Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur

24 May

Saya menghabiskan masa kecil di Sorong, sebelah barat Papua. Surga kecil yang diturunkan Tuhan ke bumi, demikian menurut Franky Sahilatua. Sorong itu dimana? Tengoklah peta pulau Papua yang berbentuk seperti burung. Bagian pucuk kepala, itulah dia. Sisi terbarat Papua. Disekelilingnya terdapat pulau-pulau kecil yang indah. Bahkan lagu Franky yang menyebutkan Papua sebagai surga kecil dibumi itu, sebelum Raja Ampat setenar ini.

 

Tanjung Kasuari Sorong, Papua (yang sempet saya bilang jelek dan kotor), 2010

Tanjung Kasuari Sorong, Papua (yang sempet saya bilang jelek dan kotor), 2010

Tana Papua tanah yang kaya.

Surga kecil jatuh ke bumi

Pantai yang pernah saya kenal sejak kecil adalah pantai-pantai khas Papua. Tenang, biru, pasir putih, lambaian kelapa, disertai angin dan aroma samudra yang berpadu lembut. Saya terbiasa dengan definisi pantai yang seperti itu. Bahkan pantai yang saya anggap jelek dan kotor sekalipun. Sampai pada suatu masa saya mulai menetap di pulau Jawa. Di sisi yang tidak dekat dengan pantai, dan cukup lama tidak ke pantai.

Saleo, Raja Ampat.

Saleo, Raja Ampat.

Jumpa pertama saya dengan pantai di Jawa membuat saya terkejut. Ya, mungkin saya mengunjungi tempat yang salah. Baru saat itu saya tau ada pantai yang pasirnya tidak puti, airnya tidak biru, aroma amisnya menusuk. Alih-alih bias menenangkan diri berkawan debur ombak dan belaian angin dari samudra. Saya terpaksa membiasakan diri di tengah keramaian manusia. Pantai perta ayang saya kunjungi penuh pengunjung, pencari nafkah, dan segala lapak sana sini.

Kecewa? Pasti

Setelah itu, saya tetap rajin menyambangi beberapa pantai. Tentu tak lagi dengan ekspektasi berlebihan. Berharap masih dapat menemukan pantai yang memenuhi definisi pantai semasa kecil saya dulu. Pada pertengahan tahun 2013, saya berkesempatan menjejak dan mengintip sebagian kecil dari emperan Kabupaten Raja Ampat di sela-sela perjalanan mudik saya. Mudik kali itu membuat saya semakin merasa tidak bias menemukan perbandingan alam laut Papua di pulau yang saya diami, Jawa.

tangan saya udah kaya pakai sarung tangan :(

tangan saya udah kaya pakai sarung tangan ๐Ÿ˜ฆ

April 2014, itu kali pertama saya menjumpa pantai lagi sepulang dari Papua. Anggapan saya seketika runtuh ketika bertemu pantai indah, mungkin inilah surga kecil yang Tuhan titipkan di tanah Jawa, pantai-pantai di TN Meru Betiri.

Foto Panorama Teluk Ijo

Foto Panorama Teluk Ijo

Biru dan hijau tosca laut bagai sapuan kanvas terindah dari Tuhan, menyapa kami di Green Bay alias Teluk Ijo. Salah satu pantai di TN Meru Betiri yang dapat kami capai dengan berperahu dari Pantai Rajegwesi. Putih pasir dan lembutnya menyamankan kaki siapa saja yang menginjak, beralas kaki ataupun tidak. Hamparannya yang berkilau di bawah matahari, menghasilkan paduan apik dengan warna laut. Debur ombak yang melewati karang-karang di kanan dan kiri Teluk Ijo, tidak mudah di dapat di pantai lain. Penampakannya serupa air terjun mini. Selama berperahu, kami diiringi ukiran tangan Tuhan pada tebing-tebing disisi laut.

#sikilfie

#sikilfie

โ€œPhi Phi Island KWโ€ Kata teman seperahu saya.

pasirnyaaaa

pasirnyaaaa

Berperahu selalu mengasyikkan. Tak hanya indra penglihatan saja yang dimanjakan. Suara debur ombak yang mengiringi, lebih indah dari alunan music apapu. Angin dan aroma laut yang kental, memanjakan indra lainnya pula. Betapa tak sopannya saya yang sempat tak percaya bahwa masih ada, pantai indah titisan surga kecil Tuhan di pulau Jawa ini.

it's okay to be geseng in Green Bay

it’s okay to be geseng in Green Bay

Satuan waktu apapun berapapun, tak akan pernah cukup untuk mengagumi kuasa Tuhan. Kau tau, alam selalu punya kejutan untuk kita, dengan cara yang tak pernah sama.

Pantai Rajagwesi, foto panorama

Pantai Rajagwesi, foto panorama

Sayang, kami harus segera bergegas. Ada lukisan alam dahsyat yang sudah menanti kami di sisi lain TN Meru Betiri. Kanvas aneka warna senja telah siap dibentangkan kala kami tiba di Pantai Sukamade. Tepat dibentangkan saat kami usai melepas tukik-tukik kecil menuju hidup baru mereka.

bentangan kanvas warna senja pantai Sukamade

bentangan kanvas warna senja pantai Sukamade

Pantai Sukamade, untuk mencapainya kami harus siap terombang ambing di dalam Jeep yang melaju di medan off road, bahkan menyebrangi sungai. Dengan aneka tumbuhan besar di kanan dan kiri, sesekali beberapa banteng menampakkan diri. Perjalanan yang cukup seru serupa yang biasa saya lihat pada iklan-iklan rokok.

wpid-bkizah0ccae37dk.jpg

foto dari akun twitter @sudutindonesia

Sore hari di pantai ini, pengunjung dapat mengantar langkah-langkah kecil tukik menuju laut. Jika malam tiba, dapat pula menyaksikan mama-mama penyu bertelur.

go run run

go run run

โ€œselamat menempuh hidup baruโ€ bisik saya pada tukik kecil. Tukik yang kemudian saya biarkan langkah-langkah kecilnya meninggalkan jejak mungil pula, menjauhi kami, menjemput hidup baru dengan menghampiri laut dan lukisan senja.

selamat jalan, tukiik

selamat jalan, tukiik

 

Sunset usai melepas tukik

Sunset usai melepas tukik

Pantai Sukamade dan Teluk Ijo hanya dua dari beberapa pantai-pantai indah tersembunyi dalam area TN Meru Betiri. Masih ada Pantai Nanggelan, Bande Alit dan mungkin nama-nama lain atau tak bernama yang belum sempat saya kunjungi tuk kagumi. Kalau begini, bagaimana mungkin saya tak makin cinta dengan Indonesia?

"travel through the worl and see how He began creation " Al Ankabut 20

“travel through the worl and see how He began creation ” Al Ankabut 20

*teks dan foto oleh Aqied

IMG_6233

*isi posting ini sudah pernah dipublikasi dalam kicau bersambung akun microblog saya twitter @aqied, Rabu 21 Mei 2014, dengan sedikit penyesuaian.

*informasi mengenai pantai Bande Alit dan Pantai Nanggelan saya dapat dari akun follower twitter @justlocalview

 

Advertisements

64 Responses to “Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur”

  1. Beby May 24, 2014 at 8:11 AM #

    Pertamax ngga gue?

    • aqied May 24, 2014 at 8:17 AM #

      iyeeeeeh
      trefik aku kan sepi sepi ajeeeh

      • Beby May 24, 2014 at 8:29 AM #

        Hahah.. Aku suka dengan pantai-pantainya. Kalo amis ya ngga masalah, untungnya ngga mabukan juga. Weeeeek :p

        Cakep ya, Qied.. Aku mau ngajuin proposal lagi ah. ๐Ÿ˜€

      • aqied May 24, 2014 at 8:46 AM #

        yakin nih gapapa kesini? naik jeep nya berjam jam pake kelempar2 di dalamnya looh. hihihi

      • Beby May 24, 2014 at 1:55 PM #

        Yah engga papa donk, yang penting ada cemilan. :p

    • dyazafryan May 25, 2014 at 10:37 AM #

      ngejer pertamax mulu ya? ๐Ÿ˜›

      • Beby May 26, 2014 at 8:46 AM #

        Kamu juga ngejer pertamax :p

      • dyazafryan May 26, 2014 at 12:32 PM #

        enggak ah… ๐Ÿ˜€

      • aqied May 26, 2014 at 12:32 PM #

        ngejar pertamax di hati aku?
        *eh

      • dyazafryan May 26, 2014 at 12:33 PM #

        *ada yang kode

      • Beby May 26, 2014 at 3:30 PM #

        Yokatta~
        Akhirnya Aqied ngerti kodeeeee *jogetjoget*

      • dyazafryan May 28, 2014 at 11:07 AM #

        jiahhh… ciee cieee

  2. witkoo May 24, 2014 at 8:21 AM #

    Bagus pantainya

    • aqied May 24, 2014 at 8:23 AM #

      hayuuk kesanaaa

      • witkoo May 24, 2014 at 9:31 AM #

        Hayukkk ๐Ÿ™‚

  3. jampang May 24, 2014 at 8:54 AM #

    katanya…. semakin ke timur Indonesia, makin bagus alamnya. mudah2an aja bisa berahan lama dengan kondisi demikian. sebab perkembangan teknologi dan informasi, bisa saja mengurangi keindahan alam tersebut

    • aqied May 24, 2014 at 9:05 AM #

      iya, mas. makin ke timur makin ngeriii.
      sehri semalam di area meru betiri ini emng emejing banget. bahkan sinyal ponsel buat sekedar sms pun gak ada. masih untung di Rajegwesi nya masih ada listrik. di Sukamade yg penyu-penyu itu gak ada listrik

  4. mariodevan May 24, 2014 at 9:48 AM #

    Jatim sbelah mana ye… org jatim tpi g prnah ksna wkwkwk… tpi emang btul pantai jawa gak ada yg sebagus pantai timur…
    Dulu wktu dinasi di sulawesi jg pantainya keren2 dan sepi…. jdi gak nafsu ke pantai di jawa hahaha

    • aqied May 24, 2014 at 9:51 AM #

      Banyuwangi, Mas eeeee
      iyap ini mblesek banget kesana nya aja kudu pake Jeep.
      aku jg lamaaa gak ke pantai pas balik ke jawa. takut kecewa. eee nemu ini

      • mariodevan May 24, 2014 at 10:08 AM #

        Waduh… medannya susah….
        Iya kalo dijawa lbh suka wisata gunung….

        Ijen yuk sist :p

      • aqied May 24, 2014 at 10:13 AM #

        udaaaaah. tapi belom turun sampe deket blue fire nya. mgkn kapan2 pengen kesana lagi. bromo jg udah tp pas kabut tebel jd maaih pengen balik lg kesana. tp gatau kapaaaan. hiks
        *merah2in kalender

      • mariodevan May 24, 2014 at 10:39 AM #

        Jahat gak ngajak2 wekekeke,….

      • aqied May 24, 2014 at 10:46 AM #

        hehehehe masih banyak tempet bagus kan di jawa timur. mas Mario mana sih jawa timur nya?

      • mariodevan May 24, 2014 at 11:42 AM #

        Surabaya… ๐Ÿ˜€
        U dmna?

      • aqied May 24, 2014 at 11:51 AM #

        aku jogjaaa. hehe.
        dulu sempet di mojoagung, jombang.
        hmmmm, beberapa kali nggembel di bungur, sekali di Turi n beberapa kali numpang terbang di juanda

  5. Maskur May 24, 2014 at 10:03 AM #

    indah

  6. BangKoor May 24, 2014 at 10:39 AM #

    jalan-jalan terus nih ye.. Bikin aku mupeng terus nih ye.. suka banget yeh..

    • aqied May 24, 2014 at 10:45 AM #

      enggggggg sebenernya ini tuh bulan april lalu sih. cm belom di publish publish.
      maen ke Jogja aja siniii, mas ๐Ÿ˜‰

  7. Gusti 'ajo' Ramli May 24, 2014 at 11:38 AM #

    Pantainya indah dan masih bersih..

  8. Ditter May 24, 2014 at 1:45 PM #

    Wiiih… aku belum pernah ngeliat tukik yg lagi jalan di pantai…. T_T

    Seneng ya jalan-jalan ke taman nasional gitu….

    • aqied May 24, 2014 at 1:59 PM #

      hihihi. seru n lucu, mas.
      sayang banget gak liat mama mama penyu bertelur karna mesti nunggu smp rada males smentara disana pas gak ad listrik. jd kitanya lgsg pulang deh habis maghrib

  9. cumilebay.com May 24, 2014 at 7:31 PM #

    Ah kamu yaaaaa zahara banget pamer beginian tp knp itu kaki buluk banget hahaha

    • aqied May 24, 2014 at 7:37 PM #

      zahara hantu gahol.
      iya om, kaki ku emang buluk. kan anak kampung, maenannya sama lumpur. gak kaya om cumi, anak bupati

  10. arip May 24, 2014 at 8:15 PM #

    Pantai. Makin jauh dari sentuhan manusia. Makin cantik.
    Dan sayangnya Jawa banyak manusianya, jadi pantainya pada buruk rupa.

    • aqied May 24, 2014 at 8:51 PM #

      iya kali ya. kebanyakan campur tangan manusia jd pantainya rusak.
      tapi nyatanya ya masih ada pantai2 bagus di jawa, walo medannya sulit buat sampe

  11. Indi Sugar Babbitt (@missbabbitt) May 25, 2014 at 12:29 AM #

    Wah, suka main ke pantai, ya ๐Ÿ™‚ Indah-indah pemandangannya, semoga yang mampir dan tinggal di sana selalu merawat keindahannya, ya. Jadi ingat sama temanku yang suka sekali pantai ๐Ÿ™‚

    duniakecilindi.blogspot.com

    • aqied May 27, 2014 at 5:50 AM #

      aamiin.
      iya kak. Indonesia tuh lebih banyak indahnya drpd yg gak indah. tinggal gmn kita ngerawatnya aja.
      kalo saya sih suka main ke mana aja. g cuma pantai tp hutan n gunung juga. hehe.
      temennya suka ke pantai mana aja?

  12. dyazafryan May 25, 2014 at 10:38 AM #

    geseng-geseng yang penting jalan terusss ๐Ÿ˜€
    yoman… uyeeeee

    • aqied May 26, 2014 at 12:33 PM #

      yoaiiiiihhhhhh.
      kamu kurang geseng tuh. sana jalan jalan

      • dyazafryan May 26, 2014 at 12:34 PM #

        aihhh.. jangan sebut jalan-jalan..

  13. kutukamus May 25, 2014 at 3:54 PM #

    Halo Aqied. Logat Papua di Kepala Burung bilangnya ’empat’ memang seperti itu kah?
    Ingin tahu saja. Kesannya ‘Raja Ampat’ agak berbau Sumatra gitu. ๐Ÿ™‚

    • aqied May 26, 2014 at 6:34 PM #

      silahan ke Papua aja, hehehe. di denger disana banyak sih yg nyebut empat dengan Ampat.
      lagi pula nama Raja Ampat itu nama resmi sebagai salah satu kabupaten dlm propinsi Papua Barat, NKRI.

  14. chris13jkt May 26, 2014 at 4:27 PM #

    Cakep pantainya, apalagi dilengkapi dengan narasi yang pas. Jadi pengen ke sana . .

    • aqied May 27, 2014 at 5:47 AM #

      pantainya keren emang plus perjalanan ke sananya jg seru pake terombang ambing di jeep.
      narasinya? errr trimakasih mas. mgkn karna sebelumnya ud di twitter dulu. saya paling gak bisa bikin narasi. ;(

  15. nyonyasepatu May 31, 2014 at 7:33 AM #

    Aku pengen pangen ke papua, Aqied. Kapan ya huhu

    • aqied May 31, 2014 at 8:12 AM #

      negri sendiri tapi jauuuh bangt ya,
      mb Nonii.
      aku aj tahun ini gak kesana ;(

      • nyonyasepatu May 31, 2014 at 8:13 AM #

        Betul apalagi dr medan, tiketnya udh sama kayak ke Jepang

      • aqied May 31, 2014 at 8:16 AM #

        hihi. Mb Noni koq sama sih kaya Beby bandinginnya sama tiket ke jepan. hihi

      • nyonyasepatu May 31, 2014 at 8:18 AM #

        Kira2nya kalo dr medan

      • aqied May 31, 2014 at 8:30 AM #

        ikoooot ke jepaaaang.
        semoga mb noni kesampean ya pengennya ke papua. aku blm pernah ke nginjak pulau sumatra loh, mb.

  16. bukanbocahbiasa June 4, 2014 at 3:37 PM #

    Indah banget inih tulisan kamu. Kereeen sangat. Ahh, jadi pingin santai di pantaiii…Salam kenal ya, dari arek suroboyo ๐Ÿ™‚

    • aqied June 4, 2014 at 7:51 PM #

      Makasiiih. Ah aku gak jago nulis masi suka absurd. Hihi
      Hayuuuuk ke Meru Betiri sini, mb. Banyuwangi loh inii

  17. Aulia Fitri June 5, 2014 at 10:17 PM #

    Iyes ternyata, lebih indah yang ini ya ๐Ÿ™‚ *edarin celengan lagi :LOL:

    • aqied June 5, 2014 at 10:26 PM #

      *ikutan edarin celengan buat ke Iboih

  18. Titin Wulan July 28, 2014 at 12:12 PM #

    Aku orang banyuwangi…tapi belum pernah keteluk ijo….huhuhu…kebangetan ya *kemudian dilempar tukik* salam kenal ya aqied..

    • aqied July 28, 2014 at 9:08 PM #

      banyuwangi banyaaak banget sih yang bisa dikunjungi. aku pengen deh nuntasin banyuwangi. kapan yaaa

      • Titin Wulan July 28, 2014 at 11:14 PM #

        Ayuklah…bungkus ๐Ÿ™‚ kampung osing,baluran,grajagan,plengkung…dan masih banyak lainnya ๐Ÿ™‚ *berasa duta wisata*

  19. Zaenal_Edufunia August 5, 2014 at 8:52 AM #

    Segera nyusul ke meru betiri. tapi kok pakek naik jeep terlempar-lempar dan terombang-ambing yaa… kayaknya pusing deh… bekal yang perlu disiapin apa aja mb aqied?
    *MintaSaranKeRatuBolang.

    • aqied August 5, 2014 at 11:21 AM #

      iya. medannya sulit soalnya. plus lagi pake adegan nyebrangin sungai. coba deh konsultasiin ke @brightdidi
      bekal standar aja buat wisata pantai, keperluan pribadi. nginep gak?

  20. dwisusantii May 12, 2016 at 11:01 AM #

    YA ALLAH *nangisss

    • aqied May 12, 2016 at 11:01 AM #

      Kesana, mbak. Keren banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: