#CHSA: Lebaraaaan

28 Jul

wpid-picsart_1406464826565.jpg

Telat gak sih buat #CHSA alias Cacatan Hari Senin Aqied? Anggap aja belum yaa. Kan masih hari senin.

Well, kali ini mau cerita soal tentang hari senin yang istimewa banget. Gimana enggak, senin ini tepat 1 Syawal 1435 H. Hari besar umat muslim. Hari kemenangan buat yang ngerasa berhasil menangin Ramadhannya kemarin.

Seperti yang saya bilang di #CHSA episode sebelumnya, kali ini saya gak lebaran di rumah ortu Papua Barat sana. Tapi di kaki gunung merbabu alias desa kecil di pinggir jalan raya Solo-Semarang, rumah nenek saya dari pihak bapak. Jaraknya kalau dari tempat tinggal saya di Jogja kurang lebih 65 KM lah lewat jalur sepi alias kampung-kampung yang kiri kanan ku lihat sawah. Kalau lewat jalur rame-nya berarti bisa lewat Jalan Raya Jogja-Solo, sambung jalur Jalan Raya Solo-Semarang.

Minggu sore, saya dan adik saya berangkat bareng Schofield (si Revo 110 cc). Sengaja sore gitu biar pas nyampe pas jam buka puasa. Hihi. Ternyata jalanannya sepi bangeeet. Apalagi begitu masuk jalan besar Solo-Semarang (keluar dari jalur alternatif), berasa jalanan punya sendiri. Padahal jalur sebaliknya, yang dari Semarang menuju Solo, ramai n lumayan padat. Wal akhir, sampai rumah nenek yang dingiiin banget itu, masih rada lama nunggu maghribnya.

Senin pagi, bangun ogah-ogahan n mandi dengan air dan angin yang super dingin. Terus minum panas biar agak anget dikit gitu. Lanjut jalan kaki ke lapangan desa yang deket aja sih. Cuma jalanannya rada naik turun gitu. Sampai di sana, ternyata kita rombongan terakhir. Jd langsung gelar sajadah, pake mukena, n takbir. Ah, saya selalu suka shalat di alam terbuka.

Usai shalat, saya baru merhatiin kalo ternyata lapangan buat kami shalat ied itu menghadap langsung ke Gunung Merbabu yang gagah. Jadi begitu khatibnya khutbah, si Merbabu yang ganteng ini jadi semacam background. Sayangnya sih saat itu kabut dan awannya lebih tebel. Jadi gak terlalu kelihatan. Saat khatibny mimpin doa, kan suasananya sepi tuh. Baru deh kerasa bangeeet angin-angin dinginnya. Bicara n salam salaman setelah itu sambil keluar asap gitu mulutnya. Bbbrrrrrrr.

merbabunya kelihatan nggak? ketutup awan banget

merbabunya kelihatan nggak? ketutup awan banget

Lebaran di sini, gak sesibuk kalo lebaran di rumah ortu Papua sih. Setelah keliling sama keluarga, udah gak banyak aktivitas lagi. Kalau di Papua sana, tamu-nya gak habis-habis. Kalo lagi selo pun curi-curi waktu disempetin buat gantian keluarga kita yang keliling. Semingguan gitu bisa dibilang full lebaran gak istirahat. Gak ada deh yang namanya lebaran main-main ke tempet wisata.

Berhubung lumayan selo, jadi tadi disempetin tidur siang. Trus sorenya saya dan adik balik lagi ke Jogja. Seperti pernah saya bilang sebelumya, kalau sepertinya saya dari negara api. Jadi kena dingin yang begitu, sempet bikin saya tumbang. Padahal amunisi penghangat udah komplit banget. Manja bener saya yaa… Perasaan kalau main-main ke daerah dingin atau ke gunung gitu bisa sehat-sehat aja.

Dihitung-hitung, ini bukan kali pertama saya bertemu hari raya dalam keadaan kurang sehat. Sayang banget sebenarnya. Atau jangan-jangan saya homesick aja ya? Pengen lebaran di Papua? Hihihi

Ini juga bukan kali pertama keluarga kami lebaran di tempat terpisah. Tahun ini adik kecil bareng sama Ibu dan Bapak di Papua. Saya dan Adik di tempet nenek. Kakak ikut keluarga suaminya. Tahun-tahun sebelumnya, mencarnya dengan formasi berbeda juga. Tapi tetep ada beberapa kali lebaran full personil di satu tempat. Tapi tak apa lah, bukankah kita masih berpijak di bumi yang sama? Bukankah seluruh kaki langit adalah rumah kita?

Itu ceritaku, mana ceritamu?

rumah nenek

rumah nenek

 

*Aqied mengucapkan Taqabbalallah Minna Wa Minkum. Mohon maaf atas segala salah posting, komen, caption, interaksi dan segala yang dari saya. Semoga ke depannya lebih baik. Selamat Idul Fitri 1435 H

Advertisements

74 Responses to “#CHSA: Lebaraaaan”

  1. febridwicahya July 29, 2014 at 12:07 AM #

    hihih mbak aqied pulang ke papua toh ya :p

    mohon maaf lahir batin yak :”)

    • aqied July 29, 2014 at 12:10 AM #

      Enggaaaak. Aku di kaki gunung merbabu tp skrg ud di jogja lagi.

      Sama sama, feb

      • febridwicahya July 30, 2014 at 12:03 AM #

        maksudnya aku nyaranin biar mbak aqied balik ke papua aja :p wkkwwk

        aaaa ke kaki gunung merbabu cieee, salamin buat tangan gunungnya ya?

        ssssiiiip mbak aqied :3

      • aqied July 31, 2014 at 6:00 AM #

        Oooo gitu toh maksudnya. Kirain pernyataan dr menyimpukan.

        Janhan nyaranin aja napa. Kasi tiket gitu pasti aku langsung cus

      • febridwicahya August 1, 2014 at 1:52 PM #

        gilak ngasih tiket -_- dikiranya aku calo yang kelebihan duit kalik wkwk πŸ˜€

      • aqied August 2, 2014 at 10:00 AM #

        Oh, ternyata bukan ya?

      • febridwicahya August 2, 2014 at 9:46 PM #

        bukan dong mbak :” aku terlalu tampan buat jadi calo :3

  2. TIRS July 29, 2014 at 12:57 AM #

    Maaf lahir batin ya, mba Aqid. :))

    • aqied July 29, 2014 at 7:45 AM #

      Sama sama, Ta…
      Sejak kapan pake mba mba an?

      • TIRS July 29, 2014 at 3:00 PM #

        Haha.. sejak abis lebaran :p

      • aqied July 29, 2014 at 3:15 PM #

        Hahaha santai aja, Ta. Kalo gak biasa gak perlu dipaksain

      • TIRS July 29, 2014 at 8:01 PM #

        Ah enggak, itu pake Mba cuma iseng aja. Hahaha πŸ˜€

  3. masdjie July 29, 2014 at 8:24 AM #

    Lebaran di kaki gunung merbabu? Kenapa ndak di tangan atau kepala gunung merbabu mbak? πŸ˜€ hehe…

    • aqied July 29, 2014 at 2:36 PM #

      hahaha.
      kepala pundak lutut kaki ya

      • masdjie July 29, 2014 at 2:45 PM #

        Hahaha… Jadi ingat Masa orienasi waktu MTs dulu πŸ˜€

      • aqied July 29, 2014 at 3:16 PM #

        Akuuu ud gak inget

  4. masroh July 29, 2014 at 10:00 AM #

    ciie baju ijo tuh πŸ˜€

    • aqied July 29, 2014 at 2:36 PM #

      iya tuh baju ijo kutukan

      • masroh July 29, 2014 at 9:29 PM #

        haha tapi kereen kok kutukannya. btw kutukannya nyi aqid apa mbah aqid? wkwk

  5. Aulia Fitri July 29, 2014 at 2:26 PM #

    pemandangan untuk shalat ied-nya benar-benar menggugah hati ya, ada pohon-pohonya itu lagi πŸ™‚

    met lebaran lagi CHSA πŸ˜€

    • aqied July 29, 2014 at 2:35 PM #

      hihi namanya juga di gunung. keren lagi kalo pas gak mendung. jd merbabu nya gak ketutup awan.

      • Aulia Fitri July 29, 2014 at 3:13 PM #

        Nanti foto lagi yang gak ke tutup awan ya πŸ˜€

      • aqied July 29, 2014 at 3:14 PM #

        Belum tau kapan bakal ke sana lagi. πŸ˜‰

      • Aulia Fitri July 29, 2014 at 3:19 PM #

        yah, kecewa penonton hahaha

      • aqied July 29, 2014 at 3:20 PM #

        Sering sih moto merbabu n merapi. Tp kalo dari situ blm pernah

  6. jampang July 29, 2014 at 4:30 PM #

    wah… seru juga shalat dengan pemandangan kaya gitu

    saya belum bikin cerita lebaran tahun ini, tapi barusan posting kumpulan cerita tentang lebaran yang ada di blog saya πŸ˜€

    • aqied July 29, 2014 at 5:16 PM #

      Aku udah kesanaaa tpi belom baca tuntas semuanya. Hehe.

      Pemandangannya sih asyik cuma jamaahnya gak terlalu banyak. Gak tau kenapa kalo gak rame tuh kurang berasa hari raya nya. Hehe

  7. duniaely July 29, 2014 at 6:24 PM #

    Damai ya kalau sholat seperti di pemandangan atas πŸ™‚

    • aqied July 29, 2014 at 10:28 PM #

      Ditambah angin n udara dingin jd merinding, mb

      • duniaely July 29, 2014 at 11:47 PM #

        wah .. kukira nggak terlalu dingin di sana, ternyata dingin juga ya

      • aqied July 29, 2014 at 11:49 PM #

        Hihi. Iya. Pas gak ada matahari kemaren itu
        Tapi masih belum terlalu dingin dibanding desa2 yg lebih tinggi

      • duniaely July 29, 2014 at 11:51 PM #

        Pasti belum sampai minus ya? sedinginnya di sana tetep kalah dingin sama desa dongeng sini, bisa minus 16 Β° C:D

      • aqied July 29, 2014 at 11:54 PM #

        Iya. Negara tropis gak yg dinginnya minus mgkn di puncak2 gunung kali yaaa. Kalo smp desa nenekku minus mgkn aku gak brani ksana. Hihi

        Woooowwww kopi panas lgsg dingin ya mb

      • duniaely July 29, 2014 at 11:56 PM #

        bukan langsung dingin, beku boo hihihihi, itu ember di dalam garasi saja bisa beku berubah jadi es pas minus 16Β°C … kulkas dalam rumah kalah dinginya oiii πŸ˜€

      • aqied July 29, 2014 at 11:59 PM #

        Kalo ada coki-coki pasti ud langsung jd coklat batangan.
        *eh kenapa jadi bahas coki coki

      • duniaely July 30, 2014 at 12:01 AM #

        hihihi .. ketahuan ya pencinta coki coki? πŸ˜€

  8. chris13jkt July 29, 2014 at 9:22 PM #

    Asyik juga ya sembahyang di alam terbuka gitu. Rasanya jadi makin dekat sama Sang Pencipta

    • aqied July 29, 2014 at 10:26 PM #

      Ditambah anginnya dingin gitu jd merinding.
      Sejak sering maen aku suka sih tempet terbuka gitu. Pas sekolah asrama dulu suka manjat atap buat sunset lanjut shalat di sana. Hihi

  9. kekekenanga July 30, 2014 at 12:13 PM #

    Minal Aidin Walfaidin Aqied…
    wah enaknya punya kampung halaman…
    aku mau pulang kampung halaman tapi nggak tau halaman berapa euy hihiii

    • aqied July 31, 2014 at 5:56 AM #

      Met lebaran juga, Keke….
      Berarti lebaran di mana? Tapi asyik kan ngumpul sama keluarga lengkap. Gak kaya aku. Mencar2. Hehe.
      Coba cek di daftar isi, halaman berapa

      • kekekenanga July 31, 2014 at 1:37 PM #

        Di Bekasi trus pulang kota ke Jakarta hahaha..
        iya Alhamdulilllah lengkap semua, plus lengkap juga dengan pertanyaan “kapan nikah” -___-

  10. arulivan July 30, 2014 at 1:16 PM #

    Minal Aidin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin, salam kenal πŸ™‚

    Mbak aktif banget ya ngeblok, setiap kali ngunjungin blog yang bawaannya wordpress pasti ada mbak yang komen hhehe salam kenal sekali lagi mbak

    • aqied July 31, 2014 at 5:54 AM #

      Salam kenal juga,

      Itu sih kebetulan aja blog yg kmu baca pas yg aku tau/follow. Hehe. Aku masi labil koq ngeblog nya. Banyak yg lebih aktif n bagus

  11. Vinda Filazara July 31, 2014 at 4:54 AM #

    Teteh ayuuu nan anggun *uhuk*, minal aidzin wal faizin nggeh πŸ™‚
    Ngaturaken agungipun pangaksami kaliyan sedanten kalepatan πŸ˜€ zero2 yah ? Sudah banyak bikin makan ati sama kuda jingkrak selama ini , haha.
    Ayoooo ke Jember !

    • aqied July 31, 2014 at 5:52 AM #

      Keselek banget tuh habis bilang anggun. Hihihi
      Sama sama ya, Vin. Aku jg minta maaf. Santai aja yg bagian itu ud ku maafin. Aku kan pemaaf.
      *ditabok high heels

  12. ivanprakasa July 31, 2014 at 7:51 AM #

    Selamat hari raya Idul Fitri yah,… Mohon maaf lahir batin πŸ˜€

    • aqied July 31, 2014 at 10:38 AM #

      terimakasih, mas ivan

  13. Ditter July 31, 2014 at 11:44 AM #

    Kamu udah biasa naik berkendara sepeda motor jauh-jauh ya, Qied?

    Berhubung keluargaku yg lain di Jogja ini nonmuslim, jadi mereka yg datang ke rumahku. Supaya meriah, orangtuaku malah ngundang pemain organ tunggal, hehe…. Jadinya rame banget :))

    • aqied July 31, 2014 at 11:49 AM #

      Itu gak jauh, mas. 1,5 jam an aja. Paling jauh cm sampe Dieng. Sama sekali diisengin Bapak muterin boyolali-ketep-kopeng trus tembus salatiga.

      Rame banget ada organ tunggal segala. Mas Adit joget joget tuh mesti yaaa. Hahahaha

  14. Siro Gane July 31, 2014 at 6:24 PM #

    wehehe selamat lebaran yaaa
    btw masih dapat angpau gak nih :D?

    • aqied July 31, 2014 at 8:35 PM #

      Angpau nya dari perusahaan alias THR. Hehe

      • Siro Gane July 31, 2014 at 8:49 PM #

        wkwwk kirain dari mana, udah sepaket ya gk mungkin dapat lagi

        eh follow back wordpressku ya πŸ˜€

      • aqied August 2, 2014 at 10:09 AM #

        Sudah yaaaa

      • Siro Gane August 2, 2014 at 10:59 AM #

        makasih yaa kakk πŸ˜€

  15. Beby August 1, 2014 at 10:28 AM #

    Selamat Idul Fitri 1435 H..
    Mohon maaf lahir dan batin ya, Qiiiiied.. :*

    • rianamaku August 1, 2014 at 8:13 PM #

      Baby kangen…
      Wah lama ngak main oh iya
      Selamat hari raya Idul Fitri , Mohon maaf lahir batin.
      nanti kalau sudah aktif ngeblog lagi bakal mampir.

    • aqied August 2, 2014 at 9:57 AM #

      Sudah dimaafkan, Beb….
      Santai ajaaah. Hahahaha

  16. dyazafryan August 1, 2014 at 2:48 PM #

    Baru bisa mampir.. Minal aidin qied.. Duh keren ya solat menghadap gunung.. Hhihii.. Ini asik ada foto diri sendiri. Blog sebelah g ada foto dirinya. Wkwkwk

    • aqied August 2, 2014 at 10:01 AM #

      Emang blog kmu ada fotonya juga? Gak ada jugak kaaaannnn πŸ˜‰

      • dyazafryan August 2, 2014 at 11:11 AM #

        iya sih.. tapi kan enggak jalan2.. -_-

      • aqied August 2, 2014 at 11:27 AM #

        Semalam ke travel itu mau kemana?

      • dyazafryan August 2, 2014 at 11:28 AM #

        nganter temen pulang.. wkwkwk πŸ˜›

  17. rianamaku August 1, 2014 at 8:16 PM #

    Aqi…
    Selamat hari raya Idul Fitriya dan Mohon maaf lahir batin juga. rumah nenek Aqi keliahatan manis walau cuma sedikit yang kelihatan. Wah mendung juga ya di yogya kemarin juga mendung asyik untung ngak hujan..

    • aqied August 2, 2014 at 10:03 AM #

      Selamat idul fitri juga, mb Ria…
      Hehe kemaren lebaran cm foto2 dikit soalnya sakit. Tapi pernah aku posting sih fotonya beberapa. Nanti ku ublek2 dulu cari postingan kapan itu ya mb

  18. ferdiansyah30 August 1, 2014 at 9:40 PM #

    minal aizin wal faizin kak aqied :)) naek ke merbabu seru tuuh kayanya

    • aqied August 2, 2014 at 10:07 AM #

      Seru banget kayanya. Sayang sih aku belum pernah 😦

  19. BangKoor August 2, 2014 at 9:54 AM #

    Seru ye qied sholat id di lapangan begitu. Apalagi dengan suasana kaki gunung. Pasti beda banget. Aku nggak pernah sholat id di lapangan begitu soalnya..

    • aqied August 2, 2014 at 9:56 AM #

      Aku kalo shalat ied selalu di lapangan, mas. (Kecuali kalo hujan).
      Klo di Papua paling suka di Lapangan latihannya TNI. Hehe

      • BangKoor August 3, 2014 at 10:00 AM #

        Eh lupa, aku kalo sholah idul adha selalu di lapangan sih. Soalnya nggak pulang kampung. Sholatnya di pelataran kampus

  20. mhilal August 3, 2014 at 6:55 AM #

    Aihh, rumah itu bagus sekali. Seperti di jaman londo dulu :p

    • aqied August 3, 2014 at 10:21 PM #

      Wah koq tau jaman londo? Kalo aku sih belum lahir pas jaman londo.
      *dikeplak

      • mhilal August 4, 2014 at 5:37 PM #

        Di kampungku masih ada beberapa rumah mirip itu. orang jawa menyebutnya ‘omah gedong’. Tapi di sini tidak sebagus di foto itu. di sini cenderung kurang terawat.

      • uyyin August 12, 2014 at 7:48 PM #

        mb ampelny mna?sya jg loh.slm knal

Trackbacks/Pingbacks

  1. Idulfitri 1437 H | Cacatan Aqied - July 6, 2016

    […] diambil dari postingan Idul Fitri 1435 H dan 1436 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: