Swallow Summit : Gunung Api Purba Nglanggeran

24 Dec
Thanks God I Travel 2014

Thanks God I Travel 2014

Dua yang populer begitu disebutkan kata Nglanggeran. Yap. di kawasan ini ada Gunung Api Purba dengan view dari ketinggian yang kece, dan embung nglanggeran yang bikin efek matahari seperti bercermin kalo lagi sunset. Lama sekali gak kesampaian buat nginjek Gunung Purba nya, minggu lalu akhirnya kesampaian juga.

SAMSUNG CSC

Musim hujan begini sebenarnya bukan ide bagus sih buat mainan outdoor. Buat antisipasi hujan dan mungkin kabut, hari minggu kemarin kami siapin sandal jepit. Lah koq ternyata malah akhirnya sandal jepit ini lah yang kami pakai terus-menerus dari naik sampai turun dan balik ke rumah. jadilah fun tracking Gunung Purba nya kemarin kami namakan “Swallow Summit”.

swallow summit. sandalnya sampe kotor

swallow summit. sandalnya sampe kotor

Main ke gunung ini, tidak bisa dibilang mendaki gunung sih. Estimasi waktu yang diperlukan buat naik rata-rata 1 jam saja. Itu kalo dari pengalaman saya kemarin sudah termasuk istirahat berkali-kali. Meski tidak seperti mendaki gunung, tetep ada tantangan seru nya yang sayangnya gak semua nya saya dokumentasikan.

istirahat di gazebo. foto by tavis

istirahat di gazebo. foto by tavis

Pertama naik, santai saja karena ada banyak penunjuk rute dan tiap beberapa langkah banyak tempat-tempat untuk istirahat. Medan yang harus dilewati juga bermacam macam. Ada yang jalanan nanjak biasa, ada yang bertangga-tangga, ada yang harus pegangan tali buat manjatin batu, dan yang seru banget kayanya cuma ada di sini. Dua batu raksasa yang hampir dempetan, dan kita harus ngelewatin tengah-tengahnya, nanjak pula. Alhamdulillah masi bisa lewat berarti saya masih cukup langsing, kan.

ancang-ancang mau nyempil di antara dua batu besar

ancang-ancang mau nyempil di antara dua batu besar. poto by. Vitri

Cape nya lumayan sih bagi saya yang pemalas olahraga dan jarang jalan ini. Tapi yang bikin cape nya gak kerasa itu, setiap langkah dan nyembul di ketinggian, selalu ada view cantik yang seger banget buat mata. Sampai akhirnya kami sampai juga di puncak nya. Yey!

finally here

finally here

tebing

tebing

Sayangnya belum lama kami leyeh-leyeh di atas, kabut semakin dekat dan akhirnya sekitar kami menjadi putih. Khawatir kalau nanti makin gelap sementara tidak ada dari kami yang bawa peralatan yang beres buat menghadapi kabut, segera lah kami turun (setelah foto-foto dulu tentunyaah).

Merah-Putih, seperti swallow ku

Merah-Putih, seperti swallow ku

SAMSUNG CSC

Berhubung kemarin rasanya cepet banget dan belum cukup banyak kulakan foto, mungkin kapan-kapan perlu ke sana lagi deh. Ada yang mau ngajakin?

halo kakakkk, ajak maen yuk. tertanda Saya Adik

halo kakakkk, ajak maen yuk. tertanda Saya Adik

* Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab Gunung Kidul, Prop DI Yogyakarta

* untuk mencapai lokasi, dari Kota Yogyakarta melalui Jl Wonosari ke timur, setelah Polsek Patuk, lurus saja lagi sampai menemui pertigaan (ada jembatan) dengan papan penunjuk jalan “Nglanggeran”. ikuti jalurnya dan ikuti setiap papan penunjuk ke Embung/Gunung Purba. jika bingung, tidak yakin, atau tersesat, silahkan bertanya

jika dengan kendaraan umum, menggunakan Bus Jogja-Wonosari, turun di Patuk, disambung ojek.

* retribusi masuk di siang hari, Rp 7,000/orang dan parkir sepeda motor Rp. 2,000. buka juga pada malam hari dengan penyesuaian tarif (saya gak tau detilnya)

*tidak disarankan menggunakan sandal jepit seperti kami, karena jalanan yang licin dan resiko kepleset juga tidak disarankan menggunakan stiletto.

*saat ke sana, kami menemukan banyak sampah yang ditinggalkan pengunjung yang akhirnya turut kami bawa ke bawah, jadi kalo kamu yang ke sana, jangan ikut2an nyampah ya.

Advertisements

42 Responses to “Swallow Summit : Gunung Api Purba Nglanggeran”

  1. capung2 December 24, 2014 at 2:46 PM #

    Puas bnget rasanya klo memandang dr puncak gunung spt itu.

    • aqied December 26, 2014 at 9:50 AM #

      Betuuul. Walo baru sebentar pemandangannya lgsg putih lagi. Kabutt

  2. Iwan Yuliyanto December 24, 2014 at 3:03 PM #

    Keren nih … jadi pengunjung yg bertanggungjawab, membawa turun sampah yang ditinggalkan pengunjung-pengunjung sebelumnya. Setiap pengunjung memang harus punya rasa memiliki alam dan menjaganya dari pemandangan yang gak pantas.

    • aqied December 26, 2014 at 9:49 AM #

      Harusnya sih. Padahal tempet sampah gede lumayan banyak juga loh bertebaran.

  3. dyazafryan December 24, 2014 at 3:05 PM #

    kerenn qiedd… apalagi foto di impit bebatuan gitu..

    • aqied December 26, 2014 at 9:49 AM #

      Iya. Bersyukur aku masi cukup kurus buat nyempil di situ. Sayangnya sih gak moto pke kamera. Basah2 di situ

      • dyazafryan December 26, 2014 at 4:40 PM #

        beli waterproof…..
        *beli go pro…

      • aqied December 29, 2014 at 2:02 PM #

        beliiiin

      • dyazafryan December 30, 2014 at 4:38 PM #

        hahaaa… buat sendiri aja kalo disuruh beliin

  4. Iqbal December 24, 2014 at 3:39 PM #

    saya juga punya cerita di nglanggeran 🙂
    https://cikibalcikibul.wordpress.com/2013/07/18/puncak-3-jilbab-ranum/

    • aqied December 26, 2014 at 9:47 AM #

      Sudah ke TKP…
      Udah tahun lalu malah ya mas

  5. ilmiy December 24, 2014 at 3:57 PM #

    Ah sempet 5tahun d jogja dan belum pernah kesini. Haduuuh, rasanya dulu aku tuh kemana aja yaaah? *perasaan enggak pernah belajar jg* 😆

    • aqied December 26, 2014 at 9:47 AM #

      Eh kapan tuh di jogja nya? Kayanya emang belum terlalu lama koq ini happeningnya

      • ilmiy January 4, 2015 at 6:19 AM #

        Di jogjanya wes suweeee bgt qied.. ak keluar jogja aja tahun 2008. Hehe

  6. jampang December 24, 2014 at 4:30 PM #

    indahnyaaaa

    • aqied December 26, 2014 at 9:46 AM #

      Iyap. 😉

  7. Burhan December 24, 2014 at 4:34 PM #

    Sering ke Wonosari tpi gk pernah tau ada gunung purba yg viewnya bgs begitu. Kudu latihan naik tangga nih buat persiapan naik, maklum dah tuwiiiiir

    • aqied December 26, 2014 at 9:46 AM #

      Hayuk hayuk dicobaa
      Kalo males ndaki ke Embung nya aja. Gak pake treking tp mayan buat sunset-an n ttep bisa lihat tebing2nya gunung purba ini

      • Burhan December 26, 2014 at 9:48 AM #

        Siiip lah. Kyknya mesti masuk di wishlist bt kunjungan berikutnya nih.

      • aqied December 26, 2014 at 9:50 AM #

        Haha sip. Atau pas musimnya bagus aja

  8. dani December 24, 2014 at 5:56 PM #

    Mau bilang ngiri tapi bukan petualang sejati diriku ini Qied. Makanya hestekku yang kemaren tak komenin itu. #ThanksGodIfollowAqied2014! Soale bisa lihat tempat-tempat asik dan baca pengalaman seru tanpa harus keluar sendiri. Bahahahaha.

    • aqied December 26, 2014 at 9:45 AM #

      Hehe. Makasih mas dani.
      Mgkn karna kebanyakan nganggur jd pengen kek Dora the explorer. Hehe

  9. Ditter December 24, 2014 at 6:14 PM #

    Wooh… kabutnya tebel banget…. :O

    Mungkin jadi serasa lagi berada di tengah awan, ya… 😀

    • aqied December 26, 2014 at 9:44 AM #

      Iya. Sayangnya gak dpt feel kaya Nobita di negri awan.

  10. maembie December 24, 2014 at 11:48 PM #

    “Jangan buang sampah sembarangan” hal kecil yang sangat susah untuk dilakukan. Sampah juga jadi sesuatu yang memperburuk view ditempat wisata. Pernah baca juga, gunung everest cuma indah di foto, padahal disekelilingnya banyak sampah pengunjung.

    • aqied December 26, 2014 at 9:43 AM #

      Iyes! Pas ke pantai atau lg di laut jg suka nemuu aja sampah. Duh

      • maembie December 26, 2014 at 1:49 PM #

        #BuangSampahPadaTempatnya

  11. eviindrawanto December 25, 2014 at 11:31 AM #

    Mbak mendaki dengan sendal jepit dan musim hujan pula, gak sering ke peleset ya?

    • aqied December 25, 2014 at 12:19 PM #

      Kepleset sih enggak. Tapi memang tidak direkomendasikan. Hehe

  12. arip December 25, 2014 at 1:53 PM #

    Ini bisa jadi alternatif lokasi syuting The Hobbit nih. 😆

    • aqied December 26, 2014 at 9:43 AM #

      Hahahay part mana nya nih

  13. Rivanlee December 25, 2014 at 3:53 PM #

    bagus banget.. mau ke sana :”

    • aqied December 26, 2014 at 9:42 AM #

      Yuks ke jogja

  14. Beby December 26, 2014 at 8:52 AM #

    Kebayang sejuknya. Keliyan ngga kedinginan? Bajunya ngga tebel gitu.. :’

    • aqied December 26, 2014 at 9:18 AM #

      Kalo ndaki kan gerah, beb. Jd jaketnya disimpen. Haha

      • Beby December 27, 2014 at 9:08 AM #

        Oke. Aku ngga pernah daki soalnya. *catet*

  15. nyonyasepatu December 26, 2014 at 9:12 AM #

    Bagus banget Qied, pengen deh ke gunung tapi gak kuat mendaki haha

    • aqied December 26, 2014 at 9:21 AM #

      Ini cuma seuprit koq ndaki nya

  16. winnymarch December 26, 2014 at 9:24 AM #

    cakep bgt ya

    • aqied December 26, 2014 at 9:41 AM #

      Yuk kalo njogjess ke sini, mb winny

  17. Yasir Yafiat December 26, 2014 at 3:21 PM #

    Bagus ya view dan foto-fotonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: