Memotret dalam Gelap

11 Jun
tanpa tripod, Aperture f/2.4 Exposure 20s ISO 800 Focal Length 16mm Samsung NX1000

tanpa tripod, Aperture f/2.4
Exposure 20s
ISO 800
Focal Length 16mm
Samsung NX1000

Siapa yang tidak suka memotret dengan cahaya minim? Saya acung jari tinggi tinggi. Jujur saya itu minim banget keahlian buat nyiasatin mengambil gambar low light. *emang kalo yang lain ahli? Kayanya adaaaa aja salahnya dan berasa gak pernah puas dengan hasil jepretan sendiri. Paling gampang emang motret landscape di tempat yang udah bagus. Mau motret jungkir balik beraneka gaya pun, baguss deh hasilnya.

Gak mau kelamaan terpuruk dengan ngandelin matahari dan sinar terang terus-terusan, saya mulai deh coba coba memotret gelap-gelapan. Yang kali ini saya mau share adalah pengalaman saya saat memotret di lokasi yang bukan minim cahaya. Tapi GELAP GULITA. Serunya adalah, hasil fotonya jadi seolah olah men-siang-kan malam.

Berhubung saya gak sering-sering amat gelap-gelapan, koleksi foto yang jadi contoh saat ini kebanyakan diambil di dermaga Sunset Point Derawan Fisheries sekitar pukul 23.00-02.30 WITA. Kebayang kan gelapnya? Ya walaupun gak gelap gelap banget karena bintang-bintang yang bertaburan banyaknya. Plus cahaya bulan yang walaupun bukan bulan terang, masih menyapa sampai akhirnya tenggelam. Juga masih ada lampu-lampu watervilla lain di kejauhan, atau lampu kelap kelip penanda kapal atau dermaga lain. Tetap saja di sini saya deskripsikan sebagai gelap gulita, karena yang tertangkap di layar kamera memang cuma hitam.

Jadi apa saja yang saya lakukan saat itu untuk dapat koleksi gambar yang bertaburan di sini?

1. tripod

sebenarnya di antara foto foto yang saya di sini gak semuanya pake tripod sih. cuma ya harus yakin banget kalo bakal bisa steady dan gak gerak sama sekali. misal diletakkan di bidang datar, atau diganjel gimana biar beneran gak gerak. Nah, untuk cara paling amannya, mendingan pakai tripod aja yang udah jelas menjaga kestabilan kamera.

kenapa harus stabil?

Tentu saja karena untuk memotret dalam gelap ini menggunakan rana lambat. Bisa sampai 30 detik untuk mengambil satu gambar.Ini berarti dalam 30 detik si kamera butuh bener bener diem. Begitu juga objeknya. So, kalo jadi model maupun fotografer untuk foto gelap-gelapan gini, yang sabar yaa. Ceritanya main patung-patungan dulu gitu.

2. gunakan mode manual pada kamera

Saya bukan yang tipe kalo motret harus manual atau pilih auto. Tapi untuk kondisi khusus seperti ini, setau saya sih memang bisanya settingan manual, atau mungkin ada yang punya info kamera apa yang fitur autonya bisa men-siang-kan malam?

men-siang-kan malam, moonset Aperture: f/2.4 exposure time: 20s ISO : 800 Focal Length : 16mm (lensa fix) Samsung NX1000

men-siang-kan malam, moonset
Aperture: f/2.4
exposure time: 20s
ISO : 800
Focal Length : 16mm (lensa fix)
Samsung NX1000

Nah, di setting manual ini maksimalkan aperture, gunakan ISO tinggi, dan rana/exposure lambat. Bisa dicoba dulu serba mentok semua, kemudian disesuaikan. Atau bisa juga mencontek sekian banyak tutorial. Saya sendiri awal awal taunya dari akun akun instagram yang rajin nampilin setting kameranya. Disini saya tulisin juga keterangan setting yang dipakai pada 5 foto yangsaya potret dalam gelap. Mugkin bisa dicontek.

 

3. gunakan fokus manual

Ini gak mutlak sih ya. Saya mentok fokus manual kalo emang auto fokus saya udah gak bisa ndetect. Namanya juga di tempat gelap gulita, yang ketangkap kamera cuma hitam pekat aja. Kadang kadang juga malah fokusinnya di yang bukan kita mau. Ini kejadian di saya saat mau motret moonset alias bulan terbenam sekitar jam 2 dini hari. Bulannya cetar banget tapi sisanya blurr semua. Jadilah foto-foto moonset yang saya tampilkan di sini menggunakan fokus manual semua.

Untuk mempermudah, dan jika objek lumayan dekat, soal fokus ini bisa diakali kok. Di foto ini misalnya, model bisa disenterin dulu oleh fotografer, untuk kemudian ditangkap fokusnya di kamera dengan autofokus. Setelah shutter kamera bisa dijepret, yasudah tidak harus disenterin terus-terusan. Selagi si model anteng, Insya Alloh hasil foto pun memenuhi syarat instagramable.

Aperture : f/2.4 Exposure time: 25s ISO : 800 Focal Lenght 16mm Samsung NX1000

Aperture : f/2.4
Exposure time: 25s
ISO : 800
Focal Lenght 16mm
Samsung NX1000

 

4. Maksimalkan kamera dan lensa

Aperture f/2.4 exposure time 30 detik ISO: 1600 Focal Lenght: 16mm Samsung NX1000

Aperture f/2.4
exposure time 30 detik
ISO: 1600
Focal Lenght: 16mm
Samsung NX1000

Seperti saya bilang di poin 2, penggunaan fitur manual ini maksudnya buat memaksimalkan kamera dan lensanya. Kalo saya sebutin tadi aperture yang maksimal itu misalnya di foto-foto saya ini saya pakai f/2.4 karena memang  lensa fix 16mm saya memiliki f 1:2.4. Tiap lensa punya f yang berbeda-beda. Kalo selama ini gak ngeh sama lensanya sendiri, coba dilihat di bagian depan lensa biasa tertulis f-nya 1:sekian. Lensa kit saya yang biasanya bawaan pembelian kamera, f-nya 1:3,5-5,6.

Dari saran saran yang saya dapat, untuk bisa dapat fokus yang lebih tajam, bisa coba pake bukaan sempit atau tengah tengah. Jadi gak kaya saya yg f/2.4 semua. Tapi bisa coba f/7-11. Saya sendiri belum nyoba, tapi saya pikir layak dipertimbangkan.

Selanjutnya untuk ISO, biasanya untuk memotret bintang atau sangat gelap menggunakan ISO tinggi. Tiap kamera juga punya masing-masing maksimal ISO. Dari nyontek sana sini, untuk memotret bintang atau sangat gelap, menggunakan ISO di atas 1000. bisa pakai ISO 1200-1600. Kebiasaan saya kalo baru coba-coba, segala settingan saya ekstrim-kan. Tapi ini untuk yang selo aja ya, karena sekali jepret kan harus 20-30 detik. Jadi kalo gak terlalu selo, gak usah kelamaan coba-coba. Fungsi ISO sendiri untuk mengatur cerah atau gelap. Dilemanya, pada ISO tinggi kadang berpotensi muncul noise atau semacam titik titik kotor di warna-warna gelap. Kamera saya sendiri punya kemampuan ISO hingga 12800, tapi saya cuma nyoba mentok di 1600.

Untuk Exposure time, karena kamera saya mentok di 30s ya saya cobanya sampai di situ aja. Rata-rata untuk mengambil gambar rana lambat, 30 detik sudah cukup kok. Jika di kamera tidak sampai 30 detik, atau ingin lebih dari 30s, bisa mencoba fitur bulb. Bulb ini akan mengambil gambar dengan exposure sesuai lama jari kita menekan tombol shutter. Saya sendiri belum pernah karena gak yakin kalo tangan saya bisa stabil atau gak tergoda buat ngupil atau ngemil gitu. Tapi saya udah lihat sendiri kalo berhasil pada temen motret saya.

 

Semua yang saya sebutin di sini tentu bukan mutlak dan harus ya. Percobaan saya sendiri juga belum banyak, karena gak sering-sering juga saya di tempat gelap gulita. Jadi, terbuka banget kalau temen temen berdiskusi soal gimana mengabadikan gambar saat gelap-gelapan. Saya yakin pasti banyak yang punya pengalaman lebih canggih soal fotografi ruang gelap gini.

moonset Aperture: f/2.4 exposure time: 20s ISO : 800 Focal Length : 16mm (lensa fix) Samsung NX1000

moonset
Aperture: f/2.4
exposure time: 20s
ISO : 800
Focal Length : 16mm (lensa fix)
Samsung NX1000

gimana, sudah siap memotret dalam gelap gulita?

 

*semua foto diambil dari sunset point Derawan Fisheries

61 Responses to “Memotret dalam Gelap”

  1. indah fajarwati June 11, 2016 at 3:24 AM #

    Juara deh …
    Ajarin aku yah nnti .. aku gak bisa sampe sekarang foto malem apa lagi minim cahaya 😂😂

    • aqied June 11, 2016 at 4:10 AM #

      Kamu bobok sore terus siiih. Hahahaha

  2. Nasirullah Sitam June 11, 2016 at 3:29 AM #

    Dari kemarin mau nyoba tapi kok belum ada waktu yang pas hahahhaha

    • aqied June 11, 2016 at 4:10 AM #

      Hehehehe tripod mu terus malah yang aku pake, mas.

  3. ardiologi June 11, 2016 at 3:50 AM #

    itu 20 detik tanpa tripod?

    Tangan cyborg nih keknya 😂

    • aqied June 11, 2016 at 4:10 AM #

      Ditaroh di lantai dermaga, kak. Tangan saya mah gampang banget tremor atau kesemutan

      • ardiologi June 11, 2016 at 9:33 AM #

        oh kirain

        saya juga kalo shutter mulai 1/40 ke bawah udah waswas tremor kalo cuma pake tangan 😂

      • aqied June 11, 2016 at 9:35 AM #

        Hahaha iya betuuul. Aku malah lebih parah, 1/60 ke bawah ud gak yakin

  4. Yugo June 11, 2016 at 3:57 AM #

    Ah, paling suka kalo bagian foto malam hari. Benar-benar melatih kesabaran dan butuh kacang tambahan sebagai teman.

    Itu ga terlalu besar menggunakan aperture 2.4? Biasanya aku malah suka bukaan lebih kecil, 7.1-11. Biar setting fokus gampang dan tajam sampai degan background. 😀

    Karena kamera low end, biasa juga pake ISO maks. 400 dan lebih mengorbankan shutter speed buat mengurangi noise. Cuma, di kondisi tertentu tertentu terpaksa naikin ISO, macam foto bintang atau kondisi angin kencang misalnya. 😀

    Btw, kalo pengen praktis foto malamnya, bisa pake Sony A7, foto kondisi minim cahayanya juarak! 😛

    • aqied June 11, 2016 at 4:07 AM #

      Waaaaaah, terimakasiiih banget share nyaaa.
      Iya kebiasaan malah dipol in sampe mentok aperture nya, biasa pake bukaan besar kalo motonya kaya lampu lampu gitu yang masih ada cahayanya.
      Next pengen nyoba deh pake bukaan tengah tengah.

      Ini beberapa foto makanya berani sampe 800 aja, kecuali yg bintang baru 1600. Kalo shutter speed nya harus bulb masih belum sanggup. Hiks.

      Aih pengen banget juga tuh punya A7, nabung dulu

  5. dyazafryan June 11, 2016 at 4:22 AM #

    Aku juga termasuk orang yg kurang sekali kalo motret waktu malem te..tapi kalo objek menarik gitu mah keren aja…

    Btw.tangan betah amat megangin 20 detik gitu g make tripod..hehhe
    Tipsnya keren..

    • aqied June 11, 2016 at 4:23 AM #

      Padahal aku ngarep dikritik lho sama fotografer asli.
      Soal tangan itu, iya sih om. Pertahanin kamera 20 detik aja aku sanggup. Apalagi pertahanin……..
      *sinyal ilang

      • dyazafryan June 11, 2016 at 4:29 AM #

        Sebenernya g perlu dikritik lagi sih.. Soale penjelasannya pas dan udah cocok..
        Cuma coba pake bukaan f sempit…
        Itu pakean f besar semua… :D.

        Kalo kamera bagus.. Pake iso tinggi mah biasa aja… Hahaha

        Pertahanin hubungan?
        Hubungan yg gmana?.
        Hahaa…

      • aqied June 11, 2016 at 4:30 AM #

        Okaaaay. Iya kemaren dipol in semua. Di atas juga ad yg saranin bukaan tengah tengah agak besar.
        Nanti gelap gelapan dicoba deh om. Terimakasih banyaaak.

        Hubungan Silaturrahim, oom. Bentar lagi lebaran kan

      • dyazafryan June 11, 2016 at 4:33 AM #

        Btw… Jam segitu masih enak ya motret kalo tempatnya bagus…
        Disini mah mending tidur jam segitu..wkwkw.

        Okey..lebaran kerumah ya…

      • aqied June 11, 2016 at 4:35 AM #

        Hahahaha iya betaaaah sampe jam stengah 3-an. Trus paginya ud ngacir ke pantai buat sunrise an. Kurang tidur tapi hepi. Hihihi

        Ke rumah? Siap bangeeeet. Siniin tiketnya

      • dyazafryan June 11, 2016 at 5:00 AM #

        Klo lg dstu juga mah syg bgt mau tidur ya…
        Hhhaaa… Mau bgt….

      • aqied June 11, 2016 at 5:03 AM #

        Email aja tiketnya, om. PP ya.
        *masih maksa

      • dyazafryan June 11, 2016 at 5:07 AM #

        Emang lg dmn te?

      • aqied June 11, 2016 at 5:08 AM #

        Maksudnya beliin aku tiket PP kesana, oom. Wkwkwkwk

  6. BaRTZap June 11, 2016 at 4:24 AM #

    Memang tantangan memotret gelap itu menentukan eksposure yang pas dan focusing nya, selain memang tripod atau apapun itu yg bisa menjaga kestabilan kamera. Anyway, ini bagus-bagus hasilnya Qied 🙂

    • aqied June 11, 2016 at 4:25 AM #

      Waaa aku tersanjuung. Terimakasiiih
      Tantangan banget soalnya buat sekali jepretnya aja kan lama, kalo gak pas pas terus tuh capek dan ngantuk jadinya

      • BaRTZap June 11, 2016 at 4:27 AM #

        Coba besok2 dicoba pakai mode yang semi otomatis, misalnya pakai Aperture Priority. Atau sambil diperhatiin exposure bar nya.

      • aqied June 11, 2016 at 4:28 AM #

        Oiya ya. Malah kelupaan buat manfaatin fitur fitur begitu. Thanks sarannyaaaa

      • BaRTZap June 11, 2016 at 4:29 AM #

        Sama-sama 😉

  7. Jejak Parmantos June 11, 2016 at 4:48 AM #

    Sae pisan, itu mas2 yang didalam frame kasian juga ya, diem gak boleh gerak selama 25s, kl enggak pasti kabur gambarnya… 😀

    • aqied June 11, 2016 at 4:53 AM #

      Terimakasiiih
      Kalo aku jadi yang inframe biasanya kabur, gak bisa diem soalnya. Hahahaha

  8. Adi Setiadi June 11, 2016 at 5:22 AM #

    Cantik hasil jepretan nya

    • aqied June 11, 2016 at 5:22 AM #

      Terimakasiiih, masih belajar ini

  9. Lorraine June 11, 2016 at 5:32 AM #

    Bagus Aqied 👍🏼 ISOnya tinggi tapi ngga grainy ya hasilnya.

    • aqied June 11, 2016 at 6:17 AM #

      Terimakasih, mba.
      Iya takut terlalu grainy makanya banyakan di 800, mentok 1600. Pengen turunin lagi udah ke gelap an

  10. monda June 11, 2016 at 7:44 AM #

    aku simpan link ini biar bisa belajar dari Aqied ya

    • aqied June 13, 2016 at 10:12 AM #

      Trimakasiiiiiiiih, kalo dpt pendapat pendapat atau pengalaman lain boleh lho sharing.

  11. @eviindrawanto June 11, 2016 at 9:05 AM #

    Wow keren banget hasilnya,Mbak Aqied. Mestinya pas di Derawan Saya tidak kupluk banget ya Yang kerjanya tidur melulu. Mustinya ikut belajar main foto gelap-gelapan seperti ini. Aku belum bisa loh membuat foto dalam kegelapan. Tantangan lagi untuk belajar 🙂

    • aqied June 13, 2016 at 10:12 AM #

      Hehehe iya nih. Tim ngalong malam malam gak banyak yg ikut juga sih.

  12. nbsusanto June 11, 2016 at 9:12 AM #

    apik semua, tapi kalo kudu milih foto kedua dan kelima cakep bener mbak! 😀
    btw emang gitu sih, dilema pake ISO tinggi noise nya ampun deh.. tapi mendingan sih kalo emang banyak mode manual yang tersedia.. kalo pake kamera saku sejutaan pasrah deh.. kemaren nyoba panning tengah malem di lampu merah banyak ancurnya.. 😆

    • aqied June 13, 2016 at 10:10 AM #

      Waaah, masnya keren memaksimalkan gear. Aku tuh masih suka gak ngerti fitur fitur kamera sendiri

  13. ade_jhr June 11, 2016 at 10:21 AM #

    Nunggu fitur auto mengsingkan malam eheehe.. Ambil gambar dlm kondisi malam atau kurang cahaya emang butuh kesabaran.. Ak suka foto yg pertama 😄

    • aqied June 13, 2016 at 10:10 AM #

      Sama adee. Aku paling suka kok juga yg pertama ya. Hehe

  14. jampang June 11, 2016 at 12:40 PM #

    Kece banget hasilnya

    • aqied June 13, 2016 at 10:09 AM #

      Terimakasiiih, masih belajar juga

  15. winnymarlina June 11, 2016 at 1:57 PM #

    cakep

    • aqied June 13, 2016 at 10:09 AM #

      Trimakasiiiiiiiih

  16. nyonyasepatu June 11, 2016 at 6:07 PM #

    Emang mesti deh ya bawa tripod kalau malam

    • aqied June 13, 2016 at 10:09 AM #

      Iyaaa. Huhuhu. Eh gossip gak boleh bawa tripod ke kabin itu gimana ya.

      • nyonyasepatu June 13, 2016 at 12:03 PM #

        Katanya khawatir kalau senjata tripod itu hehe. Kita sekarang masukin bagasi aja soalnya males ditanya2in

      • aqied June 13, 2016 at 12:04 PM #

        Iya, aku jg masuk bagasi. Takutnya tar kalo pergi pergi yg gak beli bagasi.

      • nyonyasepatu June 13, 2016 at 12:05 PM #

        Mungkin kalau jelasin utk kamera boleh kali ya tp emang males ngambil resiko. Mahal soalnya tripod hehe

  17. iyoskusuma June 12, 2016 at 9:15 AM #

    Nice tips! Cuma belum pernah berhasil motret bintang, apalagi bima sakti. Haha.. Makasih tipsnya.

    • aqied June 13, 2016 at 10:08 AM #

      Aku juga belom banyak belajar motret bintang nih. Suka males cari tempat gelap

  18. Ira June 12, 2016 at 11:05 AM #

    beneran kudu bawa tripod ya biar stabil *apa daya orangnya tremor-an*

    • aqied June 13, 2016 at 10:07 AM #

      Tos dulu. Aku jg tremoran.

  19. dyahayupamela June 12, 2016 at 9:37 PM #

    udh hatam nih kakak,…aku baru mau belajar, gimana besok kalo acara lampion di Dieng Culture Festival bisa nangkep ke kamera moment itu pas malem….

    • aqied June 13, 2016 at 10:07 AM #

      Belooom khataaam. Belom bisa motret gelap gelapan objek bergerak.
      Duh DCF bisa kesana gak ya. Gak beli tiketnya juga

  20. Aiko June 13, 2016 at 6:56 AM #

    kereeeenn banget mbaaa ❤ ❤ enak liat foto-fotonya. Wah jago nih pasti mba kalo hunting aurora

    • aqied June 13, 2016 at 10:05 AM #

      Ah foto fotomu jg keren. Aku jd malu

  21. Andana Paringga June 13, 2016 at 10:59 AM #

    Wah tips-nya sangat bermanfaat ni mbak. Jadi pengen nyobain berburu moonrise atau moonset…hehehe…

    • aqied June 13, 2016 at 11:02 AM #

      Terimakasiiih kalo bermanfaat.
      Tinggal tahan tahanan ngantuk ya kalo nungguin bulan

  22. annosmile June 14, 2016 at 7:49 PM #

    wihhh foto-fotonya keren..
    pengen juga motret malam..nunggu cuaca membaik dulu 😀

    • aqied June 14, 2016 at 7:49 PM #

      Ikuuuuuuuuuuuut

Leave a Reply

