Gimana Caramu Move On?

20 Jul

Setelah seminggu gak ketemu, tiba tiba teman saya nanyain pertanyaan di judul itu ke saya.

image

Buka puasa dengan sebotol air

Saya sempat kaget dapat pertanyaan begitu. Masalahnya sejauh ini kami gak pernah bahas bahas yang nyerempet nyerempet seperti ini.

Saya sendiri juga gak yakin n gak tau cara saya buat move on dari sesuatu atau seseorang itu seperti apa. Berfikir keras dan gak bisa nemu jawaban yang meyakinkan. Akhirnya cuma bisa jawab dengan kebanyakan tips n trik yang pernah saya baca di beberapa blog aja.

Intinya sih rata-rata ya cari kesibukan yg positif. Ada yg nyaranin cari pengganti sesegera mungkin. Atau mikirin jelek jeleknya si masa lalu. Atau pergi melakukan perjalanan untuk lebih membuka mata. Well, mungkin tiap orang beda beda ya strategi move on nya. Mungkin juga tiap orang butuh waktu yang berbeda untuk benar-benar move on n let go. Jadi saya pun tetep gak bisa kasih jawaban yang pas dan sesuai dengan yang diperlukan teman saya itu.

Diantara obrolan itu, ada pertanyaan saya:

“Kamu 5 hari weekdays kemarin mikirin gak?”

Saya pikir, ada benarnya juga ketika otak kita mulai diisi dengan hal-hal lain, si masa lalu bakal berkurang porsinya buat jd beban pikiran. Mungkin aja sampai di masa nya nanti, porsinya makin lama makin hilang dan akhirnya move on sepenuhnya. Ini yang dimaksud move on dengan menyibukkan diri pada hal hal positif. Meski saya pun tidak yakin apakah selalu benar-benar berhasil pada tiap orang atau tidak.

Dengan segala keraguan saya itu, perbincangan kami tidak menemukan kesimpulan yang jelas. Yang ada, malah tanpa terencana kami sepakat untuk menjauh sejenak dari kota Jogja dan buka puasa di Embung Nglanggeran, salah satu embung di dekat Gunung Api Purba, sekitar 30 menit dari tempat tinggal saya di Kota Jogja. Namanya tanpa rencana, menu buka puasanya cuma air minum yg dibeli se lewat nya warung. Hingga saat makan malam dengan 2 porsi sate kambing sepulang dari Nglanggeran, kami sudah tidak lagi membahas hal itu. Tidak pula terlihat teman saya ini se galau sebelumnya.

image

Embung Nglanggeran, foto stok lama

Namun dalam hati saya masih belum terjawab pertanyaannya tadi sore.

“Bagaimana caramu move on?”

image

Malam di Embung Nglanggeran


*playlist:
Moving On – Andien
Terlatih Patah Hati – The Rain feat Endank Soekamti

74 Responses to “Gimana Caramu Move On?”

  1. duniaely July 20, 2014 at 5:33 AM #

    Mungkin bisa dibaca di sini agar cepat move on πŸ™‚

    http://duniaely.com/2013/10/02/6-tips-agar-cepat-move-on/

    • dyazafryan July 20, 2014 at 9:32 AM #

      tuh qied.. mbak el udah ngasih tips.. kamu mau move on dari apa sih. sebenarnya?

      • aqied July 20, 2014 at 12:18 PM #

        iya yaz. aku ud baca.
        move on dari (si) apa yaaaa. mmmmm kenapa nanyain? koq kamu pengen tau?

      • dyazafryan July 20, 2014 at 12:24 PM #

        aku g pengen tau kok… aku kan cowok cuek..
        tadi itu adminku yang nulis..

      • aqied July 20, 2014 at 12:36 PM #

        Berarti admin kamu ya yang pengen tau? πŸ™‚

      • dyazafryan July 20, 2014 at 3:25 PM #

        iyah nih.. adminku jomblo πŸ˜€

      • aqied July 20, 2014 at 3:28 PM #

        Adminnya jomblo yg punya blog jomblo gak?

      • dyazafryan July 20, 2014 at 3:49 PM #

        enggak dong πŸ˜›

      • aqied July 20, 2014 at 3:52 PM #

        Adminyya cakep gak?

      • dyazafryan July 21, 2014 at 11:18 AM #

        lumayan, tapi g lebih dari aku…

      • aqied July 21, 2014 at 12:25 PM #

        Gak lebih jelek. Brati cakepan dia ya?

      • dyazafryan July 21, 2014 at 12:27 PM #

        ya bisa aja gitu.. -_-

    • aqied July 20, 2014 at 12:17 PM #

      waaaah makasih mb El….
      aku udah kesanaa. hehe.

      • duniaely July 20, 2014 at 1:43 PM #

        YW πŸ™‚

  2. Dede Ruslan July 20, 2014 at 6:10 AM #

    semoa bisa cepet move on πŸ™‚
    eh bener tuh lagunya andien emg pas bgt pas lagi pengen move on

    • aqied July 20, 2014 at 12:19 PM #

      temen aku itu playlist nya jd cuma dua lagu itu aja terus loh. ckckckck

  3. jampang July 20, 2014 at 6:37 AM #

    move dulu…. dan terus on

    πŸ˜€

    • aqied July 20, 2014 at 12:19 PM #

      hihihi. iya musti move dulu trus gak off ya
      *apa sih ini

  4. Beby July 20, 2014 at 7:06 AM #

    Cara ku move on adalah memaafkannya.. πŸ˜€

    • aqied July 20, 2014 at 12:20 PM #

      kalo dia nya gak ada salah, beb?

      • Beby July 20, 2014 at 3:40 PM #

        Bukan hanya memaafkan dia, tapi juga memaafkan diri sendiri..

        *sok bijak banget
        *cuih

      • aqied July 20, 2014 at 3:51 PM #

        Iyaa beb. Hihi sok bijak drpd sok kampret

      • Beby July 20, 2014 at 4:17 PM #

        Aku uda ngga benci sama Kampret.. Aku mengikhlaskan semuanya..

        *tanda-tanda bahaya
        *kalok aku uda ngomong kek gini

      • aqied July 20, 2014 at 5:37 PM #

        Duh. Aku gak ad hubungannya sama kampret yg itu. πŸ™‚

  5. Agung Rangga July 20, 2014 at 7:22 AM #

    benar tuh, coba saja menyibukkan diri dengan hal baru, lama kelamaan juga move on sendiri. πŸ˜‰

    • aqied July 20, 2014 at 12:21 PM #

      iya. aku juga bilang begitu. cuma ya akhirnya di weekend atau saat saat nganggur, masih mikirin n merana merana lagi gitu lah katanya

  6. mawi wijna July 20, 2014 at 7:35 AM #

    Yang jelas, membenamkan diri di Embung Nglanggeran itu tidak termasuk cara untuk move on Qied. #eh

    Buat saya, move on itu berat, karena move on mesti ikhlas dan ikhlas itu berat apalagi ditambah mesti harus sabar.

    Oleh sebab itu, di manakah dirimu beli 2 porsi sate kambing yang menjadi akhir kebimbangan kalian itu? #eh

    • aqied July 20, 2014 at 12:25 PM #

      hahahahahaaaaa kalo aku galau emang harus makan banyak sih. eh
      berhubung semalam tuh malam minggu, jd aku males kemana2 yg jauh. so nyate kambing di lapangan karang kotagede ajeh.

      di tangga naik embung ud ada larangan nyebur koq, mas. jd walopun mau nyebur, paling ud ditangkap duluan sebelum kesampean

  7. Iqbal July 20, 2014 at 7:51 AM #

    You just need time to see where you wanna be πŸ™‚

    • aqied July 20, 2014 at 12:26 PM #

      iya. butuh waktu ya. thks

  8. dyazafryan July 20, 2014 at 9:33 AM #

    aku gimana ya? cari gebetan aja yang banyak2 πŸ˜€

    • aqied July 20, 2014 at 12:27 PM #

      jangan jangan kamu suka kode2in aku juga ya?
      sayangnya aku gak pernah peka

      *ditabok.dyaz

      • dyazafryan July 20, 2014 at 12:29 PM #

        kamu geer kali… huh!!

      • aqied July 20, 2014 at 12:35 PM #

        Bagus deh kalo enggak. Aku jd gak perlu merasa bersalag karena gak peka. πŸ™‚

      • dyazafryan July 20, 2014 at 3:25 PM #

        hihihih.. dasar g peka!

      • aqied July 20, 2014 at 3:28 PM #

        Tuh kan tuh kan.
        Tadi bilang GR skrg bilang gak peka

      • dyazafryan July 20, 2014 at 3:49 PM #

        aku emang g jelas 😦

      • aqied July 20, 2014 at 3:52 PM #

        Diperjelas pke kaca pembesar

      • dyazafryan July 21, 2014 at 11:18 AM #

        pake kaca spioon.. πŸ˜€

  9. ysalma July 20, 2014 at 9:49 AM #

    berdamai dengan diri sendiri πŸ™‚

    • aqied July 20, 2014 at 12:28 PM #

      ikhlas dan memaafkan diri.sendiri ya.mb?

  10. BangKoor July 20, 2014 at 10:14 AM #

    Hmm.. sulit nih. Aku nggak pernah ngadepin sesuatu yang harus segera move on sih qied
    *sombongnyah ini cowok

    Nggak juga sih. Kalo yang dimaksud itu move on dari masalah “hati”, aku emang belum pernah punya masalah.
    Tapi aku sering punya masalah di ujian kuliah. Kadang aku sukaaa banget sama 1 mata kuliah, berharap tinggi bisa naklukin itu mata kuliah, belajar mati-matian, tapi tiba-tiba hasilnya nggak sesuai yang diharapkan. Itu sakit..

    Kalo udah begitu, rasanya kyk putus cinta..
    *padahal belum pernah ngerasain putus cinta
    tidur nggak enak, makan nggak enak, ngapa2in nggak enaak..

    Biasanya sih aku bengong aja. Merenung sambil liat sesuatu yang tenang, ditemenin minuman dan camilan ringan.

    Tapi tetep aja sulit move on..

    • aqied July 20, 2014 at 12:32 PM #

      nah kaaan. samaaa mas. aku juga gak pernag ngerasain kudu move on yg gimana gimana sama masalah hati. makanya begitu ditanya gitu aku berfikir keras n gak nemu jawabannya.
      lah gimana aku blm pernah ngerasain koq.

      waaa susah move on dr mata kuliah. mahasiswa berdedikasi sekaliii. kalo aku susah move on dr tempay cakep. hihi.
      kaya tahun lalu begitu pulang dari Kab. Raja Ampat (padahal cm sampe emper aja), hampir setahun aku gak mau ke pantai. semacam ud di set di kepala kalo pantai di jawa gak ad yg cakep.
      eeeeh akhirnya move on deh begitu nemu pantai pantai kerrreeeen di jawa timur. trus lanjut ke lampung.

      hmmm soal menenangkan diri aku suka nya sih minum teh poci atau sesekali ngopi malem malem gitu sambil lihat bintang dan bulan.
      *halah

      • BangKoor July 21, 2014 at 6:31 AM #

        itu pantai yang di lampung pahawang bukan qied?

      • aqied July 21, 2014 at 12:27 PM #

        Iyap. Pahawang dan pulau2 kecil di sekitarnya.
        Kalau jawa timur, pantai2 di TN Meru Betiri. Rasanya kaya ketampar aja gitu selama ini gak percaya ad pantai bagus di Jawa

  11. rianamaku July 20, 2014 at 10:15 AM #

    Wah kalau aku move on memang susah..
    aku juga pernah bikin post tentang ini ya nyerempet dikit lah, yang terpenting niat dari diri.
    coba baca ini ya..
    http://rianamaku.wordpress.com/2014/06/22/ingat-mantan/

    • aqied July 20, 2014 at 12:34 PM #

      tiap orang beda beda ya mb, move on nya.
      beda beda juga kenangannya soalnya kan

  12. ferdiansyah30 July 20, 2014 at 2:55 PM #

    Move on kan gak harus punya yang baru *ApasihGue*

    • aqied July 20, 2014 at 2:57 PM #

      iya bener. tapi ud gak terpenjara sama kenangan masa lalu.
      *makin apaan sih aku

  13. pinkvnie July 20, 2014 at 3:14 PM #

    Cara di atas sama mba kayak cara saya ingin move on … smua butuh waktu tapi jgn lama2 … πŸ˜€

    • aqied July 20, 2014 at 3:27 PM #

      Boleh cerita donk gimana sampe akhirnya move kn seutuhnya

      • pinkvnie July 20, 2014 at 11:41 PM #

        πŸ˜€
        Dulu saya paling gampang tuk move on dlm wkt singkat dgn melakukan kegiatan2 spt di cerita, tp sayang kali ini saya gagal move on walau sdh ngelakuin kegiatan yg sama. “eh curcol” πŸ˜€

      • pinkvnie July 20, 2014 at 11:41 PM #

        πŸ˜€
        Dulu saya paling gampang tuk move on dlm wkt singkat dgn melakukan kegiatan2 spt di cerita, tp sayang kali ini saya gagal move on walau sdh ngelakuin kegiatan yg sama. “eh curcol” πŸ˜€

      • pinkvnie July 20, 2014 at 11:41 PM #

        πŸ˜€
        Dulu saya paling gampang tuk move on dlm wkt singkat dgn melakukan kegiatan2 spt di cerita, tp sayang kali ini saya gagal move on walau sdh ngelakuin kegiatan yg sama. “eh curcol” πŸ˜€

  14. ALVI ALEVI July 20, 2014 at 5:29 PM #

    Hahaha.. Galau deh..
    Udah aku bilang move on itu gak perlu.. Cukup jalani dengan senyum aja..
    hahaha..

    • aqied July 20, 2014 at 5:37 PM #

      Hehehehehe aku gak lagi move on dr apa apa atau siapa siapa sih. Jd bingung tetiba ditanyain gitu sama temen.

      • ALVI ALEVI July 21, 2014 at 5:38 AM #

        Aaa, eang benel? Wkwkwk..

      • aqied July 21, 2014 at 12:25 PM #

        Ciyus

  15. nyonyasepatu July 20, 2014 at 6:40 PM #

    Cari pacar baru dong hihi

    • aqied July 21, 2014 at 1:21 PM #

      pacar baru yg satu untuk selamanya donk aku mauuk

      • nyonyasepatu July 21, 2014 at 1:45 PM #

        hahaha wah itu nyarinya pake proses dong. proses putus dan dapat pacar baru lagi πŸ™‚

  16. Richo A. Nogroho July 20, 2014 at 9:10 PM #

    itu yang di tepi pagar Embung Nglanggeran teman mbak yang tanya cara move on yah?, hihi. kalau tidak, berarti fotonya saja yang mendukung :D.
    yah benar, mbak, cari kesibukan lain, kalau dipikir terus malah susah move on, apalagi kalau yang dipikirkan tidak sejalan dan hanya menghambat produktivitas kita πŸ˜€

    • aqied July 21, 2014 at 1:22 PM #

      itu akuuuuu. hihi. motonya dari belakang sih gak keliatan kalo lagi ketawa. hihi.

      iya otaknya diisi yang lain ya biar gak penuh sama itu itu doank

  17. duniaely July 20, 2014 at 10:10 PM #

    Yang pasti move on itu butuh waktu πŸ™‚

    • aqied July 22, 2014 at 11:46 PM #

      iya, mb. butuh waktu yg gak bisa disamain tiap orang

  18. Vinda Filazara July 21, 2014 at 1:05 AM #

    Yaps. Butuh waktu, juga proses.
    Mungkin bisa juga berjauhan dulu dengan (si)apa2 yang berhubungan dengan si doi. Apapun itu. Berat sih, tapi kudu.
    Menurutku loh teh ..

    • aqied July 22, 2014 at 11:45 PM #

      iya kali ya Vin. gak bisa instan. cuma waktu dan proses tiap orang beda beda.

      • Vinda Filazara July 23, 2014 at 4:32 AM #

        Sip πŸ™‚

  19. angkisland July 21, 2014 at 9:42 PM #

    hehehe…ayo mbak move on inget Allah lebih dekat sama Allah…Allah yg kasih move on Allah yg kasih Cinta semangat mbak…temukan cahaya baru…

    • aqied July 21, 2014 at 10:40 PM #

      Hehehe. Bukan saya sih, mas. Itu teman saya.
      Terimakasih reminder nya. πŸ˜‰

  20. danirachmat July 22, 2014 at 8:38 AM #

    Ga pernah harus move on Qied. Eh apa yang SMA dulu termasuk ya? Cukup sadar diri aja kalo gak nyucuk dulu itu sih. Hahaha.

    • aqied July 22, 2014 at 1:05 PM #

      nah aku jg heran n gak bisa jawab pas ditanyain temenku gitu. gak berpengalaman move on yg gimana gimana sih.

  21. Roy Saputra July 22, 2014 at 8:54 PM #

    seringnya, cara untuk move on hati itu harus move on secara fisik alias bepergian πŸ™‚

    • aqied July 22, 2014 at 11:59 PM #

      buat sebagian orang ada yg gitu ya Kak.
      yang saya bilang di posting aymtas, ad yg move on dengan melakukan perjalanan.

Leave a Reply

