Cara Membuat Capuccino Homemade

20 Apr
image

Capuccino with thick foam

Membuat cappuccino rumahan?

kenapa tidak?

Tentunya menyenangkan bukan dapat menikmati minuman ala coffeeshop di rumah sendiri. Apalagi bisa menghidangkan varian minuman istimewa ini saat coffee break bareng keluarga dan orang orang tersayang.

Cara yang saya sampaikan di sini berdasarkan percobaan saya sendiri di rumah dengan alat seadanya. Sudah jelas mungkin akan sangat jauh dengan standar ideal pecinta capuccino atau coffee latte di luaran sana. Tapi bisalah dipertimbangkan untuk menjadi selingan variasi minuman rumahan.

image

Percobaan pertama

Untuk yang bukan peminum kopi, green tea, coklat, atau minuman lain bisa dicoba sebagai substitusi. Saya lihat juga saat ini di banyak coffeeshop menyediakan macam macam pilihan minuman latte.

Berikut alat dan bahan yang saya butuhkan;

  1. Coffee plunger atau French press.
  2. Cangkir untuk hasil akhir
  3. Espresso (idealnya), kalau tidak punya espresso machine seperti saya, cukup kopi kental yang ampasnya sudah disaring
  4. Susu cair, bisa susu segar atau susu UHT

Pertama, tentu saja siapkan kopi di cangkir yang sudah kita siapkan. Untuk rasio ideal, kopi sebanyak sepertiga gelas. Karena rumus cappuccino adalah 1/3 kopi, 1/3 susu, dan 1/3 foam. Ingat karena idealnya yang dipakai adalah espresso, kalo gak punya espresso maker bisalah bikin kopinya yang strong. Espresso rasio kopi dan airnya bisa 1:3.

image

Kopi hitam tanpa ampas yg uda siap.

Langkah kedua, siapkan susu di coffee plunger, dan kocok dengan cara naik turun kan plunger nya dengan cepat sampai susu berbusa sebanyak yang diinginkan

image

Susu dengan jumlah sama dengan kopi

image

Berbusa udah jadi banyak nih

Nah, kalau sudah tinggal tuang deh di kopi tadi. Bagian ini sedikit sulit jika tujuan akhir ingin mendapatkan tampilan yang instagramable. Saya sendiri gagal parah di percobaan pertama. jadi, mendingan dicoba sendiri saja ya, saya yakin bakal lebih kece daripada saya buat tutorial yang menyesatkan.

image

Secangkir capuccino/latte abal abal siap dihidangkan

Tenang, Kopi Siaqida ini aman dari sianida
Selamat mencobaaa

*coffee plunger /french press  banyak dijual di supermarket besar, online shop, maupun e-commerce dengan berbagai variasi merk dan harga. Mulai gratisan sampai jutaan.  Gratisan ini maksudnya seperti pake gift set nya kopi merk kapal itu ya. Terakhir lihat masih banyak di supermarket.
image

*untuk yang suka manis, bisa disajikan dengan gula atau simple syrup.

*tidak untuk diperbandingkan dengan minuman instan rasa capuccino

*foto dan teks seluruhnya oleh Aqied

Advertisements

18 Responses to “Cara Membuat Capuccino Homemade”

  1. Nasirullah Sitam April 21, 2016 at 7:17 AM #

    Aku kemarin mau beli yang ada gift-nya, cuma aku bingunung ntar kepake atau tidak hahahahhah. Jadi kapan kami dibuatkan kopi?

  2. akhmad muhaimin azzet April 21, 2016 at 2:34 PM #

    Waaah, boleh juga neh… caranya 🙂

  3. jarwadi April 25, 2016 at 9:35 AM #

    hakok abal abal, yang pede dikit dong lah, bikin capuccino top gitu

  4. febridwicahya April 26, 2016 at 11:33 PM #

    Kamu punya alat-alat buat bikin capucino begituan mbak? bener-bener manusia kopi sejati ya 😀 aku mentok-mentoook ya minumnya goodday mbak wkwk 😀

  5. insanwisata.com (@InsanWisata) April 28, 2016 at 1:13 PM #

    kujadi teringat kopi di eastparc hmmm

  6. winnymarlina May 1, 2016 at 2:33 PM #

    u penyuka kopi aqied?

  7. ali shodiqin May 2, 2016 at 11:04 AM #

    wah lama engga tuh buat kopi cuppuccino kayak gitu?pastinya lama ya.. belum pernah nyobain kopi cuppuccino yang buatnya seperti di atas itu. apakah sama kayak yang shacet2an itu..?hehehe

    • aqied May 2, 2016 at 1:14 PM #

      Gak lama kok. Udah saya tulis di artikel untuk tidak dibandingkan dengan sachet an ya, om

  8. elafiq May 2, 2016 at 4:37 PM #

    coffee plunger itu yang bikin foam yaa..
    pas minum capuccino sensasi yang saya cari ya busanya itu… hahaha 😀

    • aqied May 2, 2016 at 4:39 PM #

      Iyaps. Tau ini dari ngobrol sama barista. Trus dipraktekin di rumah. Lumayan jadi bisa bikin sendiri di rumah

      • elafiq May 2, 2016 at 4:48 PM #

        habis search ‘coffee plunger’ di BL… #selo
        kapan2 mau nyoba..
        niat :))))))))

      • aqied May 2, 2016 at 4:50 PM #

        Hahahahaha emang kudu niat. Lebih ribet dari pake kopi sachet tapi justru seru. Apalagi kalo ud bisa nggambar nggambarin busanya.

  9. bersapedahan May 25, 2016 at 11:23 AM #

    oh ada paket murmer dari abc ya … hihi kuper
    pingin nyobain ah jadi barista

    • aqied May 25, 2016 at 11:24 AM #

      Kapal api, om. Tapi gak tau skarang masih apa nggak. Eh ABC juga ada paket nya?

  10. Sekar May 30, 2016 at 6:41 AM #

    pas baca judulnya, dikira cara bikin bubuk capuccino-nya ala rumahan. Ternyata bikin minumannya dari kopi bubuk ya

    • aqied May 30, 2016 at 6:43 AM #

      Capuccino itu minuman yg terdiri dr spertiga gelas kopi, spertiga gelas susu. Spertiganya lagi foam susu. Sudah ditulis jg di bacaan atas

      • Sekar May 30, 2016 at 6:46 AM #

        oh oke. maksud saya, bubuk capuccino yang kayak udah jadi gitu. Cara buat bubuk capuccino. Bukan minumannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: