The Xperia M2 Aqua

20 Nov

Setelah pada suatu hari, si ponsel Picopad mulai makin berulah, saya sampai pada kesimpulan kalo sudah waktunya mencari kawan si Pico. Saat itu saya sama sekali tidak punya bayangan mau cari kawannya Pico yang bakal seperti apa, dari brand apa, dan lain sebagainya. Ditambah kondisi saat itu masih lama bangeeet gajian.

Belum lagi komunikasi di kantor terkait kerjaan jadi sering kehambat karena si Picopad suka mati mendadak. Suka susah di charge alias cuma mau sama charger Lumia n Blackberry doank. Piufh…

*okesip curhatnya kepanjangan

2 tahun lebih bersama saya mulai terasa membosankan baginya.Β  Dan saya pun mulai berpaling…

wpid-img_20141005_083716.jpg

Si Picopad mulai lelah

 

seperti yang saya ceritakan di sini, kalo saya itu gak telaten ngerawat ponsel. Ya yang sering jatuh, ketumpahan air, kecipratan, kehujanan, kotor dan berdebu, atau sesekali (bahkan sering) malah diajak mejeng buat jadi model pemotretan di berbagi tempat.

wpid-img_20140824_133241.jpg

si Picopad di Pulau Menjangan

 

Kalau saya harus beli ponsel yang tahan debu, tahan air dan sebagainya rata rata mahal banget kan yaa. Maksud hati pengen seri-seri Xperia Z tapi apa daya rekening yang bicara. Jadi udah dari jauh-jauh hari keinginan punya ponsel anti segala macam itu saya putuskan cukup mengagumi dari jauh saja, dan gak yang pengen buat punya.

Sampai pada suatu siang saat Picopad makin usil, saya beli Tabloid Pulsa, siapa tau bisa nemuin temennya Pico. Dan ternyata saya nemuin kalau ada ponsel denganΒ  IP68 certified yang gak mehong-mehong amat (tetep masi mahal sih tapi, hiks). Seketika niat saya buat gak usah punya ponsel anti air, goyah. Iya, saya lemah iman begitu baca spesifikasi Xperia M2 Aqua.

Diperkenalkan pada pertengahan Tahun 2014, seri ini pakai OS Android KitKat. lumayan lompat satu dari Picopad saya yang masi pake ICS. Layarnya 4,8 inci lumayan cukup lah buat saya yang sebelumnya pake 5 inci. gak perlu banyak penyesuaian. baterai bawaan standar seperti kebanyakan 2300 mAH dan karena waterproof, baterainya tipe yang non-removable.
image

Sayangnya pas cari ponsel ini, masi banyak yang belum punya. Alhamdulillah akhirnya dapat setelah olah raga muter-muter.Β  Pengennya sih yang warna putih lagi ya. biar nge matching-in sama kamera. Cukup yang punya aja yang item (Ops), tapi ternyata baru pada punya yang item. Berhubung saya saat itu ngerasanya segera butuh, jadi saya ambil aja yang hitam.
image

Tampilannya persis seperti SONY pada umumnya, Kotak dan full touch. ada tombol power, volume, dan kamera di satu sisi. Untuk penggunaan yang bakal bersentuhan dengan air, M2 Aqua punya penutup karet untuk lubang earphone, charger, slot MMC dan simcard. tapi sama sekali gak mengganggu penampilannya.
image

Di suatu hari yang cerah, saya iseng iseng coba ketahanannya di dalam air. Juga gimana cara makenya kalo di dalam air. Ternyata bener kalo main-mainin barang elektronik di bawah air itu asyik banget. Everything look better underwater. Sperti Z series yang gak perlu nutupin lobang speaker, de el el, M2 Aqua juga bisa dicemplungin gitu aja. atau diguyur sekalian. Norak banget deh saya waktu itu.

image

Dari dulu ngiri berat sama yg bisa foto begini

Dan pada suatu hari yang hujan, waktu saya dan teman-teman jalan-jalan menembus kabut dan hujan, kamera M2 Aqua lah satu-satunya yang bisa dikeluarin saat itu. Well, hasilnya emang gak bagus-bagus amat. Dengan kamera depan hanya VGA, kami sama sekali gak milih buat selfie. Cukup pakai kamera belakang 8 MP. Lumayan banget lah daripada sama sekali gak ada dokumentasi kan.

image

Bukan foto BW tp emang lg kabut n gelap gini plus hujan

image

Foto di tengah hujan

image

Ini juga di tengah hujan

Sayangnya meski saya udah yang sakau sakau banget pengen maenan air (baca: ke pantai atau snorkel), sampai sekarang belom kesampaian. Jadi si Aqua ini belum saya coba pakai motret saat snorkel atau saat total di bawah air. Belum bisa cerita atau kasi contoh foto underwaternya. Memang ketahanan terhadap air pada M2 Aqua ini hanya di air tawar dengan kedalaman cuma sampai 1,5 m selama 30 menit. Meski anjurannya bukan buat air laut, saya gak tau deh kira-kira kalo ketemu pantai saya bakal bisa nahan diri buat gak ngajak nyemplung atau enggak. Iya, saya kan lemah iman.

image

Hasil foto biasa

 

 

 

 

 

42 Responses to “The Xperia M2 Aqua”

  1. dani November 20, 2014 at 3:36 PM #

    Gw kagum sampe pada taraf pengen banget. Huehehehehe. Aseli keren deh foto lu cemplunginnya. Kereeenn..

    • aqied November 20, 2014 at 3:42 PM #

      Hehehehe berhubung seri ini gak tenar2 bgt, pas upload poto itu banyak yg ngirain z3. Hahahaha
      Amiin deh siapa tau ad yg mw nyumbangin Z3 beneran

  2. jampang November 20, 2014 at 3:52 PM #

    harganya kisaran berapa, mbak?

    • aqied November 20, 2014 at 3:54 PM #

      Trakhir lihat 3,4 an. Masih naik turun sih. Coba buka di web tabloid pulsa itu biasanya harganya lumayan sesuai sama harga pasar

  3. lazione budy November 20, 2014 at 3:57 PM #

    saya pakai Xperia M dual 6 bulan lalu.
    PUAS!

    Kelemahannya hanya 2: kalau main game / online boros baterai dan memori internal yg cepet habis. karena install hanya bias di sana.

    • aqied November 24, 2014 at 6:07 PM #

      M Dual sama M2 Aqua uda lumayan beda banyak spec nya mas

      • lazione budy November 27, 2014 at 5:47 PM #

        harga juga bedanya lumayan.
        >.<

        tapi m dual ku berenang ke air juga aman.

  4. nyonyasepatu November 20, 2014 at 6:07 PM #

    oh ini toh si HP yang wara wiri di IG hehehe. keren sih Aqied, gak takut masuk air

    • aqied November 24, 2014 at 6:08 PM #

      udah beraninya pas itu doank. skarang gak yang di sengaja-sengaja masukin ke air. takut zonk

  5. dyazafryan November 20, 2014 at 6:32 PM #

    kmren sih.. pengen, tapi temen udah pindah tugas ke.LG jadi makin di tempelin sama hape-hape LG sekarang.. sebut merek.wkkwkw πŸ˜€

    • aqied November 20, 2014 at 6:33 PM #

      Boleh donk tempelan LG nya kirimin ke sini satu aja boleh ya boleh ya

      • dyazafryan November 20, 2014 at 9:41 PM #

        haha,g boleh.kamu sony.hehe.

  6. JNYnita November 20, 2014 at 7:11 PM #

    Waah.. Salut salut sama eksperimennya.. πŸ™‚

    • aqied November 24, 2014 at 6:08 PM #

      itu cuma buat kepentingan pemotretan semata koq. haha

  7. mawi wijna November 20, 2014 at 7:29 PM #

    WOW! Anda benar-benar konsumen wanita yang SANGAT memanfaatkan fitur utama yang diusung oleh XPeria M2 Aqua. #gemes

    Mungkin besok-besok boleh Anda coba mencemplungkannya ke mesin cuci. Siapa tahu, Anda adalah salah satu dari sekian pemilik smartphone yang lupa mengeluarkan smartphone dari kantong busana saat hendak dicuci. :p

    • aqied November 24, 2014 at 6:09 PM #

      itulah kenapa aku suka ponsel gede gede karna yang kecil kecil jaman dulu sering banget nyangkur di kantong baju. untung nyuci ku masih manual. jd gak hancur2 amat

  8. maembie November 21, 2014 at 12:48 AM #

    Beli smartphone keknya harus sesuai kebutuhan. Kekurangan di M2 ini kalo dilihat cuma dari kamera VGA yang diusungnya. Dari Sony yang bagus untuk selfie kalo gak salah C3 deh.

    Selamat atas teman Piconya, semoga langgeng.

    • aqied November 24, 2014 at 6:10 PM #

      aamiin

      hehe aku jg gak terlalu suka selfi pake kamera depan sih. mending pake selftimer

      • maembie November 25, 2014 at 12:32 AM #

        Tapi kan gak bisa liat ekspresi secara langsung kalo dari belakang.

      • aqied November 25, 2014 at 1:13 PM #

        Hahahaha. Aku jarang selfie emang jd gak terlalu masalah. Paling suka pke self timer kamera aja

  9. Beby November 21, 2014 at 10:53 AM #

    Aku makin galau, Qied. Kayaknya hubungan ku dengan Apollo uda ngga bisa dipertahanin lagi deh. Semalem pas lagi asik-asiknya bbman eh ngehang total. Ngga bisa diapa-apain. Sampe-sampe temen bbm ku itu ngira aku ngilang trus dia jadi bad mood. Aaaaaaak.. πŸ˜₯ *jedot-jedotin kepala*

    Tapi M2 Aqua ini uda lumayan bingit lah ya speknya. Pengen jugak nyemplung-nyemplungin hp ke aer gitu 😦

    • aqied November 24, 2014 at 6:10 PM #

      hahahahaha sana beralih ke Andro.
      kamera uda SOny kan, hp sekalian donk
      *lirik lirik siapa tau dibayar Sony

      • Beby November 27, 2014 at 3:25 PM #

        Ngga punya duit.. Uda abis buat tiket ke Jogja.. :’

  10. MS November 21, 2014 at 2:22 PM #

    abis ini kita bisa lihat aqied diving deh.. bisa narsis pake hp baru dalam air

    • aqied November 24, 2014 at 6:11 PM #

      gak beraniii.
      ini kan cuma maksimal 30 menit di kedalaman 1,5 meter di air tawar.

  11. nengwie November 22, 2014 at 4:50 AM #

    Kita Tunggu hasil nyelemnya mbak Aqied…:)

    • aqied November 24, 2014 at 6:11 PM #

      gak berani kalo nyelem sih,,ketahanan airnya gak sampe standar nyelem

  12. rintadita November 24, 2014 at 9:05 AM #

    huaaah ini serius gakpapa kalo masuk air laut?
    kan claim-nya fresh water qied
    mending dicobain ke umbul ponggok aja tuh, katanya disitu banyak ikan dan airnya air tawar πŸ˜€

    • aqied November 24, 2014 at 6:13 PM #

      aku rada gak tega nyeburin diriku ke umbul ponggok. sering lewat sih.
      iya bener claim nya buat fresh water aja. tapi kali terlanjur kena air laut bisa dibersihin dg cara direndam air tawar sekian menit gitu

      • radith August 12, 2015 at 2:13 PM #

        Jadi smartphone sony m2 aqua ini bisa tahan air laut juga ya gan??

  13. Tom November 24, 2014 at 7:49 PM #

    Anu.. Kapan itu ke pulau menjangan? Karimun kan? :3

    • aqied November 24, 2014 at 7:51 PM #

      Itu Pulau Menjangan yang di Bali. Kalo yg Karimun belom pernah… T_T mau ajakin?

      • Tom November 24, 2014 at 9:13 PM #

        Oh,, XD

        Kirain Pulau Menjangan Besar di Karimunjawa. Lha aku malah pengen ke Bali. Ke Karimunnya udah bulan kemaren πŸ˜€ Tapi boleh lah ke sono lagi. Yok. Bayarin aku ya.. #eh XD

      • aqied November 24, 2014 at 9:26 PM #

        Yooook!!!!!
        Dari jaman kapan gak kesampean ke karimun
        *gak baca baris trakhir

  14. jarwadi November 29, 2014 at 7:10 AM #

    coba ponsel nya di tes dicelup ke gelas dengan air bersuhu 90 derajat..

    • aqied November 29, 2014 at 7:26 AM #

      Piye nek ojo hp ku

  15. eko February 10, 2015 at 11:35 AM #

    Mas bro ane juga ga kuat imanya..ane baru punya 2 hari ni hp si Aqua m2..ada grupnya ga ya ni Aqua?thx

    • aqied February 10, 2015 at 7:41 PM #

      aku jg belom ikut2an grupnya. grup Xperia yang aku ikutin cuma yg di Fb IXP aja. itupun pasif

  16. Muhgni March 4, 2015 at 1:21 AM #

    Mas mas mas, hp sony experia aqua saya kokk sember ya suaranya, padahal saya cuma dicucurin air doang πŸ˜₯
    Bantuanyaaa dong mas masss πŸ˜₯

    • aqied March 5, 2015 at 7:41 PM #

      Kalo habis basah kadang emang suaranya jd gak optimal, mas. Coba dikeringin dulu. Taroh di kain yg nyerap. Ditunggu aja tar jg normal sendiri.
      Sperti kameraku sempet buram agak lama ternyata lensanya agak blur karna pas kondisi panas, kena hujan.

  17. winda rinanti April 12, 2015 at 4:37 PM #

    Aku baru beli M2 aqua akhir maret dan langsung kubawa berenang dan lumayan lah hasil fotonya. Tapi setelah beberapa jam aku bawa underwater baterai ngedrop dan ga bisa dicharge. Alhasil aku bawa ke sony service center 😦

Trackbacks/Pingbacks

  1. [English Friday] How Gadgets Affected My Life | Cacatan Hari Hari - January 23, 2015

    […] me introduce you my cellphone. I have Xperia as my current gadget, replacing my old Axioo Picopad. Both are […]

Leave a Reply

