Gudeg Yu Sum, Lezat Sejak 1974

15 Jun

 

Yogyakarta kaya akan ragam kuliner. Seiring berkembangnya zaman juga, pilihan kuliner yang menjadi khas kota wisata ini semakin banyak. Aneka kuliner kekinian mulai makin merambah, memanjakan setiap siapa saja baik pemukim maupun pelancong kota berhati nyaman ini. Meski begitu, makanan tradisional tak lekang oleh waktu. Sebut saja gudeg, seakan belum sempurna rukun berkunjung di Yogyakarta jika lidah tak sempat mengunyah olahan nangka muda ini.

Gudeg Yu Sum, sejak 1974 sudah memanjakan jutaan indra perasa pengunjung. Gudeg kering dipadu krecek pedas dengan tambahan telur bebek dan ayam kampung seperti kehadiran makanan surga ke dunia. Saya yang tidak terlalu suka makanan manis ternyata sanggup menghabiskan sepiring hingga bersih. Rupanya sambal krecek yang pedas mampu menyeimbangkan rasa manis dari gudeg. Meski bagi saya yang lidahnya ke timur-timur an ini rasa gudeg tetap manis, namun masih cukup nikmat dan tidak semanis kebanyakan gudeg.

 

Selain krecek yang istimewa, pilihan lauknya juga special. Meski harga yang ditawarkan cukup terjangkau, ternyata semua lauk menggunakan ayam kampung dan telur bebek. Proses memasak yang istimewa menghasilkan hidangan dengan bumbu yang sangat meresap dan empuk. Ada bermacam-macam pilihan lauk untuk gudeg. Termasuk juga opsi ayam suwir jika terlalu malas berurusan dengan tulang-belulang ayam.

ayam kampung dan wedang uwuh

ayam kampung dan wedang uwuh

Tak hanya bertahan dengan makanan tradisonal di tengah gempuran aneka jajanan kekinian, proses memasaknya pun turut terjaga. Kami berkesempatan mengunjungi dapur besarnya yang hanya terletak di belakang bangunan utama resto. Proses memasak gudeg komplit dengan porsi raksasa masih menggunakan kayu bakar. Saya sepakat jika makanan dimasak dengan kayu bakar, hasilnya akan lebih nikmat dibanding media memasak lainnya. Dengan bahan baku berkualitas dan bumbu bumbu tradisional, tak heran rasa alaminya tetap terjaga.

 

Pilihan minumannya juga menarik. Salah satu yang tersedia adalah Wedang Uwuh, minuman yang terbuat dari aneka rempah khas daerah Imogiri Yogyakarta. Selain memiliki berbagai khasiat kesehatan, minuman ini kabarnya di masa lalu adalah minuman khas raja-raja mataram. Kini saya yang rakyat jelata bisa menikmati dengan harga terjangkau di resto ini. Lucunya disajikan dalam gelas blirik, sehingga tak hanya indah diseruput, juga indah dipandang maupun dijepret.

Gudeg dan Wedang uwuh, foto oleh @iqbal_kautsar

Gudeg dan Wedang uwuh, foto oleh @iqbal_kautsar

Saat mengunjungi rumah makan gudeg ini, saya datang sore hari. Letaknya yang strategis hanya sekitar 500 meter ke selatan dari Terminal Giwangan Yogyakarta, tidak membuat suasana di sini menjadi bising. Desain rumah makan yang berbentuk seperti pendopo, mengalirkan angin sepoi-sepoi tanpa perlu angin buatan atau pendingin ruangan. Berloyang-loyang gudeg dan sajian pelengkapnya dipajang di etalase sehingga pengunjung bisa melihat dan memilih sebelum memutuskan menu apa yang ingin dicecap. Kursi dan meja kayu yang berjajar apik sanggup mendukung momen makan bersama keluarga besar, sahabat, maupun teman sepermainan. Tak perlu khawatir karena halaman resto tersedia luas untuk menampung kebutuhan parkir.

gudeg yu sum tampak depan

gudeg yu sum tampak depan

Gudeg Yu Sum dapat dinikmati setiap hari sejak buka di pukul 5.00-21.00 WIB. Khusus selama Ramadhan buka 12.00-21.00. Bila berencana untuk mengadakan buka bersama, bisa melakukan reservasi untuk pukul 17.00 mengingat waktu maghrib di Jogja berkisar pukul 17.31-17.36 WIB. Gudeg Yu Sum juga melayani pemesanan partai besar maupun kecil. Diantar langsung ke venue acara Anda menggunakan armada transportasi yang memadai. Saya sendiri saat kunjungan melihat daftar pesanan hingga sekitar 700-an porsi dari pemesan yang berbeda-beda. Ini berarti Gudeg Yu Sum terbukti cocok memanjakan selera khalayak, bukan?

siap antar gudeg hingga ratusan porsi

siap antar gudeg hingga ratusan porsi

Gudeg Yu Sum juga dapat diorder melalui aplikasi Gojek. Cocok untuk para suami yang punya istri mendadak ngidam gudeg. Atau juga untuk kaum-kaum mager tapi rajin senam jari. Namun jika tak ada halangan, saya tetap merekomendasikan untuk santap dine in. Bisa jadi pilihan menu saat berencana berkunjung ke lokasi wisata searah. Misalnya Hutan Pinus Mangunan, Makam Raja-raja Imogiri, joglo latihan batik di Imogiri, dan berbagai tujuan wisata lain di Imogiri. Bisa juga untuk pelancong yang baru tiba di Terminal Yogyakarta, karena cukup menyebrang lampu merah ke selatan. Lokasinya yang di depan markas brimob dengan papan nama besar sangat mencolok untuk dikenali.

Order via gojek

Order via gojek

daftar menu gudeg yu sum

daftar menu gudeg yu sum

*Gudeg Yu Sum beralamat di Jl Imogiri Timur No. 165 Giwangan Yogyakarta,

Telp. 085100547666. Instagram @gudegyusum

Advertisements

43 Responses to “Gudeg Yu Sum, Lezat Sejak 1974”

  1. dwisusantii June 15, 2016 at 11:46 AM #

    Sengaja postingnya pas adzan bedug ya mbak? Tanggung jawabbb
    Duh ๐Ÿ˜ฎ

    • aqied June 15, 2016 at 11:47 AM #

      Buahahahahahahaha. Iya nih pas pencet publish pas adzan bedug

  2. Senja Kelana June 15, 2016 at 11:57 AM #

    Utg semalem ga sahur, *eh*

    Heheee

    • aqied June 15, 2016 at 12:18 PM #

      Waaah maaf deh. Ini maksudnya biar yg belum punya plan buka puasa ntar bisa kesana.

  3. Iqbal Kautsar June 15, 2016 at 12:13 PM #

    Gudeg Yu Sum, gudeg kesayangan kita semua.. ๐Ÿ˜€
    Lebih sayang lagi klo kita makan lagi di sana ditraktir insan wisata.. ๐Ÿ˜€

    • aqied June 15, 2016 at 12:17 PM #

      Hahahaha di Australi ntar bisa nemu gudeg gak ya mas?

  4. awansan June 15, 2016 at 12:46 PM #

    wiih deket rumah ternyata gudegnya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜, nasi bisa nambah nggak ya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    • aqied June 15, 2016 at 12:47 PM #

      Waaah kemarin saya pas gak nambah nasi tuh. Mungkin bisa datang coba dan pastikan sendiri bisa nambah atau nggaknya. Hehehehe

  5. Dita June 15, 2016 at 1:17 PM #

    sudahlah aku gak fokus sama tulisannya, cuma fokus sama krecek dan cabenya ituuuu T_T

    • aqied June 15, 2016 at 1:19 PM #

      Kreceknya banyak kalo disini, mba. Banyakan krecek daripada tempe nya. Kalo di tempat lain kebanyakan krecek cuma selembar dua lembar tempenya yg banyak

      • Dita June 15, 2016 at 1:30 PM #

        yawlaaa dibahas pula qied, kamu kejaaaamm T_T

      • aqied June 15, 2016 at 1:31 PM #

        Duh. Salahin hanif nih yg rekomendasiin gudegnya

  6. Andik Taufiq June 15, 2016 at 1:37 PM #

    Entah knp makin banyak aja yg posting makanan + fotonya di siang hari. Hehehe… #efekpuasa

  7. Jejak Parmantos June 15, 2016 at 1:47 PM #

    Wah lokasinya sejalan sama mie ayam tumini, bolehlah kapan2 nyoba… kl gudeg manggar yang recommended mana mbak?

    • aqied June 19, 2016 at 5:29 PM #

      Deket sama mie ayam tumini yg heits banget itu.
      Gudeg manggar katanya sih manggar manding itu. Kmaren ngelewatin tp belum pernah nyoba.

  8. dyahayupamela June 15, 2016 at 2:10 PM #

    aku penggemar Gudeg, krn ortu orang Jawa dan lahir di Jogja. Nyokap juga jago bikin gudeg. Tapi kalo ke Jogja suka tetep minta dibawain gudeg dari sana, hahaha. Eh ini lebih deket ke arah Magelang ya,.. coba ah kapan klo ke Jogja lagi dan mampir Borobudur.

    • aqied June 15, 2016 at 2:11 PM #

      Bukan ke arah magelang, malah kebalikan. Ini ke selatan, magelang ke utara.

      • dyahayupamela June 15, 2016 at 2:16 PM #

        aku ga tau jln di jogja kan kk aqied… ๐Ÿ˜€ datangnya aku selalu dari dieng terus ke arah Jogja yg malioboro itu baru ke Magelang… biasanya gitu adekku yg nyupir rute-nya. Liat google kali ya bsk

  9. Aiko June 15, 2016 at 3:23 PM #

    perut langsung kriuk kriuk padahal baru jam 9 pagi hahahah. Aku selalu suka gudeg mba, sekalipun kalengan

    • aqied June 19, 2016 at 5:28 PM #

      Kalo jauh gitu yg kalengan aja ud bisa ngobatib kangen ya, aku malah blm pernah nyoba yg kalengan

  10. Nasirullah Sitam June 15, 2016 at 3:25 PM #

    Kapan aku ditraktir Gudeg ini hahhhahahhaah

    • aqied June 19, 2016 at 5:27 PM #

      Calling insanwisata

  11. nyonyasepatu June 15, 2016 at 3:48 PM #

    salah jam nih, buka masih 4 jam lagiiiiii

    • aqied June 16, 2016 at 8:45 AM #

      Di medan buka puasa jam berapa? Sini stengah 6

      • nyonyasepatu June 16, 2016 at 8:46 AM #

        Jam 6.40 hehe. Biasanya lbh lama 1 jam

  12. ysalma June 15, 2016 at 5:20 PM #

    Pesanin kreceknya via Gojek dong Qid ๐Ÿ™‚

    • aqied June 19, 2016 at 5:27 PM #

      Nunggu Gojek ada fasilitas Go Fly ya, mb. Hehehhe

      • ysalma June 20, 2016 at 3:39 PM #

        Siapa tau langsung dibuatkan aplikasinya Qied ๐Ÿ˜€

  13. Gallant Tsany Abdillah June 15, 2016 at 9:52 PM #

    habis tarawih paling enak makan gudeg nih

    • aqied June 19, 2016 at 5:26 PM #

      Traktiiiiiiiir

  14. Ceritaeka June 16, 2016 at 12:36 PM #

    Aku suka YU Djum, tapi lebih suka Gudeg Sagan ๐Ÿ˜€

    • aqied June 19, 2016 at 5:26 PM #

      Yu djum gampang sih ya outletnya banyak. Ini ada jg yg deket rumah

  15. Ardian Kusuma June 17, 2016 at 1:49 PM #

    Sepertinya enak, kalau gudeg basah enak banget pake kepala ayamnya

    • aqied June 19, 2016 at 5:26 PM #

      Kepala ayam itu walo makannya ribet tapi enak bangeeet yaaaa.

  16. kresnoadidh June 18, 2016 at 7:24 AM #

    <- lidah jawa tulen ga pernah suka krecek gara-gara pedes. Huahahaha. AKu cupu kak. \:p/

    Aku sering nih ke sini dulu kalo pas nyekar ke makam kakek. Dan baru tahu cara masaknya masih tradisionil gitu. Pantesan enyak. \:9/

  17. jarwadi June 18, 2016 at 10:25 AM #

    leher ayamnya ngawe awe, hahaha

    • aqied June 19, 2016 at 5:25 PM #

      Direspon donk, mesakke le ngawe awe tenanan lho kuwi

  18. Mesra Berkelana June 20, 2016 at 7:31 PM #

    Gudeg seketika ku kira ini gudeg yu djjum yang kepeleset jd yu sum ๐Ÿ˜‚

    • aqied June 24, 2016 at 2:01 PM #

      Hehehe, Yu Sum ini. Yu Djum juga oke, kalo suka manis.

  19. cumilebay.com June 24, 2016 at 2:02 PM #

    Aku mau nya gudeg itu pedes, kalo manis ngak begitu doyan

    • aqied June 24, 2016 at 2:03 PM #

      Sambel kreceknya aja kalo gitu, om. Pedes banget gallant kepedesan

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ngabuburit Gudeg Yu Sum | Traveler Galau - June 16, 2016

    […] Iqbal dan Mbak Aqied pun menyusul aku, Reza, dan Hannif yang telah sampai di gudeg Yu Sum yang tak jauh dari Terminal […]

  2. Gudeg Yu Sum dan Kenangan Manis tentang Jogja | Insan Wisata - July 5, 2016

    […] Blogger Jogja yang mampir ke Gudeg Yu Sum: Gallant, Aqid, Reza, Hanif, dan Iqbal […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: