Embung Nglanggeran

9 Aug

wpid-img_20140808_102325.jpg

Harus tiga kali kemari sampai saya benar-benar bikin posting ini. Mungkin ada yang sudah pernah lihat foto-foto di lokasi ini baik di blog ini, atau akun instagram yang terhubung ke facebook dan twitter. Sebelumnya bahkan saya bertekad untuk gak bikin posting tentang embung ini sebelum ke Gunung Api Purba Nglanggeran.

 

Senja di kunjungan pertama

Senja di kunjungan pertama

Embung Nglanggeran adalah waduk buatan di ketinggian, dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Embung ini menjadi pemandangan menarik ketika Anda sedang di puncak gunung api purba. Ternyata tidak hanya satu sisi saja, karena dari Embung Nglanggeran pun, Gunung Api Purba menjadi pemandangan cantik juga. tebing-tebing dengan ukiran indah, dan titik-titik kecil pengunjung di puncak Gunung Api Purba,terlihat manis dari embung.

 

tebing-tebing gunung purba

tebing-tebing gunung purba

Karena terletak di ketinggian, ada baiknya berkunjung saat sore hari. Beberapa pendapat mengatakan, embung nglanggeran termasuk salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Dengan datang saat sore, tentu masih ada waktu untuk mengabadikan saat-saat matahari masih terang. Warna langit yang memantul di air embung, dan refleksi titik-titik pengunjung, juga tebing-tebing gunung api yang bercermin terbalik, cukup membahagiakan mata.

 IMG_20140805_190049

foto panorama

foto panorama

Saat senja resmi turun, matahari pun turut bercermin pada air embung. Tak harus ke pantai, tak perlu mendaki gunung, untuk bisa mendapatkan momen indah ini. Pastikan untuk memilih spot yang tepat. Karena yang ingin menikmati saat-saat matahari berpamitan tidak  cuma kita kan? Berfoto siluet dengan pose cihuy, alay, mainstream, candid,  atau apapun bisa jadi oleh-oleh berharga di masa depan. Bahan cerita untuk anak cucu, mungkin?  Sebelum mereka protes No Pic=Hoax?

 IMG_20140805_213443

Tak perlu takut kelelahan, karena meski letaknya di ketinggian, embung ini dapat di akses kendaraan. Dari area parkir, hanya cukup menaiki beberapa anak tangga saja dan voilaaa hamparan air embung menyapa kita. Ditambah pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Jika sedang berkabut, semacam ada sensasi berada di atas awan. Menyenangkan, bukan? Selain itu, untuk mengitari embung juga tidak terlalu luas. Mungkin 15-20 menit sudah cukup menginjak semua spot nya.

SAMSUNG CSC

tangga naiknya yg berkelok-kelok itu. dikit aja kan?

 

* Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab Gunung Kidul, Prop DI Yogyakarta

* untuk mencapai lokasi, dari Kota Yogyakarta melalui Jl Wonosari ke timur, setelah Polsek Patuk, lurus saja lagi sampai menemui pertigaan (ada jembatan) dengan papan penunjuk jalan “Nglanggeran”. ikuti jalurnya dan ikuti setiap papan penunjuk ke Embung/Gunung Purba. jika bingung, tidak yakin, atau tersesat, silahkan bertanya

jika dengan kendaraan umum, menggunakan Bus Jogja-Wonosari, turun di Patuk, disambung ojek.

* retribusi masuk di siang hari, Rp 5,000 (inc. Asuransi Rp. 2,000) dan parkir sepeda motor Rp. 2,000

*jalan masuk dari gerbang ke lahan parkir embung sedikit  menantang, pastikan kendaraan anda baik-baik saja.

* lokasi ini buka sampai malam. tidak diperkenankan memancing, berenang, berperahu, apalagi bunuh diri

#sikilfie

#sikilfie

Advertisements

51 Responses to “Embung Nglanggeran”

  1. angkisland August 9, 2014 at 9:17 AM #

    WKWKWWK suka pesan” terakhirnya apalgi bunuh diri….jng ahh tar embung nambah tenar lagi kalo ad yg njegur situ hehe…. dan itu sikilfie haha tren baru…

    • aqied August 9, 2014 at 9:24 AM #

      ouch dibaca sama masternya foto n jalan jalan jogja.
      *tutupin muka malu
      iya, mas. jangan sampe
      #sikilfie ud sering koq. terutama kalo jalan sendiri/ gak ad yg motoin

  2. jampang August 9, 2014 at 11:33 AM #

    masa jauh-jauh ke seitu mau bunuh diri? 😀

    • aqied August 9, 2014 at 12:40 PM #

      hehehe ya kaliii… 😉

  3. simplerunnerindonesia August 9, 2014 at 1:29 PM #

    sekilas ngelihat fotonya tak kirain di luar negeri lho, ternyata deket saja ya…

    • aqied August 9, 2014 at 1:47 PM #

      waaaah padahal cuma stengah jam an aja dr rumahku. hehe

      • simplerunnerindonesia August 9, 2014 at 1:51 PM #

        2 jam dari Borneo, naik pesawat BPN-JOG 1,5 jam, sambung mobil 30 menit…

  4. mawi wijna August 9, 2014 at 5:16 PM #

    Dirimu tiga kali kemari pas pagi, siang, sore? Apa pas masih belum ditarik tiket, pas tiketnya masih seikhlasnya, dan pas tiketnya udah resmi? hehehe

    Foto yang paling bawah itu mengingatkan saya pada awal2 saya baca blogmu ini…

    • aqied August 9, 2014 at 6:23 PM #

      sore semuaaaa. yg pertama potonya kehapus cm selamat berapa biji.
      yg kedua kemaleman.
      yg ketiga baru kmaren selasa ini.

      horeee hidup #sikilfie..temen jalan aku males naik ke atas jd aku sikilfie aja deh. dah lama jg gak sikilfie hihi.

  5. nyonyasepatu August 9, 2014 at 6:33 PM #

    Apalagi bunuh diri hihihi

    • aqied August 9, 2014 at 6:39 PM #

      iya mb. gak boleh banget

  6. Isnuansa August 9, 2014 at 9:28 PM #

    Dari rumah saya di Klaten (bukan rumah suami yg di Karangdowo, lho ya…) cuma setengah jam ke Nglanggeran. 🙂 udah pernah naik gunungnya, tapi belom ke embungnya.

    • aqied August 9, 2014 at 11:01 PM #

      Kebalik donk kita, mbaaa
      Aku bacaa yg dek diana ke nglanggeran itu.
      Aku blm pernah ke gunungnyaa
      Btw, aku belom pernah loh naik gunung kidul dr klaten. Lebih serem ya medannya?

  7. Ditter August 9, 2014 at 10:53 PM #

    Ngeliat matahari terbenam di sana asyik juga ya kayaknya…..

    Btw, di Condong Catur juga ada embung, lho. Tapi aku lupa namanya apa. Kalo pagi dan sore rame banget, banyak orang-orang yg pada joging bareng anjing mereka 😀

    • aqied August 9, 2014 at 10:56 PM #

      Asyik mas.

      Embung Tambakboyoooo…..
      Tapi itu luas. Ngiterinnya lamaaa. Hihi

  8. rianamaku August 9, 2014 at 10:54 PM #

    Wahhh masuk dalam daftar liburan selanjutnya …

    • aqied August 9, 2014 at 10:57 PM #

      Gak butuh waktu lama koq, mb. Sambil mampir aja misal pas turun dr mantaii, mampir. Gitu. Hehe

      • rianamaku August 9, 2014 at 11:00 PM #

        Maksudnya…?
        sama sri gethuk jauh ngak…?

      • aqied August 9, 2014 at 11:02 PM #

        Aku belom pernah ke sri gethuk.
        Ini masih di kecamatan Patuk nyaa. Jd masi agak bawah

      • rianamaku August 9, 2014 at 11:05 PM #

        ohhh jadi ngak jauh..
        Sri gethuk keeeeeeeceeeeee banget aku suka.

        http://rianamaku.wordpress.com/?s=sri+gethuk

      • aqied August 9, 2014 at 11:52 PM #

        Udah ke TKP….
        Banyak wisata jogja yg belum deh ;(

  9. Zav August 9, 2014 at 11:50 PM #

    wih, ini tempat beberapa x mau mampir belum jadi jadi…padahal dah dilewatin, kayaknya kudu kesini nih…nice post!

    • aqied August 9, 2014 at 11:52 PM #

      Mampit donk….
      Gak susah n gak harus seharian koq. 😉

      • Zav August 9, 2014 at 11:52 PM #

        ini masalah fisik ane yg kegedean…jadi kalo kudu naek2 ndaki2 jadi agak susah..hahaha

      • aqied August 9, 2014 at 11:54 PM #

        Gak ndaki koooq. Naik tangga aja berapa yaaa. Lupa.
        Itu yg berkelok2 itu aja. Aku yg cemen aj nyampe koq. ;p

  10. eruvierda August 9, 2014 at 11:55 PM #

    ckckkcc ampe 3 kali kemari? gimana kalau kemping bareng aja di sini… boleh lho.. nambah 7 ribu…

    • aqied August 9, 2014 at 11:57 PM #

      Kempingnya apa gak di Gunung Purbanya, mas? Mauuuuukkk

      • eruvierda August 9, 2014 at 11:58 PM #

        setahuku sih bisa… kalau di Gunung Purbanya dah sering sih… ok kpan2 kita schedulein bareng2 aja…tar ngajak mbak phie ma temen2 Jogja

      • aqied August 10, 2014 at 12:00 AM #

        Asiiiik. Kabari ya mas. Aku blm pernah ketemu blogger2 jogja juga. ;(
        Yg gunung purbanya beluum T_T

      • eruvierda August 10, 2014 at 12:02 AM #

        ok2

      • aqied August 10, 2014 at 12:05 AM #

        Terima kasiiih
        Ditungguu kabarnyaaa

  11. anna August 10, 2014 at 2:42 PM #

    udah ke nglanggeran.. tapi belum sempat ke embungnya..
    keliatannya romantis.

    btw, sepertinya blog mu makin rame Qied hehe.. gak perlu live link lagi keknya hihi

    • aqied August 10, 2014 at 5:36 PM #

      Kebalik donk kita, mbaa. Aku baru di embung nya aja.
      Hihihi gak rame rame amat juga mbak. Isinya masi labil n alay

  12. pinkvnie August 10, 2014 at 8:29 PM #

    Baru tahu ada tmpt wisata ini disana …

    • aqied August 11, 2014 at 7:05 PM #

      Emang belum terlalu lama koq

  13. Dunia Ely August 10, 2014 at 10:03 PM #

    Masuk catatan nih, harus ke sana Insya Allah 🙂

    • aqied August 11, 2014 at 7:06 PM #

      Asiiiik mb ely ke jogja

  14. bangkoor August 11, 2014 at 9:57 AM #

    Bentar.. Embung tu waduk gitu ya qied?

    • aqied August 11, 2014 at 10:04 AM #

      Iyap. Kalo yg ini waduk buatan

  15. Beby August 11, 2014 at 12:48 PM #

    Kalok anak ku nantik ngomong NO PIC = HOAX, aku akan berkata, “Kamu harus menghargai keputusan Mama yang ngga sukak selfie..” atau “Loh.. Itu kan uda ada foto kakiknya Mama..” dsb dst..

    • aqied August 11, 2014 at 7:07 PM #

      Iya beb paling enggak tuh #sikilfie.
      Kalo menurutku sih buat mengabadikan memori dan sejarah kita sendiri juga. Buat dikenang. Kapasitas otakku terbatas soalnya 😉

      • Beby August 11, 2014 at 7:11 PM #

        Aku jugak sangat terbatas kapasitasnya.. -_- Mungkin harus langsingan dulu kali yah baru hobi selfie.. Wkwkwk.. 😛

  16. Gallant Tsany Abdillah September 2, 2014 at 11:06 AM #

    ini juga belom 😦

    • aqied September 2, 2014 at 6:50 PM #

      ayooo kesini donk. gampang koq.

  17. rintadita October 27, 2014 at 3:08 PM #

    pertengahan Nov mau ke Jogja, rencananya sih kesini sama gunung api purbanya juga. Tapi cuma punya waktu dari pagi sampe siang, karena sorenya harus ke Magelang. Ada alternatif lain kah? selain ratu boko, prambanan, dan daerah keraton – malioboro ya hihihi 😀

    • aqied October 28, 2014 at 1:29 PM #

      kalo pagi sampe siang aja di gunung purba n embung ud habis waktu mbaa. kalo mau bagusan explore gunung kidul tuh banyak alternatif.
      bisa pantai, goa2, sungai2,
      kenapa buru2 amat, mb?

      • rintadita October 29, 2014 at 9:19 AM #

        iya soalnya sorenya mau ke Magelang, mau ambil kaos buat acara lari yang borobudur 10k itu lho qied. Kamu ikut ndak? kayaknya rame tuuuuh 😀

      • aqied October 30, 2014 at 12:34 PM #

        akuh gak ikutan. gak bisa lari. hahahahaha….
        eh kesananya rame2?

      • rintadita October 30, 2014 at 12:57 PM #

        gakpapaaa jalan ajaahh, aku juga ntar banyakan foto2nya kok 😀 aku cuma berdua sama temenku siiih yuuukk ikut qied

Trackbacks/Pingbacks

  1. 3 Sunset di Timur Yogyakarta | Cacatan Hari Hari - September 5, 2014

    […] 2. Embung Nglanggeran […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: