hehehehe

      • jarwadi July 3, 2016 at 8:50 AM #

        hari ini mau jalan-jalan kemana?

      • aqied July 3, 2016 at 8:51 AM #

        Mudik, harusnya besok tp ud keburu ditelpon simbah

  3. Achmad Muttohar July 3, 2016 at 9:44 AM #

    Menunya kumplit ya, kak. Jogja emang rame banget, beda sama Magelang. Pernah sih lewat Jogokaryan, tapi belom pernah mampir. Mm kapan ya ke Jogja lagi..

    • aqied July 3, 2016 at 9:44 AM #

      Ayo donk, Kokoh. Ramadhannya keburu habisssss

  4. Sandi Iswahyudi July 3, 2016 at 9:58 AM #

    Enakkk..Jogja gak akan kehabisan acara. Kalau di Batu kayaknya gak ada

  5. Rissaid July 3, 2016 at 10:44 AM #

    Salah banget mbaca ini jam seginii..buah naganya unyuuu

    • aqied July 3, 2016 at 10:47 AM #

      Biar yg di jogja pas baca ini langsung cuss kesana tar sore gitu, hehehehe

  6. dyahayupamela July 3, 2016 at 1:35 PM #

    jadi kangen jalan-jalan ke Jogja 😦 *gak pulang kampung dulu*

    • aqied July 5, 2016 at 10:08 AM #

      Waaaah event nya cuma pas Ramadhan aja loh

  7. fasyaulia July 3, 2016 at 1:46 PM #

    Nasi bakar limaribuan setdah murceeee hahaha

    • aqied July 5, 2016 at 10:08 AM #

      Murce dan kenyang

  8. Yusuf Saktian July 3, 2016 at 2:09 PM #

    Wiih samaan neh gue juga jarang buka diluar kecuali dapet undangan 😀

    Gokill, ini cocok banget buat ngabuburitnya anak kost neh. 😀

    • aqied July 5, 2016 at 10:08 AM #

      Cocok bangeeeeet, bisa gratis pula ya kan

  9. Aliando Syarief July 4, 2016 at 8:51 PM #

    jogja mantaabbb walaupun udah mulai sepi orangnya, kuliernya tetep juara euy 😀

    • aqied July 5, 2016 at 10:09 AM #

      Sekarang gantian rame pemudik. Hari senin kmaren aja penuh plat luar kota udahan

  10. Nasirullah Sitam July 11, 2016 at 12:48 AM #

    Itu IG-mu udah balik lagi belum mbak? hahhhahahha

    • aqied July 11, 2016 at 12:50 AM #

      Syudaaaaaah. Alhamdulillah setelah kirim poto selpi pake tampang galak #eh

  11. Yugo July 11, 2016 at 3:51 PM #

    Pernah saya ngajak seseorang, “All you can eat paket ramadan”, cukup 50ribu.

    Ya ke sana itu. Lebih variatif dibanding hotel. hahaha

    • aqied July 11, 2016 at 3:52 PM #

      Hahahahaha, brilliant!! Ud mblendung banget itu limapuluh ribu di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: