Senja Cara Gue

16 May
image

10 menit sepeda motor dr kantor untuk dpt momen ini

Negri kita, dengan lintasan garis khatulistiwa, sudah pasti bermandi matahari sepanjang tahun. Tak peduli Januari, Juli, Desember. Tak peduli di sisi Indonesia sebelah mana.
Selain pancaran sinarnya yang kadang hangat membelai, atau mungkin panas menggigit, matahari tetap dinanti dan dicari. Suka tak suka.

image

Sunrise di tepi Jl Raya Solo Jogja

Sunrise dan Sunset. Duo golden moment yang menunjukkan bagaimana cara Sang Surya memamerkan keindahannya. Tak sedikit pemburu mentari terbit yang rela mendaki ketinggian. Menembus perjalanan melelahkan, demi melihat sapuan emas pertanda dimulai hari.
Tak sedikit pula yang mengejar matahari sebelum terbenam hingga ke tempat-tempat tersembunyi. Membayar mahal untuk menemani pamitnya Matahari. Meluangkan sekian satuan waktu demi kanvas aneka warna bernama senja.

image

Senja di Embung Nglanggeran, Gn Kidul, Yogyakarta

Saya mencintai matahari. Berusaha mencintai pemberi energi dunia ini seutuhnya. Selalu merindu hadirnya kembali ketika tirai malam turun. Menanti hangatnya ketika tiba di awal hari. Menengadah dan menerima dengan suka rela panas dan teriknya di tengah hari. Mencinta caranya berpamitan kala senja. Merasa kehilangan kala tiba tugasnya menyinari belahan bumi lain.

image

Senja di Pantai Sukamade, TN Meru Betiri, Banyuwangi, Ja Tim

Syukur terbesar pada Tuhan, atas kesempatannya pada saya untuk selalu dekat dengan matahari. Berada di Indonesia, membuat saya selalu bisa merasakan hadirnya. Tak perlu waktu khusus atau perjalanan panjang khusus untuk dapat menikmati kuasa Nya.

image

10 menit berjalan kaki untuk dapat foto ini

Saya diberi jadwal perjalanan yang indah. Rumah tempat pulang di sisi Barat. Kantor untuk bekerja di sisi Timur.
Sudah pasti, pagi menjelang memberi saya waktu menikmati hangatnya mentari yang kadang terlalu cepat menyengat. Sedang saat pulang, warna warni senja yang akan mengantarkan saya.

image

Salah satu yg didapat saat perjalanan pulang

Saya juga tidak harus terjebak dalam hingar bingar perkotaan. Atau terpenjara diantara gedung gedung tinggi yang menghalangi sinar surya. Sehingga saya bisa selalu menikmati duo golden moment cukup dekat, cukup sering.

image

Sekitar 600 meter dr Jl Raya Solo Jogja, Kec Klaten Selatan

Favorit saya, tentu saja kejutan-kejutan warna senja yang bisa selalu saya dapat saat berkendara pulang. Senja yang saya lihat, tak pernah sama. Saya tak perlu mengkhususkan waktu, budget, dan tenaga untuk dapat mengagumi betapa elegannya Matahari beranjak.

image

300 meter dr Jl Raya Solo Jogja. Rute rutin saya

Ya, ada kalanya senja tak harus dinikmati dalam diam. Ada kalanya senja tak butuh diistimewakan dalam waktu khusus untuk dapat terlihat indah. Ada kalanya kita tak perlu pergi jauh untuk dapat melihat matahari yang sama akan pergi.

image

Memotret senja dari depan kamar tidur

Meski ada kalanya kita juga harus melakukan itu. Mengunjungi tempat-tempat dimana matahari berpamitan dengan cara yang tak biasa. Menyiapkan waktu khusus untuk menikmati setiap inci keindahan yang disajikan kanvas bernama senja. Mengabadikan momen istimewa meski yakin esok akan berjumpa lagi.

Ya, Sesekali.

Karna negri ini, punya sejuta senja untuk kita.

Masih ingin membenci matahari?

image

Just Enjoy The Sun (foto saat BN2013)

*teks dan foto oleh Aqied
*posting lain tentang senja
Senja Merah Muda
Satu Jam Bersama Senja
Senja di Africa van Java
Rumput Senja

107 Responses to “Senja Cara Gue”

  1. duniaely May 16, 2014 at 2:52 AM #

    wow … senjanya keren banget, beberapa gambar senja di atas sering juga kulihat di kampungku sini. Kita sama ya, penyuka senja πŸ™‚

    • aqied May 16, 2014 at 2:55 AM #

      mb ely cepet bangeeet.
      iya mb. aku gak cuma suka senja. aku suka matahari. hehehehehe.
      mirip mungkin karna matahari kita masih sama kan

      • duniaely May 16, 2014 at 9:20 AM #

        Pas lagi online saja πŸ™‚

        Tentu dong πŸ˜›

      • aqied May 16, 2014 at 10:04 AM #

        Kalo matahari terbit juga suka gak, mb el?

      • duniaely May 16, 2014 at 6:24 PM #

        Suka dong, koleksinya lumayan nih πŸ™‚

  2. aldinosya May 16, 2014 at 3:03 AM #

    senjanya mengingatkkan akan kematian..!

  3. maembie May 16, 2014 at 3:27 AM #

    Senja kadang disuka, kadang dibenci karena kehadirannya yang terlalu cepat.

    Ya itulah dia, kita gak bisa niru jepang dan korea yang penduduknya suka berjalan. KArena kita gak pernah ngerasa dingin kalo diam. #Apaini

    • aqied May 16, 2014 at 3:29 AM #

      hahahahaha.
      kalo disini gerah terus jd pada lebih suka naik mobil ber AC atau naik sepeda motor yg anginnya kenceng ya.
      kenapa benci kalo tiba tiba ud malem?

      • maembie May 16, 2014 at 3:38 AM #

        Iya, itulah kenapa disini terlalu banyak kendaraan.

        Karena ada waktu yang tertinggal dan tak dapat diulang.

      • aqied May 16, 2014 at 3:40 AM #

        Eh disana banyak kendaraan? Bagi sini donk….

        Karena ada masa lalu yg tidak ingi dikulik? *eh

      • maembie May 16, 2014 at 3:41 AM #

        Mau? Kesini dong, πŸ˜€

        Sst, jangan dibahas

      • aqied May 16, 2014 at 3:43 AM #

        Errrr, kayanya lebih baik aku tidur deh drpd bahas masa lalu

      • maembie May 16, 2014 at 3:45 AM #

        Yuk tidur *Hoam

      • aqied May 16, 2014 at 9:01 AM #

        Udaah pagi. Jd aku udah bangun

  4. sukasukakeii May 16, 2014 at 4:10 AM #

    KAAAAKKKK CAKEPPP BANGETTT FOTONYAAA….
    pas kapanan itu mau beli makan senjanya lagi bagus tp ga bawa hape..
    giliran ud bawa hape kemarin laaaahhh senjanya biasa aja (-__-“)

    • aqied May 16, 2014 at 8:17 AM #

      Hehe, makasih
      gak semuanya yg indah harus diabadikan dlm gambar. Cukup abadikan di memori saja, keii.
      Karna gak semua yg indah bsa diabadikan sempurna dlm alat buatan manusia

      • sukasukakeii May 16, 2014 at 9:18 AM #

        iya bener kak πŸ™‚
        tapii serius deh,, dulu aku nggak begitu merhatiin suasana senja (?),, tapi gara2 ngelihat fotonya kakak, sekarng kadang2 kl keluar jd suka merhatiin senja *untungdibonceng πŸ˜€

      • aqied May 16, 2014 at 9:58 AM #

        Asik banget motret dr jok belakang sepeda motor. Aku dulu suka gitu. Skrg kalo naik motor sering di depan sih. Jd jarang motret sambil jalan.

  5. mawi wijna May 16, 2014 at 5:50 AM #

    dirimu udah kayak penduduk Ibukota aja, pulang kerja menjelang malam. ckckck…

    • aqied May 16, 2014 at 8:27 AM #

      ibu kota propinsi DIY. hehehehe.
      aku masih jd buruh eight to five, mas. ;(

  6. Beby May 16, 2014 at 6:20 AM #

    Oh.. Jadi ini senja cara lo? Boleh juga.. *manggutmanggut* *dikeplak*

    • aqied May 16, 2014 at 8:28 AM #

      minta dikeplak beneran nih?
      cara kamu gimanaaa?

      • Beby May 16, 2014 at 8:43 AM #

        Keplak aja Mbak, orang jauh juga. Wakakakakk πŸ˜€

        Cara ku?
        Cara ku adalah dengan hati yang berbunga-bunga karena kasmaran, jepret foto senja, jadi deeeh.. :p

      • aqied May 16, 2014 at 8:59 AM #

        Ciyeeeeh kasmaraaan sama kuro.
        Eh ini beneran ato nyindir sih sebenarnya?

      • Beby May 16, 2014 at 9:06 AM #

        Bukan kok. Cintanya berbeda doooonk… πŸ˜€
        Errr.. Keknya nyindir sekalian pamer sih. Nyahahahah.. *benerandikeplak*

      • aqied May 16, 2014 at 9:55 AM #

        KEPLAK PKE BAKIAK

  7. danirachmat May 16, 2014 at 7:26 AM #

    postingan yang sungguh bikin iri

    • aqied May 16, 2014 at 8:29 AM #

      seminggu ini jg selesainya setelah matahari tenggelam terus, mas.

  8. jampang May 16, 2014 at 7:55 AM #

    jadi inget…. senja pertama kali yang pernah saya nikmati dan ambil fotonya… senja di meulaboh πŸ˜€

    • aqied May 16, 2014 at 8:30 AM #

      indah banget.
      sekarang suka capture sunset juga gak, mas?

      • jampang May 16, 2014 at 8:39 AM #

        ya kalau pergi-pergian aja dan biasanya di pantai. kalau di jakarta belum pernah. soalnya kehalang gedung2 πŸ˜€

      • aqied May 16, 2014 at 9:00 AM #

        Ooooh. Beberapa temen sesekali pernah upload senja2 di jakarta. Yg mntul di kaca gedung. Yg di jembatan/sungai gitu. Lupa detail temptnya

      • jampang May 16, 2014 at 9:07 AM #

        masalahnya, lantai tempat saya kerja kurang tinggi. masih terhalang. mungkin kalau di spot lainnya bisa motret yang hasilnya OK

      • aqied May 16, 2014 at 9:56 AM #

        Hehe kalo saya sih asal usai jam kantor masih bisa ketemu matahari, ud bersyukur dan bahagia banget

  9. eda May 16, 2014 at 9:28 AM #

    senjanya kereeeeen…suka!

    • aqied May 16, 2014 at 10:06 AM #

      Makasih, Mb Eda.
      Senja disana gimana? Hehehe

  10. dyazafryan May 16, 2014 at 9:43 AM #

    i love sunset very much as much as i love the rain…. πŸ˜€

    • aqied May 16, 2014 at 10:20 AM #

      Kalo disuruh memilih, pilih hujan2 sore sore atau lihat matahari senja?

      • dyazafryan May 16, 2014 at 10:24 AM #

        dua-duanya…setelah hujan, akan ada senja… hahaha..
        kalo harus milih salah satu…
        aku pilih rintih hujan sore2…

      • aqied May 16, 2014 at 10:29 AM #

        Gerimis sore2 gitu ya. Jd seger tp sunsetnya tetep kelihatan.
        Kalo terlalu deres jd akupuntur ya, yaz? ;p

      • dyazafryan May 16, 2014 at 10:31 AM #

        ya kalo kena badan sih.. kalo nikmatin dari teras rumah kan g jadi akupuntur,, hahaha πŸ˜€

      • aqied May 16, 2014 at 11:33 AM #

        Sambil minum teh poci. Kayanya nikmat banget hidup ya

      • dyazafryan May 16, 2014 at 4:05 PM #

        walau sendiri.. ya (((WALAU SENDIRI))) πŸ˜€

      • aqied May 16, 2014 at 4:07 PM #

        Ini kenapa capslock pd gak nyante yaa.
        Ayoo yaz perjuangkan panah arjunanyaaaa….!!!

      • dyazafryan May 17, 2014 at 9:53 AM #

        hahhaha.. pnekanan aja qied itu hahaha πŸ˜€

      • aqied May 17, 2014 at 10:40 AM #

        Maka buruan diperjuangkan tuh biar gak kelamaan sendiri πŸ˜‰

      • dyazafryan May 17, 2014 at 10:47 AM #

        hahhaha.. eh.. kok ngomongin aku yang kelamaan sendiri… -___-

      • aqied May 17, 2014 at 10:52 AM #

        Errr ya itu penekanan banget sih di bagian SENDIRII

      • dyazafryan May 17, 2014 at 10:56 AM #

        oiyaaa,,, lah ((KAMU SENDIRI)) gimana??

      • aqied May 17, 2014 at 11:05 AM #

        Hahahahaha. Peduli sekaliii
        Mention aku gak dibales sih

  11. Chrismana"bee" May 16, 2014 at 9:52 AM #

    Ciiieeehhh penyuka twilight

    • aqied May 16, 2014 at 10:45 AM #

      Kalo film nya sama sekali enggak, mba

      • Chrismana"bee" May 16, 2014 at 11:09 AM #

        Masa ?? saya malah punya novelnya segala mbak,.. suka bingit sama film2 romatis gitu soalnya πŸ˜†

      • aqied May 16, 2014 at 11:32 AM #

        Baru baca novelnya beberapa bab udah gak sreg n males nerusin. Jd sama film nya juga males. Gak nonton sama sekali. Hahahaha

      • Chrismana"bee" May 16, 2014 at 11:45 AM #

        Waaaa,… etapi gpp, setiap orang kan punya selera masing2 ya mbak,..

      • aqied May 16, 2014 at 12:41 PM #

        Hehehehe gatau juga kenapa langsung gak suka

      • Beby May 16, 2014 at 2:27 PM #

        Pasti karena jomblo deh! Ihihihi… *kabur* *takut dilempar bakiak lagih*

      • aqied May 16, 2014 at 2:41 PM #

        IYAAAAAAA!!!!
        *ini capslock kenapa sih.
        Sombong nih yee yg lagi kasmaran.

  12. hilmanfirdaus1410 May 16, 2014 at 1:43 PM #

    aku suka bulan sabit πŸ˜€

    • aqied May 16, 2014 at 2:16 PM #

      berarti tiap awal bulan hijriah ya, mas.
      momen yg gak terlalu sering dan nunggu sabit berikutnya lumayan juga

      • hilmanfirdaus1410 May 17, 2014 at 7:21 PM #

        ngga nunggu sih, cuma kalo pas keluar trs kebetulan liat aja baru merhatiin πŸ˜€ πŸ˜€
        apalagi kalau liat di rumah saya yg pedesaan. bagus banget pemandangannya.

  13. Rahad May 16, 2014 at 3:15 PM #

    Warna senja emang khas ya, oren2 merah gmn gitu πŸ˜€
    Kalo di bali tempat liat sunset itu di pantai kuta, kalo mau liat sunrise cuss aja ke sanurr

    • aqied May 16, 2014 at 4:02 PM #

      Mungkin suatu saat harus nyobain kesana deh yaa.

  14. Ceritaeka May 16, 2014 at 6:39 PM #

    Aku suka senja jugaaaa :* menyenangkan! Yang paling aku sneengin tuh duduk diam di pantai menunggu senja. Itu momen priceless deh, kayak punya waktu bicara sama diri sendiri gitu. Btw lat ini jadi kangen Klaten πŸ™‚

    • aqied May 16, 2014 at 10:01 PM #

      Ah iya, mb.
      Seandainya tiap sore bisa kaya gitu yaa.
      Tapi ini lebih banyak foto senja2 yang deket2 di sekitar aku aja koq.
      Sekarang mah asal pulang ngantor masi ketemu matahari ud bahagia banget.
      Eh, ad cerita apa dg klaten?

      • Ceritaeka May 17, 2014 at 8:06 AM #

        Nenekku kan di Klaten πŸ˜€ hehehe

      • aqied May 17, 2014 at 9:00 AM #

        Oooh. Klatennya mana, mb?

      • Ceritaeka May 20, 2014 at 9:05 AM #

        Klaten pinggir. Nggak di kota, lupa namanya. Hihi

      • aqied May 20, 2014 at 12:42 PM #

        hehe. aku jg klaten rada pelosok

  15. ysalma May 16, 2014 at 7:28 PM #

    Foto senjanya keren-keren,
    senja kadang berselimut mendung, kadang mengandung sejuta misteri dalam warna oranye-nya πŸ™‚

    • aqied May 16, 2014 at 9:58 PM #

      Trimakasih, mbaa.
      Iya setiap senja gak ada yg sama. Kejutan kejutan itu yg aku suka.
      Kadang warnanya bold banget kadang soft n tipis aja. Kadang nyembul dibalik pinggiran2 awan. Kadang malah warnanya pinky.

  16. witkoo May 16, 2014 at 9:19 PM #

    Jadi ke ingetan sama kampung halaman gue..

    • aqied May 16, 2014 at 9:56 PM #

      Kampung halamannya dimana emang?

      • witkoo May 16, 2014 at 10:06 PM #

        Di madiun, Jatim. Soalnya senjanya gak jauh beda sama kayak gitu πŸ™‚

      • aqied May 16, 2014 at 10:10 PM #

        Ooh madiun. Saya dulu seringnya cuma numpang lewat aja. Blm pernah mampir.
        Lah sekarang dimana?

      • witkoo May 16, 2014 at 10:14 PM #

        Kapan2 mampir aja ke tempat saya. Sekarang di Batam saya.

      • aqied May 17, 2014 at 5:25 AM #

        Semoga suatu saat dikasih kesempatan. Wow batam jauh juga yaa

  17. BangKoor May 17, 2014 at 1:48 AM #

    Hoho.. itu yang di instagram πŸ˜€

    Aku belum punya kamera yang cukup untuk berburu sunset nih mbak. Kamera henpon doank belum cukup mendukung tampaknya

    • aqied May 17, 2014 at 5:24 AM #

      Hehehehe iya itu poto2 banyak yg ud publish di instagram.
      Gapapa, Bang. Puas2in nikmatin sunset sendiri. Gak harus kan ya semua mua dipoto.

  18. Titik Asa May 17, 2014 at 12:21 PM #

    Met siang…

    Salah satu yang selalu saya rindukan dalam keseharian saya diantaranya menatap senja yg indah, menatap pelangi dan memperhatikan kunang-kunang. Entah saya suka dgn ketiga hal tsb.

    Dan memandang foto-foto senja nan indah ini, lepaslah salah satu kerinduan saya itu.
    Terima kasih atas foto-fotonya yg indah ya,,,

    Salam,

    • aqied May 17, 2014 at 3:41 PM #

      sama sama. terimakasih sudah berkunjung juga.
      memangnya sekarang jarang lihat ya?

      maaf banget sebelumnya komen ini masuk di spam. jd baru aku approve.

      • Titik Asa May 17, 2014 at 10:00 PM #

        Waduh, koq bisa kena spam ya? Aneh padahal pake WP juga ya…
        Yg sangat jarang lihat itu pelangi dan, apalagi, kunang-kunang…

        Salam,

  19. dyazafryan May 17, 2014 at 1:26 PM #

    hahahha.. mention itu.. mention itu.. πŸ˜›

    • aqied May 17, 2014 at 3:26 PM #

      Bales di whatsapp boleh loooh πŸ˜‰

      • dyazafryan May 17, 2014 at 3:30 PM #

        hahaha.. wa ya?? hahhaa

      • aqied May 17, 2014 at 3:33 PM #

        Iyap! Ditunggu yaaaa
        Kan aku kepoo

  20. Nunu El Fasa May 17, 2014 at 2:12 PM #

    Senja yang manis mbak aqid

    • aqied May 17, 2014 at 3:27 PM #

      Terimakasih…
      Gimana senja di sana, mb?

  21. chris13jkt May 17, 2014 at 9:37 PM #

    Beruntung sekali bisa mendapatkan sunset dan sunrise yang cakep hampir tiap hari.
    Aku juga suka suasana senja dan suasana fajar. Mataharinya juga suka, tapi kalau sudah terlalu terik ya bikin sakit kepala juga πŸ˜›

    • aqied May 17, 2014 at 10:03 PM #

      memangnya mas Krish senja dan fajarnya terhalang apa disana? hehe.
      aku bahagia banget memanv kalo jam kantor usai sebelum matahari terbenam. jd bisa menikmati senja.
      kalau matahari, mgkn aku sdh sampai tahap kecanduan. kalo malam sampai pagi (saat saat tidak ada matahari), saya gampang bersin bersin sesekali pilek

      • chris13jkt May 18, 2014 at 11:08 AM #

        Di sini fajar dan senjanya banyak terhalang gedung tinggi, jadi kalau mau menikmatinya ya harus manjat dulu πŸ˜›

        Wah aku baru tahu lho ada yang sampai segitunya seperti Aqied, koq bisa ya gampang bersin dan pilek kalau gak ada matahari? Wah jangan-jangan Aqied ini keturunan Superman, soalnya kalau di komik itu Superman bakal tambah kuat kalau kena sinar matahari tuh Qied πŸ˜€

      • aqied May 18, 2014 at 11:39 AM #

        hahahaha tapi superman kalo malam masih tetep bisa dinas.
        yang paling mungkin sih sepertinya aku memang dari negara api.
        ingat kan sejak negara api menyerang, negri kita nih makin panas

      • chris13jkt May 18, 2014 at 11:56 AM #

        Nah ketahuan nih kalau Aqied penggemar film seri Avatar. Kalau gitu jangan-jangan Aqied ini keluarganya Pangeran Zuko, atau malah penjelmaan Putri Azula πŸ˜€

      • aqied May 18, 2014 at 1:47 PM #

        kalo aku masak sih lebih suka pakai api biru. jd mgkn aku lebih condong sama Azula yg api nya biru. yang masih penasaran tuh gimana cara ngenakin teh pke pengendalian api ala ala paman Iroh ya. aku kan suka minum teh jugaaa

  22. monda May 18, 2014 at 8:59 AM #

    senja dan pagi yang selalu indah…
    aku juga lebih sering lihat dari kendaraan.., mau berenti di jalan tol nggak ada tempat parkir

    • aqied May 18, 2014 at 11:37 AM #

      hehehe. iya bunda.
      kalo di sini, paling pas selo aja aku mlipir masuk2 jalan kecil. kalo berhenti di pinggir jalan raya solo jogja yg ramai itu jg gak berani

  23. cumilebay.com May 18, 2014 at 3:18 PM #

    Oh kamu tinggal di kampung yaaa, masih ada sawah2 yeee. Jadi selama ini gw temenan ama anak kampung ??? #Kaburrrrr #DitimpukSepeda

    • aqied May 18, 2014 at 5:24 PM #

      iyaaaa ooom
      aku gadis kampung yg polos dan gak.pantas berkawan dengan anak bupati.
      *haiyah apa lah ini

  24. Ditter May 18, 2014 at 4:07 PM #

    Tos! Di sini aku juga bisa menikmati matahari dengan mudah. Aku sering denger cerita, matahari selalu didambakan oleh masyarakat yg ada di negara dengan 4 musim sana. Makanya kita harus bersyukur nih, hehe….

    • aqied May 18, 2014 at 5:26 PM #

      Tooooossssss!!!!!
      iya mas. bersyukur kita selalu dapat matahari sepanjang tahun ya. mgkn kalo di negara air sana ketemu matahari udah anugrah banget. gak pantes lah kalo kita banyak ngeluhin matahari.
      mas adit dimana sih? di jogja juga bukannya ya?

      • Ditter May 18, 2014 at 7:16 PM #

        Aku di Jogja, tepatnya di Condongcatur πŸ˜€

      • aqied May 18, 2014 at 7:56 PM #

        ealah. aku big city alias kotagede, mas. tetangga ternyata πŸ˜‰

  25. comtelcell May 18, 2014 at 8:32 PM #

    damai sekali rasanya yia bos..

    • aqied May 18, 2014 at 8:43 PM #

      Iya. Sayangny gak tiap hari jg dpt begitu

  26. resep kuliner May 21, 2014 at 2:30 PM #

    senja di sore hari sangat indah

Trackbacks/Pingbacks

  1. Senja Di Embung Nglanggeran | Aan Prihandaya - May 20, 2014

    […] kejenuhan dan sakaw jalan-jalan tapi enggak punya duit. Setelah berkomunikasi dengan seorang teman, akhirnya jadilah travelling dadakan dengan tujuan kawasan gunung api purba Nglanggeran. Kenapa? […]

  2. #CHSA: 110 vs 125 | Cacatan Hari Hari - September 8, 2014

    […] pernah saya tulis di “Satu Jam Bersama Senja” dan “Senja Cara Gue“, saya butuh waktu sekitar 1 jam untuk menembus jarak 55 KM dari kantor (dan mess) ke rumah […]

Leave a Reply

