Hai Agustus

2 Aug

Hai, Gus.
Boleh aku menyapamu begitu? Karna aku baru saja selesai membaca kisah seorang dengan Keistimewaan Kanker bernama Augustus dengan panggilan populer Gus.

Hai, Gus.
Harimu baru berjalan kurang dari 48 jam. Tapi aku seperti belum merasakan sedikitpun dari harimu. Aku sedikit sulit menyadari bahwa Juli telah berlalu dan skarang aku bersamamu.

Hai, Gus.
Sukakah kau dengan panggilan itu? Sejujurnya aku tak suka. Tapi mungkin jariku lebih suka karena tidak perlu mengetik banyak karakter jika harus memanggilmu dengan nama lengkap.

Hai, Gus.
Sedari tadi kau tak menjawab sapaku. Mungkin kau marah karena aku masih kerap lupa denganmu dan mengira sedang bersama masa laluku, Juli. Meski angka delapan penunjuk bulan selalu ada melingkar di pergelangan tanganku.

Hai, Gus.
Tentu saja aku lupa jika Juli telah berlalu. Sepanjang akhir Juli aku hanya menghabiskan waktu dengan membuka dan menutup jendela. Hanya terbaring bersembunyi menggigil di balik selimut. Hingga perubahan hari hanya ku rasa sebatas lampu yang menyala, mati, kemudian menyala lagi.

Hai, Gus.
Aku ingin menyapa pagi mu dengan suka cita. Sudah kubuktikan pada hari pertamamu, aku tak lagi bersembunyi bagai keju dalam sandwich dengan kasur dan selimut sebagai roti. Aku menembus 50 KM menuju timur pada siang harinya dan kembali saat sore. Menembus jalan utama antar dua kota yang kerap macet di musim liburan ini.

Hai, Gus.
Tak perlu bersedih karena banyak sekali kisah yang kudapat selagi membunuh kebosanan di balik selimut saat suhu badanku meninggi. Sepertinya sepanjang bersamamu nanti, kisah itu tak habis ku ceritakan. Jenis yang berbeda-beda memang.

Hai, Gus.
Taukah kau sepanjang 2 hari terakhir bersama Juli, sudah kutuntaskan Divergent Trilogy, Jacatra Secret, Bliss Bakery Trilogy, Negeri di Ujung Tanduk, dan yang terakhir bersamamu semalam The Fault in Our Stars. Membaca ulang beberapa halaman Manuscript Found in Accra, dan sedikit kisah Mahabharata. Sesekali aku ingin selingan kisah pendek Agatha Christie dan Sir Arthur Conan Doyle.
Kisah kisah yang saling berlompatan dan berbeda-beda genre sehingga aku tetap merasa nyaman tanpa keluar rumah, tentu karna aku tak bisa juga mengingat kesehatanku.

Hai, Gus.
Aku mulai berfikir, mungkin dengan sisa hari liburku, aku bisa mengajakmu berjalan jalan, menceritakan kisah-kisahΒ  yang usai ku baca, meski aku tak tau akan kemana dan bersama siqpa selainmu.
Lagipula masih ada 5 hari sebelum aku harus kembali pada rutinitas jam kerja, absen, jadwal-jadwal dan target-target. Kau seharusnya bersyukur bukan? Tak banyak yang memiliki hari libur seperti aku. Sehingga aku berjanji, akan baik padamu.

Ku harap kau akan baik padaku, dan menjadikanku lebih baik selama bersamamu, Gus.

image

*igauan dan ocehan ngawur saat ternyata bangun pagi tadi kembali merasa tidak sesehat hari sebelumnya.

42 Responses to “Hai Agustus”

  1. Ditter August 2, 2014 at 2:48 PM #

    Nyelesein bacaan sebanyak itu hanya dalam waktu dua hari doang? Woww! :O

    • aqied August 2, 2014 at 2:52 PM #

      2 hari lebih beberapa jam hehe.
      gak ad aktivitas sama sekali. tidur jg gak bisa lama.
      kasian jg bukunya ud lama dibeli gak dibaca baca

  2. Happy Fibi August 2, 2014 at 2:52 PM #

    Sajak yang bagus, mbak. Keren ya, dua hari bisa baca sebanyak itu :O . Saya satu novel saja bisa beberapa hari – -“.
    Belum lepas suasana Ramadhan, Mbak. Minal aidzin wal faidzin ya :D. Happy holiday πŸ™‚

    • aqied August 2, 2014 at 2:56 PM #

      Terima kasiiiih. Hihi pdhl lg konslet uh otaknya.
      Bacanya nonstop sih. Gak ad aktivitas lain. Cuma diselingi mandi n tidur yg sebentar
      Kalo hari biasa sih, bisa lamaaa bgt juga.
      Tuh Mahabharata sama Duni Sophie dari jaman beli tahun lalu smp skrg belom selesai

  3. bebyrischka August 2, 2014 at 2:53 PM #

    Uwow.. πŸ˜€ Welcome, August.. Please be nice to us πŸ˜€ Ah.. Kamu sama Dyaz bikin postingan tentang Agustus.. Aku jugak ah.. *ikut-ikutan*

    • aqied August 2, 2014 at 2:57 PM #

      Sebenernya hampir tiap bulan bikin postingan ginian sih

  4. masdjie August 2, 2014 at 3:31 PM #

    Catatan ngaurnya apik.. πŸ˜€
    Sangat bermanfaat bagi saya untuk merangsang hasrat berpusi.. Ah, aku rindu pada puisi πŸ™‚ Sudah sekian lipatan waktu aku abaikan, mungkin beberapa saat kedepan, besama sepenggal waktu dalam catatan agustus akan ada sebuah kebangkitan, yakni kebangkitan sebuah puisi yang telah lama tidur dalam ruang batinku.. πŸ˜‰

    • aqied August 2, 2014 at 3:50 PM #

      duh. aku gak punya bakat2 puisi deh gak jago nyusun bahasa juga. lah bahasa indonesia aja skrg belepotan…
      nah tuh, puisimu dibangunin

      • masdjie August 2, 2014 at 3:52 PM #

        Hehehe… Iya nanti, sekarang masih persiapan sidang skripsi nih. Mohon doanya nggeh… πŸ™‚

  5. mawi wijna August 2, 2014 at 4:52 PM #

    Ini mesti karena ga ada tetangga yg mau diajak maen…

    • aqied August 2, 2014 at 8:11 PM #

      Tau banget aja deh, mas. Hahaha…
      Gak ad yg kaya jaman kecil neriakin
      “aqiiid, maen yook!”

  6. masroh August 2, 2014 at 6:32 PM #

    Hai Gus,
    Kenapa liburan ini begitu cepat? dan kini tumpukkan soal di sekolah sudah menanti-.-

    *ngawur

    • aqied August 2, 2014 at 8:13 PM #

      Hahaha….
      Aq donk masi libur sampe jumat

      • masroh August 2, 2014 at 9:46 PM #

        hah jumat? enak pake banget itu mah.. aku mah rabu nanti tgl 6 udah masuk sekolah. aaahh nyebelin.

  7. BangKoor August 3, 2014 at 9:58 AM #

    Hai, Qied.
    Sudah kubaca semua keluh kesah dan ceritera-ceriteramu itu. Dan mulai hari ini hingga setidaknya 28 hari ke depan, aku dan teman seperjalananku kali ini, Syawwal – akan setia menjadi temanmu mengobrol, mencurahkan isi hati, sebelum nanti tiba di stasiun berikutnya, dimana adikku, September – dan kekasih barunya Dzulqaidah akan menggantikan aku dan Syawal.

    – Agustus

    • aqied August 3, 2014 at 10:08 PM #

      indah sekali kata kata mu, mas πŸ˜‰
      sejak kapan jadi juru tulis komennya Gus?
      hihi
      yah, aku sedang butuh teman main n temen jalan jalan sebenarnya awal agustus ini. ;(

  8. jampang August 3, 2014 at 11:02 AM #

    wuih…. mantap!

    agustus ini gajian mundur πŸ˜€

    • aqied August 3, 2014 at 10:10 PM #

      mundur karena tanggal gajiannya masil libur ya? hehe

      aku gajiannya tetep 25 nanti.
      *itu masih 22 hari lagi

  9. Vinda Filazara August 3, 2014 at 12:27 PM #

    Hei, itu kan panggilanku untuknya. Ah, teteh.
    Btw, agustus bagiku bukan sekedar bulan biasa. Agustus, bulan diatas bulan. *apasih

    • aqied August 3, 2014 at 10:11 PM #

      ciyeeeh yg agustusan. mana sini undangannya?

      wah aku gak tau. tp ini terinspirasi The Fault in Our Stars yg tokoh cowoknya Augustus tp dipanggil Gus

      • Vinda Filazara August 3, 2014 at 10:51 PM #

        Undangan apaan? Nggak keliru nih. Seharusnya, mana undangannya teh? Kuda jingkrak udah nungguin πŸ˜€

      • aqied August 3, 2014 at 11:00 PM #

        Belum dijemput ;(

      • Vinda Filazara August 3, 2014 at 11:02 PM #

        Ah, masaaak ? πŸ˜›

      • aqied August 3, 2014 at 11:09 PM #

        Iya. Bahkan seperti apa si pangeran kuda jingkrak pun aku blm tau koq. ;p

      • Vinda Filazara August 3, 2014 at 11:18 PM #

        Duh. Ntar, kutanyain dulu ke malaikat malik yah? πŸ˜€

      • aqied August 3, 2014 at 11:46 PM #

        Koq malaikan malik? 😦

      • Vinda Filazara August 4, 2014 at 3:34 AM #

        eh, salah yaa? πŸ˜€

  10. Iqbal August 3, 2014 at 1:02 PM #

    Cepatlah pulih…

    • aqied August 3, 2014 at 10:22 PM #

      Terima kasih. Udah jauh lebih baik skrg

  11. Siro Gane August 3, 2014 at 6:54 PM #

    selamat datang buat si Agustus yang diawali dengan akhir dari liburan dan kembali ke aktivitas seperti biasa XD

    • aqied August 3, 2014 at 10:14 PM #

      yah setidaknya walopun agustus ini
      cm ngantor 15 hari, gajian tetep full
      lah.
      *gajian masih 22 hari lagih tapiii T_

      • Siro Gane August 3, 2014 at 10:16 PM #

        wkwkw sudah sabar kakak, lewati hari demi hari πŸ˜€

      • aqied August 3, 2014 at 11:00 PM #

        Hahaha iya lagian baru gajian juga sebelum libur lebaran kmaren πŸ˜‰

  12. febridwicahya August 3, 2014 at 8:12 PM #

    Hay Gus, kau kurang lengkap dengan A dan tus :p

    bacaanmu berat-berat ya mbak? tulisannya ikut jadi berat dan kece deh :3

    • aqied August 3, 2014 at 10:30 PM #

      gak tau tuh koq nulisnya bisa jadi gak kaya biasanya.
      mgkn otakku mulai konslet stelah dipaksa ngadepin tulisan kecil2 di berbagai buku.

      biasa aja koq, feb. belom setebel Harry Potter 5

      • febridwicahya August 5, 2014 at 8:19 PM #

        aaah tapi tetep aja bagus loh mbak :p

        ciyeee yang habis tour di candi ijo :p

        tapi hampir setebel itu kan -_-

      • aqied August 5, 2014 at 11:40 PM #

        Hahahaha. Uda jadi ke Candi Ijo belom?

      • febridwicahya August 6, 2014 at 9:43 AM #

        belum dong mbak. kemarin baru aja ke kalibiru. -_- dalam waktu dekat ini deh InsyaAllah mbak πŸ˜€

      • aqied August 6, 2014 at 12:00 PM #

        Liburnya masih lama sih. Liburku ud mau habis jd yg tersisa ini dikebut jalan jalan. Wkwkwkwk

      • febridwicahya August 7, 2014 at 1:00 AM #

        iya nih mbak. masiiiiih lamaaaaaaa banget. mau nggak aku bagi liburku -_- aku bete juga e kelamaan libur tuh wkkww

        enaaaknya jadi mbak Aqied πŸ˜€

      • aqied August 7, 2014 at 1:32 AM #

        Maunyaaa sih gituuuu.
        Enak apaan jalan sendiri tauuuk

      • febridwicahya August 12, 2014 at 1:14 PM #

        hahaha. lah mbak nggak ngajakin aku sih -_-

Leave a Reply

