#CHSA: Lebaran Su Dekat

20 Jul

Buat yang belum tau, #CHSA itu singkatan dari Cacatan Hari Senin Aqied, yang publish perdana senin minggu lalu. Isinya sih suka suka saya aja. Intinya say hai to monday seperti yang sudah sudah.

Senin ini senin terakhir ngantor di bulan Ramadhan. Alhamdulillah berarti libur kian dekat. Tapi sedih juga pake banget. Kenapa?
Karna kenapa Ramadhan cepat banget berlalu sementara saya belum ngapa-ngapain sepanjang bulan istimewa ini. *menangis, kmudian ngumpet di mesin waktu doraemon.

Lebaran kali ini berbeda dengan tahun lalu. Di tanggal segini tahun lalu, saya sedang ribut kelimpungan ubah rute dan jadwal pesawat karna rencana saya berubah total. Dari yang tadinya diniatkan berangkat dari Surabaya, harus diubah jadi berangkat dari Yogyakarta. Alhamdulillah penerbangan ke luar jawa cukup mudah meski harus nambah harga yang lumayan buat bayar listrik satu tahun.

image

Kangen Lautnya Papua

Tahun ini, saya gak ke Papua seperti tahun lalu. Tidak bisa menikmati lebaran meriah dan menyenangkan di sana. Bagaimana tidak menyenangkan, dengan mayoritas penduduk muslim adalah pendatang, lebaran jadi menarik dan mengenyangkan.
Silahkan sesekali main di Kota Sorong, Papua Barat saat lebaran. Setiap rumah menyajikan makanan khas daerah masing-masing. Bertamu di pendatang asal Palembang, akan disapa dengan pempek. Ke  orang Jawa ada ketupat dan opor. Ke orang Bugis ada buras dan coto makassar, bisa juga pisang ijo, pisang epek, atau lainnya. Ke orang Ambon bisa disuguhi papeda. Indah sekali, bukan? Wisata kuliner keliling Indonesia tersaji dalam paket lengkap bernama Lebaran Idul Fitri.

Tentu saya juga yang tidak selalu berharap dapat suguhan seperti itu terus. Jadi kalau kemudian saat berkunjung bisa dapat itu semua, rasanya sangat bahagia.

image

Bakar ikan. Ikan laut di sana fresh banget

Selain makanannya, kekerabatan saat lebaran terasa sekali. Di rumah orang tua saya, tamu tak berhenti bahkan bisa hingga seminggu. Berbeda dengan lebaran yang saya rasakan di jawa. Kebanyakan silaturrahim hanya ke tetangga terdekat dan yang masih memiliki ikatan keluarga saja. Jarang saya temukan kunjungan silaturrahim dari rekan kerja, rekan satu pengajian, rombongan murid ke guru-guru nya, atau bahkan sekedar kenalan saja.

Tidak jarang juga tamu-tamu cilik yang datang. Ada lucunya juga ketika mereka kemudian sibuk membahas hasil studi banding hidangan tiap rumah yang mereka kunjungi ramai-ramai. Ada juga anak-anak yang mungkin tidak kami kenal, datang berombongan mengelilingi kompleks perumahan. Sudah tentu mengumpulkan apa yang biasa disajikan tiap rumah. Terutama yang bisa mereka bawa pulang seperti softdrink kalengan, kotak, atau gelas. Atau snack-snack yang berbungkus. Pendapatannya tentu cukup banyak melihat dari kantong plastik yang mereka tenteng.

Ah ramai sekali…

Saat shalat eid adalah momen paling bahagia dan mengharukan bagi saya. Papua Barat, ujung timur negri ini, dapat mengumpulkan jamaah ribuan banyaknya di beberapa titik. Lapangan Batalyon TNI Yonif 752, tempat favorit saya untuk sholat Eid, kerap tak cukup menampung jamaah. Tak peduli saat lapangan becek atau panas terik, jamaah tetap khusyu’ dalam syahdunya Idul Fitri. Tak cukup di lapangan, ada yang tersebar hingga ke jalan, hingga yang di emper bangunan bangunan sekitar lapangan.

image

Lapangan Batalyon Yonif 752

Lebaran kali ini, mungkin akan sangat berbeda dengan yang saya tulis itu. Saya tdk berada di Papua 1 syawal besok. Saya akan kembali seperti tahun-tahun sebelumnya. Shalat Eid berkawan hawa dingin di kaki gunung merbabu. Menikmati sajian makanan khas kampung, berkirim ucapan lebaran, dan mungkin menghadapi beberapa pertanyaan kepo.

image

Hello Merapi dan Merbabu

Advertisements

36 Responses to “#CHSA: Lebaran Su Dekat”

  1. febriy July 21, 2014 at 1:46 AM #

    bisa gitu y, kayak di TMII… beda rumah beda masakan… bisa dibayangkan gimana rasanya, makan gratis yg paling menyenangkan & mengenyangkan… hhe

    • aqied July 21, 2014 at 7:06 PM #

      hihihi iya seru. jd tau makanan2 khas tiap daerah. tapi gak yg ngarep terus juga sih. tiap rumah kan beda beda ada yg kue2 aja.

  2. jampang July 21, 2014 at 4:45 AM #

    wah… mantap banget di sana lebarannya ya. sekali jalan bisa cicipin banyak masakan dari daerah yang berbeda

    • aqied July 21, 2014 at 7:08 PM #

      iyaaaa. jd pas kecil dulu udah tau n udah nyicipin macam2 makanan daerah.
      tapi kalo di rumahku sih gak bikin apa apa. standar aja kue2 lebaran gitu. hihi

  3. BangKoor July 21, 2014 at 6:36 AM #

    Emang kampung halamanmu sebenrnya dimana qied?

    • aqied July 21, 2014 at 12:28 PM #

      Rumit. KTP ku skrg di kaki gunung merbabu, tempat nenek aku. Tp ortu aku skrg di Sorong Papua

      • BangKoor July 23, 2014 at 7:26 AM #

        Kalo gitu mah kampungnya tetep di sorong atuh

  4. ALVI ALEVI July 21, 2014 at 8:27 AM #

    Main yuk nanti.. Aku lebaran ke Jogja..

    • aqied July 21, 2014 at 9:43 AM #

      Boleh boleh boleh. Tapi tempetmu jauh juga men

  5. Agung Rangga July 21, 2014 at 8:57 AM #

    seru banget ya lebaran di papua. kok lebih terasa gitu kedekatan dan silaturahimnya. ๐Ÿ˜€

    • aqied July 21, 2014 at 9:15 AM #

      Mungkin karna sama sama rantau. Sama sama orang jauh kebanyakannya. Hihi. Tamu2 gak selalu muslim juga.
      Natal juga rame. Pohon2 natal nya bagus bagus pada bikin di depan rumah.

      • 300lembar July 21, 2014 at 9:43 AM #

        Oh ya, tempatku juga tuh (Samarinda, Kalimantan Timur). Biasanya anak-anak Tator (Tana Toraja –> kristen) turun gunung biar dapet duit juga. Weleh.

  6. 300lembar July 21, 2014 at 9:07 AM #

    Wah, rame.

    • aqied July 21, 2014 at 7:09 PM #

      walopun muslimnya gak se mayoritas di jawa tapi emang rame banget

  7. Siro Gane July 21, 2014 at 12:54 PM #

    waaah kampung halamannya indah yaa,.
    btw sudah dapat THR belum nih ๐Ÿ˜€ bagi-bagi laaa

    • aqied July 21, 2014 at 7:10 PM #

      hehehehe
      padahal kalo di sana ya status kami pendatang juga.
      asik emang.
      THR ud turun dari tanggal 11 lalu. gajian nih masih nunggu.
      *eh

      • Siro Gane July 21, 2014 at 9:27 PM #

        Hehehe waah seru yaa. Bagi bagi thrnyaa laah

  8. araaminoe July 21, 2014 at 12:57 PM #

    Feels your life’s full of exciting journey ya mbak…
    *ngiri nie… he he he

    • aqied July 21, 2014 at 8:44 PM #

      get yours, asmie

  9. Wewe July 21, 2014 at 2:07 PM #

    Pasti ngerasa beda banget saat berlebaran kali ini ya mbak

    • aqied July 21, 2014 at 10:04 PM #

      iya tiap lebaran di jawa, slalu kangen lebaran di sorong, papua

  10. arip July 21, 2014 at 2:27 PM #

    Rame juga ya lebaran di belahan paling timur Indonesia.

    • aqied July 21, 2014 at 10:32 PM #

      hihihi. iya seru. mgkn karna muslimnya lumayan banyak juga

  11. bebyrischka July 21, 2014 at 3:15 PM #

    Main ke Medan donk, Qiiiied.. :* Nanti kita bisa ke Tongging, Bukit Lawang, Samosir, dll deh.. Aku jugak sedih soalnya taun depan ngga bisa lebaran di Medan.. Ihik ihik

    • aqied July 21, 2014 at 10:35 PM #

      pengennya sih….
      doakan suatu saat nanti kesampaian yaaa

  12. Ditter July 21, 2014 at 9:58 PM #

    Woh ya ampun, seru banget suasana lebaran di Sorong sana…. :O

    Benar-benar damai dan meriah, ya…. Pasti ngangenin banget…. :’)

    • aqied July 21, 2014 at 10:37 PM #

      hihi. iya mas
      seru rame n kerasaaa banget sampe berhari hari.

  13. Dunia Ely July 22, 2014 at 1:30 AM #

    Baru tahu nih suasana lebaran di Papua sana ๐Ÿ™‚

    • aqied July 22, 2014 at 12:58 PM #

      itu kalo yg di daerahku aja sih, mb. gak tau kalau papua yang lain.
      kalo di jerman gimana, mb?

  14. danirachmat July 22, 2014 at 8:23 AM #

    Merinding dan mata berkaca-kaca baca postingan ini Aqiiied. Hiks.

    • aqied July 22, 2014 at 12:59 PM #

      duh mas Dani. aku gak maksud loh.
      lebaran di mana tahun ini, mas?

      • danirachmat July 23, 2014 at 3:55 PM #

        InsyaAllah di Surabaya seperti tahun lalu. ๐Ÿ™‚

  15. 3 di bumi July 22, 2014 at 11:35 AM #

    Aqied rumahnya di Papua ?
    mauuu ikut hehehe

    • aqied July 22, 2014 at 1:00 PM #

      rumah ortu sih yang di papua. hehe tahun ini aku gak kesana ;(
      ayooo mbaa explore papua. kalo ke raja ampat mampiir

  16. ochimkediri July 23, 2014 at 12:24 PM #

    wah enak iku iso njajal masakan nusantara ๐Ÿ˜›

    • aqied July 23, 2014 at 2:36 PM #

      hihihi iyaaaa. seruuuu. musti siapin perut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: