Singgah Sejenak di Kalibiru

25 May

Wisata Alam Kalibiru, terletak di Barat Yogyakarta. Tepatnya kabupaten Kulonprogo, dengan posisi di ketinggian menawarkan pemandangan bentang alam kombinasi hijau dan biru. Hijau dari pepohonan dan sebagian areal pertanian yang masih mendominasi sebagian wilayah Kulonprogo. Biru dari Waduk Sermo yang menjadi background foto sangat menarik. Tak cukup dengan menjadi background saja, pihak pengelola menyediakan panggung-panggung dan rumah pohon untuk menjadi ‘studio’ ciamik.

hasil pencariian google images dengan keyword "kalibiru"

hasil pencariian google images dengan keyword “kalibiru”

saya kira hasil pencarian gambar di atas sudah sangat menjelaskan bagaimana keindahan panorama yang ditawarkan di wisata alam ini. Meski jumlah panggung dan rumah pohon tersedia cukup banyak, namun sebaiknya hindari musim musim ramai atau saat weekend. Saya saja yang datang di hari selasa di siang yang panas, mendapati cukup antrian untuk dapat berfoto di lokasi tersebut.

Selain panggung dan spot foto, tersedia juga pilihan permainan. Misalnya halang rintang di jembatan gantung, atau flying fox yang akan berakhir di salah satu spot foto juga. Sudah ada juga fotografer yang dapat membantu mengambil gambar dan mengarahkan gaya untuk mendapatkan pose terbaik.

Apalagi yang bisa dilakukan di Kalibiru?

itu juga yang menjadi pertanyaan saya sampai-sampai lokasi ini tidak menjadi wishlist saya. Hasil scroll di instagram maupun pencarian google hanya menampilkan foto yang hampir seragam. Lokasi dan pemandangan yang sama. Paling hanya variasi pose pelakunya saja.

sebenarnya, masih ada aktivitas lain yang dapat dilakukan di kalibiru selain mengantri untuk spot foto yang ‘sewa studio’nya pun dibatasi itu. Misalnya menyewa cottage cottage bernuansa kayu di dalam lokasi ini. Sepertinya tak ada salahnya untuk mencoba bermalam di lokasi tinggi, di dalam rumah kayu yang dikelilingi pepohonan. Udara juga masih segar bukan?

Atau tak harus lah terlalu ber banci foto. Bisa juga duduk duduk menikmati makanan dan minuman, bercengkrama dengan kawan di tempat-tempat jualan yang juga tersedia banyak di lokasi ini. Datang sendiri pun tak ada salahnya berbincang dengan penjualnya, bukan? jika tak mengganggu tentunya.

kalibiru Outbond Semacam jembatan gantung

kalibiru Outbond Semacam jembatan gantung

Kalibiru: Rumah cottage

Kalibiru: Rumah cottage

Kalibiru: Flying Fox

Kalibiru: Flying Fox

Kalibiru Waduk Sermo

Kalibiru Waduk Sermo

Foto keluarga di panggung foto

Foto keluarga di panggung foto

Dear, Kakaq

Dear, Kakaq

 

 

Advertisements

56 Responses to “Singgah Sejenak di Kalibiru”

  1. Susie Ncuss May 25, 2016 at 4:46 PM #

    belum pernah ke Kalibiruuu..
    tapi udah pernah duduk2 santai di Waduk Sermo πŸ˜€

    • aqied May 25, 2016 at 4:54 PM #

      aku malah belum pernah ke Sermo

      • Susie Ncuss May 25, 2016 at 4:57 PM #

        ayo tukeran :))

        IGnya aku follow ah…. *modus minta folbek*

      • aqied May 25, 2016 at 8:02 PM #

        Hahahaha aku jg modus ini ngeshare dr IG. Siapa tau ad yg tertarik follow

  2. Adi Setiadi May 25, 2016 at 4:57 PM #

    Indahnya kalibiru..ingin sekali singgah ke sana. Salam kenal mas Aqied

    • aqied May 25, 2016 at 8:03 PM #

      Bagus sih sayangnya untuk dapat itu kebanyakan dan kelamaan ngantri

  3. ardiantoyugo May 25, 2016 at 5:00 PM #

    Deket rumah tuh… :mrgreen:

    • aqied May 25, 2016 at 5:02 PM #

      Ealaaaah daerah situ to, om

      • ardiantoyugo May 25, 2016 at 5:05 PM #

        Dari situ sekitar 15-20 menit ke arah selatan… :mrgreen:

      • aqied May 25, 2016 at 8:08 PM #

        Oooooo
        Tapi aku buta area kulonprogo

  4. nbsusanto May 25, 2016 at 5:06 PM #

    dulu ke kalibiru, saking paginya sampe masih sepi banget dan spot foto di pohon belum dibuka.. lagipula menurutku kemahalen sih buat foto disana.. :mrgreen:

    • aqied May 25, 2016 at 8:08 PM #

      Kebanyakan ini itu dan antri sana sini ya kalo rame. Plus kurang banyak variasi aktivitas dan objek foto

  5. Gallant Tsany Abdillah May 25, 2016 at 5:42 PM #

    aku wes pernah, tapi nek disuruh ke sini lagi pasti lupa jalannya :))

    • aqied May 25, 2016 at 8:07 PM #

      Aku juga mung disupiri, gal. Hihihi

  6. Agung Rangga May 25, 2016 at 6:13 PM #

    Pasti asik banget ya menikmati udara pagi di Kalibiru.
    Pemandangannya menyejukkan banget! πŸ˜„

    • aqied May 25, 2016 at 8:06 PM #

      Iya kalo pagi atau sore gitu mgkn asyik ya, gak lagi rame juga

  7. winnymarlina May 25, 2016 at 6:21 PM #

    ini tempat ngehits banget sih ya

    • aqied May 25, 2016 at 8:05 PM #

      Iya. Tapi ud kebanyakan yg pd poto disana. Aku jd rada gak selera. Hihi
      Sok antimainstream banget

  8. A.Zakaria.P May 25, 2016 at 6:50 PM #

    Cool…. πŸ‘πŸ‘Œ

  9. Yusuf Saktian May 25, 2016 at 8:56 PM #

    Kalibiru emang memanjakan mata bangeet, kapan bisa kesana yaa.
    Btw itu foto di tempat foto yang keliatan danaunya itu ngantri ya?

    • aqied May 25, 2016 at 8:57 PM #

      Iyaa ngantri dan bayar limabelas ribu dibatesin berapa menit gitu. Rada males kesini makanya. Etapi aku gak poto disitu sih.

      • Yusuf Saktian May 25, 2016 at 9:06 PM #

        Lho bayar tha ternyata? Hehe kirain cuman bayar tiket masuk doang.
        Kenapa? Kan mumpung disana hehe

      • aqied May 25, 2016 at 10:40 PM #

        Bayar sendiri. Males. Ud buanyak banget poto sejenis. Hehe

  10. nyonyasepatu May 25, 2016 at 10:38 PM #

    Udh manjatnya tuh yg ngos2an

    • aqied May 25, 2016 at 10:39 PM #

      Manjatny pke tangga dan gak gitu tinggi kok mb.

  11. ade_jhr May 26, 2016 at 7:10 AM #

    Jd kalau mau foto d tmpt yg bagus itu bayar ya

    • aqied May 26, 2016 at 9:36 AM #

      Hahaha iya. Perorang limabelasribu

  12. Nasirullah Sitam May 26, 2016 at 7:12 AM #

    Ke Kalibiru naiks epeda ontel aku malah pernah ngalami, Ya Allah dengkul rasanya menjerit ahahahahhaha

    • aqied May 26, 2016 at 9:36 AM #

      Itu sih gilaaa mas. Aku naik mobil lho ud ngeri liat jalannya

  13. MS May 26, 2016 at 7:38 AM #

    aku juga nggak selera ke sini gamang denga ketinggian soalnya he.he..

    • aqied May 26, 2016 at 9:37 AM #

      Hehehehehe jalan kesananya juga nanjak nanjak mayan ekstrim

  14. adelinatampubolon May 26, 2016 at 9:37 AM #

    sudah pernah kesini, sekali aja rasanya sudah cukup yach. setidaknya tau apa yang membuat tempat ini banyak dikunjungi :-).

    • aqied May 26, 2016 at 9:38 AM #

      Iya, mb. Gak banyak juga aktivitas yang mau dilakuin disini

  15. fasyaulia May 26, 2016 at 11:22 AM #

    Tempat yang bikin aku kesel saking penuhnya 😦 pusing pala incess wkwk

    • aqied May 26, 2016 at 11:28 AM #

      Dan bingung mau ngapain klo ud penuh antrian gitu ya, sya

  16. Beautyasti1 May 26, 2016 at 12:33 PM #

    Itu panggung foto nya seperti tinggi sekali.. Melebihi atap rumah? Tanpa sekat juga wowww.. Ngeri ya tapi pasti indah pemandangan dari atas panggung itu

    • aqied May 27, 2016 at 5:35 AM #

      Tidak setinggi yg kelihatannya kok. Dan setiap pengunjung yg naik pakai tali pengaman.

  17. Ceritaeka May 26, 2016 at 2:14 PM #

    Aku belom nulis perjalananku ke sini 😐 bhiks

    • aqied May 27, 2016 at 5:35 AM #

      Pas sama mb Indah itu juga ya

  18. jampang May 26, 2016 at 8:44 PM #

    duduk di ketinggian alam terbuka…. gimana rasanya yah

    • aqied May 26, 2016 at 8:45 PM #

      Tidak setinggi yang terlihatnya kok

  19. Uwien Budi May 26, 2016 at 11:49 PM #

    Padahal dari rumah orang tua cuma beberapa jam tapi belum pernah kesini

    • aqied May 27, 2016 at 5:36 AM #

      Kalo pas weekend atau liburan emang malesin, mb. Gak rekomendasi deh buat kesini

  20. Akhmad Muhaimin Azzet May 27, 2016 at 9:59 AM #

    Itu tidak jauh dari tempat sekian tahun yang lalu saya KKN πŸ™‚

  21. indah fajarwati May 27, 2016 at 2:48 PM #

    Kalau aku ke jogja kamu harus temenin yah mba aqied πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„

  22. winnymarlina May 27, 2016 at 6:39 PM #

    aku gk bernai manjat2 gitu

  23. febridwicahya May 28, 2016 at 11:33 PM #

    Aku pernah dong ke Kalibiru πŸ˜€ tapi nggak sampai petakilan kayak yang difoto-fotomu itu mbak πŸ˜€

    • aqied May 28, 2016 at 11:35 PM #

      Aku juga cumak motret kok. Aku kalem gak petakilan apalagi manjat manjat rumah pohon.

  24. DollyPR May 30, 2016 at 3:02 PM #

    ya ampun, sering liat foto di panggung spt itu, ternyata di kalibiru toh. hadeuh aku ndak apdet.

  25. Ardian Kusuma May 31, 2016 at 4:56 PM #

    Belum pernah kesini aku

    • aqied May 31, 2016 at 5:03 PM #

      Gak usah mas, capek. Eh

  26. chris13jkt May 31, 2016 at 5:46 PM #

    Wah selalu penuh ya di situ? Kalau gitu mendingan aku batalin deh rencana ke sana. Malas juga kalau harus ngantri cuma buat dapatin foto gitu 😦

    • aqied May 31, 2016 at 5:47 PM #

      Iya, saya aja yg weekdays ada antrian. Tp kalo lagi sepi banget katanya sih bisa sampe lama dan bosen pepotoan di situ. Cuma entah deh kalo skrg sepinya kapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: