Nyore Santai di Kedai Nyah Tanli

29 Jun

image

Pertengahan Ramadhan lalu, saya berkesempatan buka puasa bareng temen temen hits blogger jogja. Sempat sedikit mager karena lokasi yang lumayan dari tempat saya. Lama beraktivitas sesukanya alias bukan karyawan membuat saya makin malas gerak rupanya. Beruntung kemalasan itu tidak saya turuti. Karena nyantai sore sore yang akhirnya saya ikutin, seru banget.

image

Kasongan terkenal sebagai sentra industri gerabah. Lokasi yang tepat untuk pecinta produk lokal berkualitas. Sedikit berasa aneh awalnya, nyantai sore berlanjut buka puasa bareng kok di lokasi perajin gerabah. Ternyata saya baru tau kalau Kedai Nyah Tanli ini, adalah kedai makan yang masih satu lokasi dengan Timboel Gallery.

image

Tepat sebelum jembatan

Timboel Gallery terletak di Jalan Kasongan, Bantul. Tepat di kiri jalan sebelum jembatan, jika rute yang diikuti dari arah timur. Gallery super lengkap dengan berbagai produk craft keren ada di sini. Rekomendasi banget buat yang cari oleh oleh khas Jogja. Belanja produk lokal jelas turut memperkuat ekonomi masyarakat dan perajin daerah tersebut. Belanjanya juga enak dan banyak pilihan karena galerinya gede, luas, dan produk serta harganya bervariasi.
image

image

image

image

Tepat di sisi kiri bangunan utama Timboel Gallery ini lah Kedai Nyah Tanli berada. Dibelai lembut angin syahdu, suara dedaunan dan pohon yang bergesek, plus extra gemericik aliran air sungai tepat di sisi kedai. Keberadaan sungai ini lah yang menjadi nama Kedai Nyah Tanli, alias Wetan Kali (timur sungai, javanese).
image

Suasana yang asik banget dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, masih ditambah menu menu lokal yang pedess dan kaya rempah. Paket lengkap nyantai sore nya makin bikin saya bahagia gak nurutin males. Kami disapa langsung oleh Bapak Timboel Raharjo beserta sang Nyonya, owner Timboel Gallery maupun Kedai Nyah Tanli. Jadi bisa ngobrolin dan tanya tanya lebih lanjut.

image

Nasi pedes

image

Nasi goreng kecombrang

image

Tongseng ayam, nasi, dan salad yg udah diacak acak

Yang unik di sini, beberapa menu yang disajikan menggunakan kecombrang. Yang gak tau kecombrang plis googling dulu aja. Kerennya lagi, kecombrang nya dari hasil Kebun ownernya sendiri loooh. Fresh dan udah pasti sehatnya kan yaa. Walaupun saya gak familiar dengan bahan masak ini, di lidah saya asik asik dan enak aja lancar sampai pencernaan. Nikmat paripurna.

Menu yang disediakan di sini memang menu lokal, dan banyak yang pedas. Tapi jangan dikira, pengunjung dan pelanggan Kedai Nyah Tanli malah banyak bule bule. Berarti citarasa lokalnya ternyata bisa diterima dan difavoritkan lidah lidah internasional, bukan? Plating nya juga seru, untuk menu menu nasi disajikan di piring dalam bentuk tumpeng mini. Packaging untuk dibawa pulang juga berbentuk kerucut. Jadi walaupun harga terjangkau banget, kalo dibuat oleh oleh terlihat khas, unik dan mahal.
image

Menu udah lokal, suasana udah jogja banget, minuman nya juga lokal. Ada poci poci dan gelas yang lucuk juga. Jadi gak kesepian dan ngeluh ngeluh teh pahit tanpa kamu. Eh itu sih saya ya?
image

Yang saya suka lagi, meja dan kursi yang dipakai di Kedai Nyah Tanli, beberapa diantara nya karya karya perajin di Kasongan. Jadi ada yang bentuk bentuknya unik. Kalau berminat, tersedia juga yang bisa dibeli di Timboel Gallery. Jadi, gimana? Sudah siap duduk duduk di pelaminan nyantai sore wetan kali?
image

Advertisements

4 Responses to “Nyore Santai di Kedai Nyah Tanli”

  1. insanwisata July 1, 2016 at 12:23 AM #

    Fotonya bagus-bagus, kakaaaak! Baiklah, fotoku ala-ala T^T

    • aqied July 1, 2016 at 12:24 AM #

      Fotoku ala ala juga. Minder liat punya blog sebelah

  2. @eviindrawanto July 1, 2016 at 6:35 AM #

    Konsep Cafe nya unik ya mbak Aqied. Apalagi di kelilingin benda-benda seni yang suka seni pasti betah duduk berlama-lama di sini,s ambil mengudap makanannya

  3. alrisblog July 2, 2016 at 12:20 AM #

    Wah cakep tempatnya dengan assesories keramik.
    Kayaknya tempatnya asik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: