Ratu Boko Palace

6 Aug

Pada suatu masa, hidup seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang, putri seorang raja Prabu Boko.
Bandung Bondowoso yang membunuh sang Prabu, tertarik dengan kecantikan si putri dan ingin menikahinya.
Tak ingin menikah dengan pembunuh ayahnya, namun juga tak berani menolak, Roro Jonggrang mengajukan syarat untuk dibuatkan 1000 Candi dalam satu malam.
Bandung Bondowoso dengan dibantu bangsa jin, hampir menyelesaikan candi ke 1000 ketika suara alu bertemu lesung yang ditumbuk penduduk atas instruksi Roro Jonggrang berbunyi.
Fajar belum tiba, tapi bangsa jin mengira waktu sudah habis dan mereka meninggalkan 999 Candi.
Bandung Bondowoso yang merasa dicurangi, murka dan mengutuk Roro Jongrang menjadi perawan abadi dalam arca di Candi Roro Jonggrang atau kini dikenal Candi Prambanan.

Gerbang Boko di kalender PT TWC 2014

Gerbang Boko di kalender PT TWC 2014

Tak jauh dari Candi Prambanan, sekitar 3 km ke arah selatan, terdapat Candi Ratu Boko. Berbeda dengan kebanyakan candi yang biasanya bangunan keagamaan, diyakini candi ini dulunya sebuah istana kerajaan. Terlihat dari isi kompleks yang meliputi Gerbang, Keputren, Pendopo, Krematorium atau Paseban, Kolam atau Pemandian, dan goa untuk meditasi. Mengitari kompleks ini cukup membakar kalori, mengingat lahannya hingga 16 hektar. Letaknya di ketinggian +/- 196 m, sehingga memberi kesempatan bagi kaki-kaki kita untuk melangkah lebih banyak, dan naik tangga lebih tinggi.

Karena terdiri dari bermacam-macam isi kompleks, dan view di ketinggian yang indah, lokasi ini kerap digunakan untuk pemotretan dan beberapa syuting.Β  Yang paling populer dan cukup sering, digunakan untuk foto pre-wedding.

Terdapat restoran untuk menikmati Jogja dari ketinggian. Dari tempat ini dapat terlihat Candi Prambanan dan Gunung Merapi. perfecto buat santai sore.

view dari resto nya

view dari resto nya

Setelah 3 gerbang candi Ratu Boko, ada semacam lapangan cukup luas. dari sini biasanya sunset hunter mengarahkan moncong-moncong lensanya. Selfie-selfie pun tak kalah serunya, tak perlu berebut tempat karena lapangan cukup luas. Ada gerbang Ratu Boko menjadi background.

tuh, luas kan halamannya

tuh, luas kan

Berjalan sedikit, ada kumpulan bebatuan lagi, kemudian akan bertemu tangga turun. Berfoto di tangga ini pun tak kalah seru nya. Lanjut jalan naik lagi dan akan bertemu semacam kompleks lain dengan panggung di tengah. Kabarnya ini semacam ruang untuk pertunjukan pertarungan, atau semacam balai pertemuan. Keluar dari kompleks ini akan bertemu bentuk candi yang lain lagi. Dari sini, kolam pemandian terlihat ada di bawah.

07314107683.jpg

Setelah kolam pemandian, masih ada satu area lagi di bawahnya. Untuk berjalan pulang, bisa dengan jalur lain sehingga tidak melewati jalan yang sama. Dengan memutar, akan bertemu Goa Lanang dan Goa Wedhok (laki dan perempuan). Nantinya dari situ, bisa sampai ke lapangan dekat gerbang lagi.

Dengan demikian, tuntas sudah penelusuran jejak masa kecil Roro Jonggrang.

*Candi Ratu Boko terletak di Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Sleman
*Rute dari lampu merah besar Prambanan (pertigaan), menuju ke selatan. ikuti saja papan yang menunjukkan Ratu Boko.Jika telah sampai di area parkir bus ratu Boko, tetep lurus saja sampai menemukan papan penunjuk Ratu Boko berikutnya.
* dapat membeli tiket terusan Prambanan-Ratu Boko saat di loket Candi Prambanan. Dengan demikian ada fasilitas shuttle yang mengantar dari Prambanan ke Ratu Boko.
*Tiket masuk Candi Ratu Boko Rp. 25,000. Khusus untuk sunset Rp. 110,000 (dengan fasilitas tambahanΒ  bakmi jawa/ nasi goreng, dan minuman). Parkir sepeda motor Rp. 2,000.

Advertisements

78 Responses to “Ratu Boko Palace”

  1. Mas Djie August 6, 2014 at 8:38 PM #

    Wah inget waktu masih sekolah dulu… πŸ™‚

    • aqied August 6, 2014 at 8:42 PM #

      hehe. iya itu dongeng jaman SD

      • Mas Djie August 6, 2014 at 8:44 PM #

        Nostalgia Edukasi nih namanya yaaaa πŸ˜€

  2. mawi wijna August 6, 2014 at 9:05 PM #

    dan saya pernah merasakan main bola di foto tempat sandalmu berada itu…

    • aqied August 6, 2014 at 9:14 PM #

      pas jaman jaman KKN juga ya.?
      tapi Ratu Boko berubah banget yaa terutama fasilitas2 di luar nya. beda banget sama pas 2010 kesana jaman harga masuknya masih 12rb n jarang pengunjung.
      skrg katanya skitar 500an pengunjung per hari. lebaran kmaren sampe 1000an

  3. Eka Novita August 6, 2014 at 9:44 PM #

    Waktu itu pernah berkunjung ke Prambanan, tapi nggak sempet ke Ratu Boko karena udah pegel mengelilingi Prambanan. Akhirnya, jadi tau juga wujud ratu Boko itu seperti apa. makasih sharing pengalamnnya mbak πŸ™‚

    • aqied August 6, 2014 at 10:44 PM #

      kmaren kesini kameranya dipake banyak org soalnya rame2. jd gak banyak foto2nya. plus gak bagus juga. kalo googling tuh beuh keren2 deh poto2nya.

  4. pinkvnie August 6, 2014 at 10:10 PM #

    Kok yg khusuz untuk sunset mahal juga ya mba …

    • aqied August 6, 2014 at 10:34 PM #

      iya karna dpt fasilitas lain kaya makan n minum gitu trus apa lagi yaa aku lupa. hihi.
      atau masuknya dr rada siangan gitu trus keluarnya telat. hahahaha
      *bisa gitu gak ya?

  5. nyonyasepatu August 6, 2014 at 10:32 PM #

    Masih bny kambing gak disana Qied?

    • aqied August 6, 2014 at 10:35 PM #

      gak sebanyak dulu. ud lebih rapi n bersih juga. banyak pembangunan kayanya. ud lebih rame juga si skrg

  6. dyazafryan August 6, 2014 at 11:22 PM #

    foto2 nya mana qied??

    • aqied August 7, 2014 at 12:17 AM #

      komen ini masih perlu dijawab gak?

      • dyazafryan August 7, 2014 at 12:52 AM #

        g usah lagi qied.. -_-

  7. dyazafryan August 6, 2014 at 11:22 PM #

    eh ada ya.. duh lelet ya dari hape.. kirain g ada… maap yak.. haaaha

    • aqied August 6, 2014 at 11:30 PM #

      hehe. iya tapi dikit n gak gitu bagus karna jarang pegang kamera. trus nyari2 foto2 dulu gak ketemu. yaudah deh seadanha.
      tp kalo di googling banyak foto kece2nya koq, yaz

      • dyazafryan August 6, 2014 at 11:54 PM #

        haiyaaa.. banyak emang.. kalo di google.. wkwkwkw

      • aqied August 7, 2014 at 12:02 AM #

        udah liat? keren keren kaaan. ni poto disini malu2in.

      • dyazafryan August 7, 2014 at 12:52 AM #

        hhahaa.. g lah..

      • aqied August 7, 2014 at 1:27 AM #

        Apanya yg gak?

  8. rianamaku August 6, 2014 at 11:32 PM #

    Wah jadi pingiiiinnnn ke sana juga…

    • aqied August 6, 2014 at 11:34 PM #

      hihi ayo mbaa. sbelom makin mahal lagi. nih makin lama makin mahal

      • rianamaku August 6, 2014 at 11:50 PM #

        iya asal kwalitas ok ngak papa..

      • aqied August 7, 2014 at 12:09 AM #

        Iya sih emang banyak perbaikan n penambahan fasilitas di sana. πŸ˜‰

  9. ALVI ALEVI August 6, 2014 at 11:44 PM #

    pas sunset knp jadi naik 4x lipat gitu? tambah nasgor 10.000 jadi 110.000.
    padahal cuma beda posisi mataharinya..
    #keselgakjelas

    • aqied August 6, 2014 at 11:46 PM #

      hahahaha tanyakan pada borobudurpark.co.id tuh perusahaan yg ngurusin.
      gimana nih ceritanya yg habis mudik dr jogjes?

      • ALVI ALEVI August 6, 2014 at 11:51 PM #

        urik tenan ah..

        ah di jogja ngeselin.. aku cuma 2 hari di Jogja. Sisanya di Purworejo. Payah banget liburan.. Cuma tiduran dan gak ada temen yang bisa diajak keluar..

      • aqied August 7, 2014 at 12:10 AM #

        Eman banget gak kemana mana. Sodara gak ad yg ngajakin maen pa? Aku jg pas lebaran sakit sih. Gak kemana2

      • ALVI ALEVI August 7, 2014 at 12:17 AM #

        bisa main sama temen cuma satu hari. itu aja cuma dari sore sampe tengah malem.
        masih pada sibuk sama lebarannya masing2..

      • aqied August 7, 2014 at 1:30 AM #

        Iya sih lebaranan gitu pada sibuk sama keluarganya.
        Aku donk nganggur banget. Seminggu lebaran selimutan doank. Kamu gak kontak2

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 12:34 AM #

        selimutannya pake selimut tetangga ya?! wkwk..
        Kontak2 gmn?

      • aqied August 8, 2014 at 12:49 AM #

        Manaaa mungkiiin selimut tetanggaaaa (malah nyanyik)..
        Kontak2 kabar kabari aku getoooh kalo lg di jogja

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 12:51 AM #

        kamu nyanyi aku jogeed..
        lha kontaknya gmn? minta kontakmu dong.. hehe..
        #modusabiiis

      • aqied August 8, 2014 at 12:52 AM #

        Yeeee mention twitter kek. Email kek. Usahaaa donk. Ad semua di blog ini
        *loooh

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 12:54 AM #

        aku jarang twitteran je..
        bbm ada gak? wkwk..

      • aqied August 8, 2014 at 12:55 AM #

        Gak punya. Uda ku uninstal.
        Email aja

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 12:56 AM #

        asik.. email2an..

      • aqied August 8, 2014 at 12:57 AM #

        Kata dyaz drpd BBM an mending surat2an pke merpati
        *clingak clinguk ad orangnya gak

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 12:58 AM #

        merpatiku cuma apal rumah mantanku.. bahaya.. salah alamat nanti..

      • aqied August 8, 2014 at 12:59 AM #

        Emailku di page “siapa saya”

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 1:00 AM #

        iya.. barusan aku mention + follow twittermu..

      • aqied August 8, 2014 at 1:09 AM #

        Sip. Thx.
        Tuh yg jawab adminnya

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 1:10 AM #

        folbek lho.. #maksa
        punya admin sendiri ta?

      • aqied August 8, 2014 at 1:13 AM #

        Udaah. Hahaha. Gaya banget punya admin sendiri.
        Profesiku full time admin buat semua sosmed atas namaku

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 1:16 AM #

        wah ada yang artis sosmed niih..
        minta tanda tangan dong.. (nyodorin kaos)

      • aqied August 8, 2014 at 1:17 AM #

        Ngeceeeeee
        Plaaaaak!!!

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 1:18 AM #

        asik dicolek..

      • aqied August 8, 2014 at 1:19 AM #

        Td pake sarung tangan tinju loh

      • ALVI ALEVI August 8, 2014 at 1:20 AM #

        empuuk doong?!

  10. Richo A. Nogroho August 7, 2014 at 1:25 AM #

    Luas juga yah areanya, bisa melatih otot kaki lek naik turun tangganya, mbak. hhaha. saya belum pernah ke sana, pengen juga suatu saat, moga keturutan.

    Minal aidzin wal faidzin yah, mbak πŸ™‚

    • aqied August 7, 2014 at 1:26 AM #

      Sama samaaa maaf lahir batin yaaa…
      Gak cuma tangga nya. Jalan kaki yg datarnya juga lumayan. Malah di beberapa sumber bilangnya 25 ha loh

  11. apkbaru August 7, 2014 at 2:02 AM #

    wah, jadi inget masa-masa sekolah dulu saya,,, πŸ˜€

    • aqied August 7, 2014 at 2:12 AM #

      bagian mananya nih yg bikin inget?

  12. duniaely August 7, 2014 at 3:11 AM #

    Harus ke sana nih, tapi kapan? 😦

    • aqied August 7, 2014 at 3:13 AM #

      Kalo ada niat nanti ada jalan, mb. Tp gatau juga kapan. ;(

  13. jampang August 7, 2014 at 8:16 AM #

    belum pernah ke sana πŸ˜€

    16 hektar… wow!

    • aqied August 7, 2014 at 10:13 AM #

      sebagian bilangnya 25 ha malah. coba deh ku kroscek benernya yg mana.

  14. angkisland August 7, 2014 at 10:25 AM #

    ayo mbak ke situ lewat pintu belakng biar grtatis kwkwkw mantap mbak

    • aqied August 7, 2014 at 10:33 AM #

      ayuk ayoook ayook

  15. kekekenanga August 7, 2014 at 11:47 AM #

    nyesel-lah cancel tiket kesana 😦

    • aqied August 7, 2014 at 12:27 PM #

      Loh kenapa dicancel?

  16. monda August 7, 2014 at 1:47 PM #

    anak2 udah kecapean jalan di prambanan, mknya nggak bisa lanjut ke sini…, udah sore pula..
    rupanya cantik ya senja dari sini

    • aqied August 7, 2014 at 1:52 PM #

      Iya. Sampe ada paket khususnya sunset gitu.
      Kebanyakan emang pada sampe gerbang sama foto2 di resto nya aja sihm yg sampe muterin tuntas gak banyak

  17. Beby August 7, 2014 at 2:28 PM #

    Oke, Beb.. Taun ini cumak bisa liat dari postingan Aqied doang.. -_-

    • aqied August 7, 2014 at 2:30 PM #

      Errrrrrrrrrr

      • Beby August 8, 2014 at 4:42 AM #

        *trus taun depan lagi-lagi cumak bisa liat dari postingan kamu -_-

  18. masroh August 7, 2014 at 5:01 PM #

    ok sabaarr-.-

    • aqied August 7, 2014 at 5:49 PM #

      tar libur sekolah panjang kan. maen jogja

  19. ditter August 7, 2014 at 5:29 PM #

    Jadi kisah Roro Jonggrang itu sebenarnya begitu toh…. Ngga ada hubungannya sama Tangkuban Perahu πŸ˜€

    Aku beberapa kali ngelewatin Prambanan, baru masuk dua kali, dan belum pernah ke Candi Boko πŸ˜€

    • aqied August 7, 2014 at 5:39 PM #

      Gak tau sih kalo dia studi banding ke Dayang Sumbi.

      Aku paling gak seminggu 2x ngelewatin prambanan. Kalo Ratu Boko ny juga baru 2x sih. Ayook mas. Kata Mas Angki bisa gratis tuh lewat jalur blakang

  20. Happy Fibi August 7, 2014 at 9:38 PM #

    Keren, kak :D. Itu tapi buat nikmatin sunset-nya, harga yang dipatok, berkali-kali lipat dari karcis biasa ya x___x Jadi pengen lihat candinya beneran. Sekalinya ke prambanan, cuma lihat ujungnya aja dari jalanan -___-“

    • aqied August 7, 2014 at 11:27 PM #

      katanya emang harga itu selalu diprotes koq. tapi mungkin tetep laku aja kali ya. jd pede aja dia pasang tarif segitu.
      atau masuknya dr siang trus gak keluar2 sampe sore gitu bisa gak ya? hihi *nakal
      kamu di mana sih? maen2 aja ke jogja tar keliling2 candi2 yg gratisan (iya aku gratisanholic)

  21. vanmovic August 9, 2014 at 9:05 AM #

    wah, ratu boko. ini waktu sma ku dulu dijadikan tempat untuk bumi perkemahan di bukit deket candinya.

    beuuuh serem kalo malam. nuansa mistisnya dapet banget :)))

    • aqied August 9, 2014 at 9:27 AM #

      iya ada bumi perkemahannya di sini.
      hawa plus anginnya juga tambah bikin merinding yaa. apalagi sendirian aja di pucuk sana alias gak deket sama perkampungan

  22. Lorraine August 9, 2014 at 1:37 PM #

    Aku suka candi Ratu Boko. Bagus ya dan sekarang dikelola lebih baik dibanding dulu. Kangen pingin kesana lagi.

    • aqied August 9, 2014 at 1:58 PM #

      menurutku ratu boko ini unik karna beda dg candi kebanyakan, karna bekas istana.
      iya pengelolanya BUMN yg punya dirut termuda πŸ™‚

      • Lorraine August 9, 2014 at 2:01 PM #

        Aku masih penasaran model candi Ratu Boko dengan tiang lurus itu mirip dengan candi orang Maya di Mexico.

Trackbacks/Pingbacks

  1. 3 Sunset di Timur Yogyakarta | Cacatan Hari Hari - September 5, 2014

    […] 1. Candi Ratu Boko […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: