Pulau Kelagian, Mau Lagi dan Lagi

9 Jul
pertama nyampe. bawaannya masih rempong

pertama nyampe. bawaannya masih rempong

Entah apa asal mula nama Pulau Kelagian yang terletak di Lampung Selatan ini. Tapi bagi saya, sempat mencicip satu malam di Pulau cantik ini, bikin saya KEtagihan pingin kesana LAGI dAN lagi (perhatikan huruf yang capslock).

Pulau Kelagian, saya bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan saya mengagumi pulau ini. Kelagian menjadi tempat saya tinggal (meski hanya semalam) untuk menemukan bahwa Indonesia Barat pun punya laut yang indah.

Pulau Kelagian. masih takut gosong?

Pulau Kelagian. masih takut gosong?

Pasir putih dan lembut seperti bedak, membuat saya tak ingin sering-sering menggunakan alas kaki di pulau ini. Ditambah air lautnya yang begitu jernih, membuat saya tak perlu ragu ragu bermain air.

SAMSUNG CSC

Di siang hari, terutama jika hari libur, ada permainan-permainan pantai seperti banana boat, atau kapal kapal an (gak tau namanya). Atau mungkin akan lebih menarik untuk berkeliling ke pulau-pulau lain di sekitar seperti Pahawang, Pahawang Kecil, Maitem, Tegal, Tanjung Putus, de el el dengan menyewa snorkel gear. Silahkan cari tau sendiri kenapa perlu snorkeling di Pahawang.

pahawang kecil

pahawang kecil

boong kalo bilang gak pengen nyemplung

boong kalo bilang gak pengen nyemplung

Keasyikan snorkeling jangan sampai membuat terlambat pulang, karena Pantai di Pulau ini menghadap ke barat. Tentu menjadi pesona sendiri, karena berarti Matahari akan langsung berpamitan pada kita dengan caranya yang selalu indah.

cuma bisa motoin ;(

cuma bisa motoin ;(

Ketika malam , desir angin dan suara ombak akan menjadi lagu nina bobo yang mengantar tidur kita. Tak lupa langit dengan taburan bintangnya. Tak perlu buru-buru tidur, mungkin bisa bersantai sejenak di dermaga kecil, memancing, atau menanti bintang jatuh (leebaay).

percaya deh, aslinya jauuuh lebih keren

percaya deh, aslinya jauuuh lebih keren

Untuk menginap di Pulau Kelagian ini, tak perlu khawatir. Ada penginapan kecil dengan fasilitas kasur dan kamar mandi (saya lupa harganya). Atau jika ingin mendirikan tenda, juga tak masalah (mungkin ada biayanya juga tp tidak mahal). Listrik bisa dianggap cukup meski hanya hidup di malam hari. Tak perlu takut kelaparan, karena warung makan dengan aneka makanan, kopi, mie instan tersedia. Tak perlu takut untuk urusan MCK karena cukup tersedia toilet, kamar mandi, dan air tawar untuk menjawab panggilan alam.

duduk galau pagi-pagi. masih muka bantal

duduk galau pagi-pagi. masih muka bantal

Dan ketika pagi datang, tentu sudah cukup siap untuk menyambut mentari dengan suka cita.

Pagi di Kelagian

Pagi di Kelagian

 

*Pulau Kelagian terletak di Kab Pesawaran, Lampung Selatan. Sekitar 20 menit menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Ketapang

*Untuk mencapai Pulau Kelagian, dari Jakarta menggunakan Bus ke Pelabuhan Merak ( Rp, 25,000), Ferry hingga Bakaheuni (Rp 13,000). Dari Pelabuhan bisa menggunakan mobil carter ke Pelabuhan Ketapang dan minta diarahkan ke kapal-kapal yang menuju Pahawang. Sewa kapal untuk minta diantarkan ke Pulau Kelagian.

*harga normal per Juni 2014, harga sewa kapal untuk seharian (keliling spot snorkel dan pulau-pulau sekitar) Rp. 500,000 dengan kapasitas 15 orang. Fasilitas: Life jacket. Snorkel Gear bisa disewa juga sekalian seharga Rp. 90,000/set hingga 2 hari. (harga mungkin ada yang berbeda atau berubah).

Advertisements

68 Responses to “Pulau Kelagian, Mau Lagi dan Lagi”

  1. Beby July 9, 2014 at 10:29 PM #

    Masukin liiiiist.. πŸ˜€
    Tapi kalo datengnya sendirian cumak sehari dua hari aja ah.. πŸ˜›

    • aqied July 10, 2014 at 12:28 AM #

      kayanya cukup koq, Beb.
      tar bagun tidur, sarapan, snorkel n keliling2 pulau2 sekita seharian, sore pulang. besok gitu lagi

      • Beby July 10, 2014 at 1:46 AM #

        Ya karena lebih ngerasa sepi karena kangen sama kalian sik.. πŸ˜›
        *trus pamer poto*

      • aqied July 10, 2014 at 1:53 AM #

        Seret donk orang2 terdekat. Cuma 2 hari inih. Aku aja bisa ke situ di tengah 40 jam kerja dlm seminggu

      • Beby July 10, 2014 at 6:49 AM #

        Yang mau diseret ngga jadi resign. Huhuhuhu.. *nangis bombay* *curhat colongan*

        Mungkin bisa sih melipir ke situ.. Paksain cuti! Wkwkwk..

      • dyazafryan July 10, 2014 at 11:32 AM #

        kalo 4 hari sih bisaa.. πŸ˜›
        hihihihi

      • aqied July 11, 2014 at 9:53 AM #

        Asal pengajuannya sebulan sebelumnya yaa

      • dyazafryan July 11, 2014 at 10:21 AM #

        hahaha.. iya πŸ˜€ tau aja

      • aqied July 11, 2014 at 10:47 AM #

        Kamu pernah ngomooong!!!
        *pelupa ih

      • dyazafryan July 11, 2014 at 11:01 AM #

        iyah yah.. πŸ˜›

      • Beby July 10, 2014 at 11:45 AM #

        Asiiiiik.. πŸ˜€ *mendadak bahagia kembali*

        Aqied ikutan lagi nyok! :*

      • Beby July 11, 2014 at 10:29 AM #

        Diiiih.. Ngga asik banget deh.. -_-
        Kasian kali aku yang pengangguran sendirian..

      • aqied July 11, 2014 at 10:46 AM #

        Plan nya dari sebulan sebelumnya gituuuh maksudnyaaaa.
        Atau ke Kiluan. Renang bareng lumba lumba. Hihi

      • Beby July 11, 2014 at 10:50 AM #

        Trus aku dibawa kabur sama lumba-lumbanya.. Dikira kekasih yang hilang kemudian berevolusi.. -_-

      • aqied July 11, 2014 at 10:55 AM #

        Trus tinggal bareng dewa neptunus

      • Beby July 11, 2014 at 11:17 AM #

        Kalian berdua ngomong apaaaa???
        Punya rahasia apaaaa???

        *kepo dan ngerusuh*

      • aqied July 11, 2014 at 11:25 AM #

        Omongan orang dewasa!

      • Beby July 11, 2014 at 11:18 AM #

        Maunya sih tinggal bareng sama kamu.. :*

      • aqied July 11, 2014 at 11:28 AM #

        Kamh refers ke siapa nih?

      • Beby July 11, 2014 at 11:54 AM #

        Omongan sesama buruh? -_-

        Diskriminasiiiii..

      • Beby July 11, 2014 at 11:54 AM #

        Refers tooooooo.. *nunjukin*

  2. pinkvnie July 9, 2014 at 11:30 PM #

    Bersih banget mba pantainya …
    Itu 500000 per org or per15 org mba?

    • aqied July 10, 2014 at 12:27 AM #

      itu harga sewa kapalnya koq, kak.
      gak dihitung perorangnya.
      gak cuma buat nyebrang, tp harga
      buat keliling keliling sekalian.

  3. Richo A. Nogroho July 10, 2014 at 1:34 AM #

    Mbaaaak, gambarnya kok nggak keliahatan?, saya buka satu-satu juga nggak bisa, apa sudah terhapus?

    • aqied July 10, 2014 at 1:37 AM #

      nggak kooq. aku buka masi muncul. itu yg komen di atas juga bisa lihat gambarnya. duh kenapa ya?

  4. ysalma July 10, 2014 at 4:37 AM #

    Pulaunya tenang banget kelihatannya ya Qied,
    duh jadi pengen ke Lampung nyamperin nih pulau.

    • aqied July 11, 2014 at 8:16 AM #

      Iya pas itu sabtu siang lumayan sepi. Tp emang jenis pantainya tenang. Gak yg berombak2 gede kaya pantai selatan ;p

  5. jampang July 10, 2014 at 5:56 AM #

    πŸ˜€

    nama pulaunya lucu

    • aqied July 11, 2014 at 8:15 AM #

      Hihi iya ya. Ga tau sih aslinya kenapa dinamain gitu

  6. Eka Azzahra July 10, 2014 at 7:38 AM #

    MasyaAllah indahnya, tapi kalo dari Riau ke Lampung lumayan jauh juga yaaa…

    • aqied July 11, 2014 at 8:48 AM #

      Hihi iya ya. Lumayan jauh. Lebih jauh daripada jarak Jogja ke Lampung

      • Eka Azzahra July 12, 2014 at 4:26 AM #

        waduh *glek ! huakakakkakakkakakakka *garukgarukpala

  7. masdjie July 10, 2014 at 7:46 AM #

    Saya juga KELAGIAN mbak kesini, mampir bentar. Memastikan kabar mbak Aqied baik-baik saja.. *Sok perhatian rek… πŸ˜€

    Salam silaturrahim dari Madura mbak.. πŸ˜‰

    • aqied July 11, 2014 at 9:24 AM #

      Hehehe padahal di sini absurd absurd postingannya n sering gak di update juga.
      Makasih ya, mas

      • masdjie July 11, 2014 at 9:47 AM #

        Sama-sama mbak,, selanjutnya saya menundang mbak Aqid berkunjung dan mencipratkan ludahnya di tulisan terbaru saya hari ini πŸ˜€ *berharap mendapat banyak ilmu dari mbak Aqied πŸ™‚

  8. mawi wijna July 10, 2014 at 7:54 AM #

    Berarti dirimu ke sananya rame2?

    • aqied July 11, 2014 at 9:26 AM #

      Rame rame sama org2 jekardah

  9. danirachmat July 10, 2014 at 10:15 AM #

    Aaaaak… Dah nyampe Lampung. Gw dulu ke pesawaran numpang lewat doangan. Hiks. Cuman ke kantor diknasnya bagi BOS. Ga mampir ke lautnya. subhanallaah bener deh itu Qied pemandangannya.,

    • aqied July 11, 2014 at 9:30 AM #

      Aku juga baru tau kalo Lampung ternyata lautnya keren keren. Ayoook Mas Danii ke Lampung lagiiii. Gosongin kulit
      *eh

  10. rintadita July 10, 2014 at 12:04 PM #

    mau ikut dooonk kalo kesini lagi, mupeeeeeeeng πŸ˜₯

    • aqied July 11, 2014 at 9:32 AM #

      Kalo dr jakarta bisa mba disempetin weekend gitu. Jumat malam dr jakarta nya tar sabtu ud di sana. Kmaren aku rame2nya dr jakarta juga. Klo dr jogja langsung kaya zombie begitu senin ngantor. Hahahaha

  11. nyonyasepatu July 10, 2014 at 3:41 PM #

    mau ikut kalo gitu hehehe

    • aqied July 11, 2014 at 9:36 AM #

      Aku jugaaaaak.
      *eh

  12. Gusti 'ajo' Ramli July 10, 2014 at 7:02 PM #

    Nama pulau ny unik yah…

    • aqied July 11, 2014 at 9:39 AM #

      Hihi iya. Entah asal mula nya gimana. Mgkn ada kali ya kalo di googling

  13. Ditter July 10, 2014 at 8:59 PM #

    Wah, kamu bener-bener seneng kelayapan ya, hehe….

    Dulu aku pernah ke Lampung Selatan, tepatnya kecamatan Rajabasa. Rumah-rumah penduduk berbatasan langsung sama laut, cuma dipisahin tanggul dan jalan kecil. Suara-suara ombak pas malem-malem di sana ngangenin banget…. :’)

    • aqied July 11, 2014 at 9:41 AM #

      Seru banget ya. Aku pas di Waisai Raja Ampat jg tidurnya pinggir laut banget.
      Duh aku ke Pahawang-Kelagian ini perdana nginjak sumatra. Gak ngerti daerah2 lain. Dan balik ke jogjanya langsung ngantor senin senin berasa zombie

  14. masroh July 10, 2014 at 9:15 PM #

    pulau, pulau, dan pulau. wkwk indah pake banget.

    • aqied July 11, 2014 at 9:43 AM #

      Pulau di bantal. Wkwkwkwk.

  15. ALVI ALEVI July 10, 2014 at 11:41 PM #

    Enak banget sih kamu bisa sering jalan2..
    Ajak2 dong skali2..
    Hehe..

    • aqied July 11, 2014 at 9:50 AM #

      Jarang jaraaang. Itu ud bulan lalu n smp skrg belom jalan kemana mana lagi.
      Ada dink. Ke kantor tiap hari. Wkwkwkkw

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:14 AM #

        Jaaah.. Bulan lalu tuh belom lama. Aku aja udah setahun terakhir cuma ke mall doang.. gak seru..

      • aqied July 11, 2014 at 11:15 AM #

        Eerrrrrr aku kapan ya trakhir ke mall. ;(

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:17 AM #

        Disana jauh dari mall apa emang gak suka ke mall?
        Aku sih ke mall cuma yang ada gramedianya aja..

      • aqied July 11, 2014 at 11:24 AM #

        Mall sih ada. Tapi kalo gak ada perlu ya nggak ke mall. Bingung juga mau ngapain kalo gak ad yg ngajakin. Hahahaha.
        Kalo ke gramed ya gramed aja. Yg gak di mall. πŸ™‚

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:29 AM #

        disini gak ada gramedia yang gak di mall.. mau gak mau ya ke mall. Paling cuma keluar uang buat bayar parkir.. hahaha..

      • aqied July 11, 2014 at 11:30 AM #

        Mayan ya buat ngadem. Gak bikin item jugak kalo mainnya ke mall πŸ˜‰

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:31 AM #

        tetep aja perjalanan 30 menit di bekasi bisa bikin imut (item mutlak).

      • aqied July 11, 2014 at 11:34 AM #

        Mayan ya. Lebih deket aku padahal sama mall. Pake payung donk. Wkwkwkwk

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:40 AM #

        masa iya naik motor pake payung? Kaya sarimin dong?

      • aqied July 11, 2014 at 11:43 AM #

        Iya ya kalo naik motor 30 menit PP jadi 60 menit. Mayan bikin muka dan tangan gosong

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:46 AM #

        nah itu.. makanya ini sekarang item banget.. kaya telo bakar.. hahaha..

      • aqied July 11, 2014 at 11:47 AM #

        Samaaaaa

      • ALVI ALEVI July 11, 2014 at 11:50 AM #

        katanya, makin gelap kulit maka akan semakin tahan dari penyakit..

  16. duniaely July 11, 2014 at 3:07 PM #

    Nama pulaunya keren ya, bikin mupengn nih πŸ˜€

    • aqied July 12, 2014 at 4:36 AM #

      hihi iya. unik.
      entah asal mula nya apa

  17. Kiersten May 25, 2016 at 1:32 AM #

    Saved as a favorite, I really like your blog!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pulau Pahawang Kecil, Lampung | Cacatan Hari Hari - April 14, 2016

    […] *untuk menuju pulau pahawang kecil, perlu menyewa kapal yang dapat diisi hingga 10-15 orang. Biasanya bisa dalam paket explore pahawang sekaligus., dari Pelabuhan Ketapang, Lampung. Jika ingin menginap, bisa cari penginapan di Pulau Pahawang Besar atau di Pulau Kelagian. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: