Aku Rapopo Meski Rodho’ Popo

11 May

“Hidupmu enak banget ya, Qid”
“Makan enak terus nih”
“Wow jalan jalan lagi?”
“Main mulu sih, Qid”
“Kaya Aqid tu loh, hidupnya enak banget

image

Area leyeh leyeh bukan area galau, kakaak

Sejak beberapa lama saya makin lama makin kebal dengan anggapan-anggapan seperti itu. Terutama jika yang berkomentar mereka-mereka yang tidak dekat atau tidak mengenal saya seutuhnya. Atau sudah lamaa tidak kontak dengan saya secara pribadi, dan cuma menilai saya dari sosmed ajeh.
Yap, saya memang rada rada ketegantungan sama sosial media. Mungkin karena makin lama rekan rekan dunia nyata saya makin menyebar ke segala penjuru. Mungkin juga karena saya sering di pelosok yang belum banyak punya temen main. Mungkin saya memang ad bakat narsis. Mungkin juga bukan semuanya. Tapi intinya, paling nggak ada beberapa akun sosial media yang cukup lumayan selalu ada update setiap harinya. Seperti instagram, twitter, dan facebook (khusus yg trakhir lebih sering hasil share dr instagram/blog aja).
Saya pikir, mungkin masi banyak atau ada yang selama ini mengira apa yang ada di sosial media bisa menggambarkan seutuhnya si pemilik sosial media tersebut.
Ada yang setuju?
Baiklah, saya sih gak setuju 100%, tapi gak bantah 100% juga.
Buat saya, setiap orang itu berbeda-beda. Tujuan setiap orang ber sosmed juga berbeda-beda.
Ada yang memang menampilkan dirinya seutuhnya apa adanya positif negatif di sosmednya. Apapun tentang dirinya disampaikan di sosmed.
Ada yang pencitraan di sosmed dengan menampilkan semua yang positif saja di sosmednya.
Ada yang emang suka pamer dan sosmed bisa ndukung banget hobi pamernya.
Ada yang jadiin sosmed sebagai ganti dinding ratapan dan buku hariannya sehingga cuma curhat aja semacam dirinya org paling menderita di dunia.
Ada yang tujuannya menjaring sebanyak-banyaknya downline di MLM dia (yg ini biasanya suka saya unsubscribe kalo di Fb).
Dan masih banyak lagi. Termasuk alasanmu mungkin belum termasuk yang saya sebutin.

Saya termasuk pengguna sosmed yang seperti kebanyakan. Kadang suka share hal hal gak penting. Semacam makan apa dimana. Kadang suka shareΒ  lagi dimana dan ngapain. Kadang share lagi kepengen apa. Kadang curcol aja pemikiran saya yg kalo kelamaan ngedon di kepala doank, nyumpek2in.

Saya termasuk yang mana?

Ada macam macam sosmed itu berarti memang masing-masing saat dibuatnya punya tujuan sendiri. Saya gak bisa nyamain twitteran dengan facebook. Gak bisa juga saya jadiin instagram seperti path. Begitu pula sebaliknya.

Di facebook, saya jarang update status di wall saya sendiri. Dulu mungkin iya. Saat ini wall facebook saya lebih banyak berisi hasil share dr upload foto instagram dan update blog aja, meski hampir tiap hari saya buka facebook. Saya lebih memanfaatkan facebook sebagai komunikasi. Terutama di group-group yang saya ikuti. Hingga sekarang sih saya lihat group facebook cukup bisa kasih informasi dan sarana komunikasi yang lebih jelas. Masih banyak juga komunitas yang komunikasi dunia maya nya di group facebook.
Selain itu juga bisa menemukan teman teman yang sempat lost contact. Jadi hingga sekarang sih akun facebook saya masih terawat. Kadang bingung juga sih meski (sepertinya) sudah cukup selektif buat nge add ataupun approve friend, masih suka bingung sendiri dan merasa gak kenal sama yg sudah jd friend. Kalo males malah friend request saya biarin numpuk.
Karena friend saya lumayan luas di dunia facebook, saya tidak banyak nyampah status dan curhat atau apapun yang negatif dan potensi nyumpek2in halaman muka friends saya. Itulah kenapa yang di share disana kebanyalan hanya foto dr instagram.

Instagram, sejak punya akunnya di 2012 (telat banget), saya sudah posting macem macem. Dengan jumlah follower yang gak sebanyak friend facebook, saya jd lebih enteng aja post sana sini. Saya posting mulai dr foto serangga, makanan, lokasi-lokasi yang saya datangi, hasil jepret asal saya thd objek tertentu, kadang2 juga selfie. Kadang dari sini juga yang pd menyimpulkan sendiri.
Misal, foto makanan yang saya upload memang biasanya yg terlihat menarik. Saya juga gak suka upload foto rombongan seabrek sekali upload. Takut nyumpek2i halaman home follower saya. Jd misal sekali makan di mana, punya foto berapa. Saya uploadnya bisa smp beberapa hari. Begitu juga jenis-jenis foto lainnya.

Twitter mungkin jadi sosmed yang paling berisik. Sesuai namanya, saya cukup sering berkicau disini. Isi twit saya kebanyakan berasal dr apa yang saya lihat, dengar dan rasakan.
Dulu saat masih diatara nganggur dan kuliah (statusnya garap skripsi tp gak digara). SayaΒ  rajin baca koran dr halaman depan sampai belakang, tau dan update acara tv, mulai dr musik, semua siaran berita, ftv, film, de el el. Jd saya bisa ngetwit sesuai update apa di media hari itu. Sekarang sih lebih banyak gak mutu. Semakin sedikit halaman koran yg saya baca, portal berita yg saya kepo, dan tipi yang jarang nyala.

Baru kemarin saya ditanya Ibu kenapa April lalu saya sampai kehilangan berat badan cukup banyak. Ya saya ceritain donk kenapa kenapa nya. Komentar Ibu
“Tapi status twitter dan blog kamu gak kelihatan kalo knapa knapa”.

Saya sih mikirnya, apa pantas saya berkeluh kesah pada dunia. Mengumumkan ke khalayak ramai kalau saya lagi susah. Seakan akan saya org paling merana di dunia. Sementara di luar sana masih banyak sekali mereka yang jauh tidak lebih beruntung dari saya, namun mampu bersyukur lebih baik dari saya.

image

Instagramming in a beach. Tanjung Papuma, Jatim

Yes. Aku rapopo meski sebenarnya aku rodo’ popo.

85 Responses to “Aku Rapopo Meski Rodho’ Popo”

  1. nyonyasepatu May 11, 2014 at 9:48 PM #

    Hahaha yg keliatan sama org2 pas happy2nyq aja ya Qied😊 kalo yg sedih2 gak usah dipostinglah, simpen sendiri

    • aqied May 11, 2014 at 9:50 PM #

      iyap, mb Noni.
      dunia gak perlu tau kalo sebenarnya aku rodo popo

  2. ysalma May 11, 2014 at 10:32 PM #

    saya malah belum punya instagram Qied,
    ga berbakat di medsos kayaknya saya,
    semuanya isinya share update blog πŸ™‚

    • aqied May 11, 2014 at 10:45 PM #

      hehehehehe gatau suka n masih betah aja instagram an. walo banyak yg ancur juga poto2nya.

  3. duniaely May 11, 2014 at 10:50 PM #

    Aku malah blom punya akun Facebook dan IG πŸ™‚

    • aqied May 11, 2014 at 10:54 PM #

      dukung Mb Ely buat instagrammmmmmmmmmmmm!!!!

    • Chrismana"bee" May 12, 2014 at 9:14 AM #

      Ikutannnn dukuuungggg,… πŸ˜€

      • duniaely May 12, 2014 at 8:35 PM #

        Wah …. πŸ˜›

      • aqied May 12, 2014 at 8:37 PM #

        *antri jd follower

      • duniaely May 12, 2014 at 8:38 PM #

        Wah .. aku blom byk ngeh nih ttg IG, ndeso ya? πŸ˜€

      • aqied May 12, 2014 at 9:33 PM #

        hehehehe. sambil jalan mb el.
        poto mb ely kan bagus baguss

  4. ochimkediri May 11, 2014 at 11:13 PM #

    ada tuh temen fb yang statusnya susaaaah mulu,kayaknya nggak ada enak2nya πŸ˜›

    • aqied May 11, 2014 at 11:17 PM #

      bacanya bikin kasian ato malah malesin kalo kaya gitu?
      dulu pernah ada, pke misuh2 terus pula. aku unfriend walopun dia temenku. ngganggu plus bikin aku ikutan mikir yg gak enak2. pengen ikutan ngeluh2 juga. males lah

      • ochimkediri May 12, 2014 at 2:38 PM #

        males banget laaah..kayak orang paling menderita sedunia,hahhahaaa

      • aqied May 12, 2014 at 8:29 PM #

        Padahal yg lebih menderita dari dia aja masih bisa bersyukur dan gak lebay yak

  5. hilmanfirdaus1410 May 12, 2014 at 6:09 AM #

    kalau aku sering disangka banyak duit krn sering pergi, padahal duit aku pas-pasan.
    lagian bnyk orng yg duitnya lbh banyak toh ngga k mana2. . πŸ˜€

    • aqied May 12, 2014 at 7:30 AM #

      iya bener. kalo suka jalan dikit mesti dikira duitnya banyak.
      gpp deh kaya gitu sih di amin in aja.

      • hilmanfirdaus1410 May 12, 2014 at 7:40 PM #

        haha. iya ya mba. mudah2n jd doa buat kita beneran banyak duitnya πŸ˜€ πŸ˜€

      • aqied May 12, 2014 at 8:17 PM #

        Aamiin. Gak tau mereka ya kalo buat jalan tuh ngumpulin duitnya pke keringat darah dan air mata. Halah lebay

      • hilmanfirdaus1410 May 14, 2014 at 5:30 AM #

        aku ngga tau mba. yg tau ibu bapak ku . hahaha ..

      • aqied May 14, 2014 at 9:59 PM #

        Kalo gitu perjalanannya mgkn yg pke darah keringat dan air mata ya

      • hilmanfirdaus1410 May 15, 2014 at 5:22 AM #

        iya πŸ˜€

  6. jampang May 12, 2014 at 8:20 AM #

    kan ada qoute kalau nggak salah
    “you are what you eat”
    “you are what you read”
    “you are what you write”
    mungkin selanjutnya berkembang….
    “you are what you upload”
    “you are what you twit”
    “you are what you update”
    πŸ˜€

    • aqied May 12, 2014 at 8:24 PM #

      Yaaah padahal aku ngetwit n nge sosmed pake admin.
      *gaya
      *padahal di admin in sendiri ato sesekali dibajak

  7. Chrismana"bee" May 12, 2014 at 9:13 AM #

    Urip kuwi emang sawang sinawang yo mbak, sing nyawang ketok’e kepenak tapi sing nglakoni ra kepenak, sing nyawang ketok’e ra kepenak tapi sing nglakoni kepenak
    awalnya aku rapopo tapi sekarang semacam aku rapokro,.. hahhaaa *eh ini buat saya sendiri lohhh jangan tersungging πŸ˜€

    • aqied May 12, 2014 at 8:26 PM #

      Hahahahahaahaaaa rapopo padahal sakjane rodo’ popo.
      Iya sih. Mestinya kita bersyukur aja apapun yg kita punya yaa.

  8. Beby May 12, 2014 at 9:16 AM #

    Lha aku sampe sekarang belom punya IG, Mbak. Wkwkwk.. πŸ˜€
    Socmed ku uda ku berhentiin semua, kecuali satu akun fb untuk maen game tok. That’s all. Keknya lebih enjoy maenan blog :p

    Bahagia itu relatif kan ya.. Yang orang liat sama kita rasain belom tentu satu frekuensi. Tapi woles aja Mbak, makin bikin sirik kalo bisa. Bahahah

    • aqied May 12, 2014 at 8:28 PM #

      Hahahahahaaaa suka gayamu, Beb.
      MAKIN BIKIN SIRIK
      itu tandanya yg sirik2 kurang bersyukur.
      Fans blog kamu kan ud banyak. Kalo eike belon, jd kudu ngumpulin fans seiprit2 dr tiap sosmed.

      • Beby May 12, 2014 at 10:44 PM #

        Wkwkwk.. Daripada kita yang pening, bagus kita bikin orang tu makin sirik. Hahah.. Simpel kan. πŸ˜€

        Halah. Siapa bilang fans blog ku banyak? Biasa aja kok, Mbak πŸ™‚

      • aqied May 12, 2014 at 10:47 PM #

        Udah lah Beb. Ngaku ajaah.
        Kalopun kenyataannya gak gitu, bilang aja iyaaa. Kan biar aku sirik.
        Wkwkwkqkwwk

  9. mawi wijna May 12, 2014 at 11:48 AM #

    Gimana yo Qid? Klo aq sih menganggap media sosial itu sebagai bagian dari “pencitraan” aja. Apa yg kamu bagi di media sosial bakal mencitrakan dirimu ya yang seperti itu.

    Klo buat aq sih klo memang kita ngerasa sudah banyak berbagi hal-hal menyenangkan, ya dicoba unntuk berbagi hal-hal yang menyedihkan. Eh, tapi jangan mengundang belas kasihan. Ya kira-kira, kita berbagi hal-hal menyedihkan agar kita selalu ingat dibalik kesenangan ada kesusahan, hahaha, sok filosofis. πŸ˜€

    • aqied May 12, 2014 at 8:21 PM #

      Hihihi. Aku rada lucu kayanya kalo berbagi kesedihan. Beberapa kali sih aku share tentang hal hal menyebalkan diblog sini. Beberapa kali juga nyampah di twitter soal hal hal menyedihkan. Tapiiii jatohnya kadang malah aneh. Kebanyakan pd ngakak2 sama gaya critanya.
      Mgkn belom bakat buat filosofis begitu ya.

      Kalo soal pencitraan, jangan2 bener kata Ibu aku kalo aku menampilkan bahagia2 untuk nutupin susah2 n stres2nya. Semacam lagu Senyum nya Emilia Contessa (entah macam mana pula lagu itu).

      Horeee akhirnya gak pake mbak mbok an lagiiii. Thanks Mas Wijna

      • mawi wijna May 18, 2014 at 6:37 AM #

        pokoknya tetep sabar wae yo mbak #eh

      • aqied May 18, 2014 at 11:32 AM #

        hihi tau aja kalo aku aslinya gak sabaran.
        gak pake MBAK mbok an yaaa
        *pentung

  10. dyazafryan May 12, 2014 at 2:53 PM #

    hahha.. kamu rapopo qied??
    yah, nikmatin aja hidup ini…

    berbagi kesenangan.. πŸ˜€

    • aqied May 12, 2014 at 8:07 PM #

      hahahaha. menurutmu yg berteman denganku di 3 medsos itu gimana, yaz?

      • dyazafryan May 14, 2014 at 11:17 AM #

        hahaha.. gimana ya..
        mau tau aja apa mau tau banget??

      • aqied May 14, 2014 at 12:15 PM #

        mau kasih tau ato gak mau kasih tau?

      • dyazafryan May 14, 2014 at 1:39 PM #

        hmmm pilih yang mana yaa… πŸ˜›

      • aqied May 14, 2014 at 2:05 PM #

        tentukan pilihanmu sekarang

      • dyazafryan May 14, 2014 at 2:08 PM #

        hahaha…. πŸ˜€

      • aqied May 14, 2014 at 6:40 PM #

        malah ketawa

      • dyazafryan May 14, 2014 at 6:44 PM #

        yang berteman denganmu di 3 medsos itu semoga bahagia.. πŸ˜€ dan akan bahagiaa
        aminnn…

      • aqied May 14, 2014 at 7:22 PM #

        aamiin. doakan yg baik baik aja yaa.
        maksud pertanyaanku, kamu kan berteman dg ku di 3 medsos yg ku sebutin itu. nah, menurut kamu aku bagaimana di 3 medsoa ituuu

      • dyazafryan May 15, 2014 at 12:14 PM #

        hahhaa. ohh aku toh…
        kamu yaaa,,,
        hmmm.. sama aja ah…
        narsis kali yaa…
        wkwkwkw

      • aqied May 15, 2014 at 12:51 PM #

        dibandingin sama kamu, aku masih kalah narsis gak?

      • dyazafryan May 15, 2014 at 1:06 PM #

        aku mah yang kalah… kamu ma ratunya.. wkwkw πŸ˜€

      • aqied May 15, 2014 at 2:12 PM #

        duh. masa iya ya ternyata aku sebegitu narsisnya? ow

      • dyazafryan May 16, 2014 at 9:32 AM #

        hahaha.. iah lah… post instagram udah banyak. wkwkwk

      • aqied May 16, 2014 at 10:06 AM #

        Wkwkwkwkwkwk banyak tapi ancurrr semua

      • dyazafryan May 16, 2014 at 10:08 AM #

        hahhahaa.. yang penting banyak.. πŸ˜€

      • aqied May 16, 2014 at 10:27 AM #

        *hapusin foto satu satu

      • dyazafryan May 16, 2014 at 10:30 AM #

        hahahhaa…
        jiahh… πŸ˜›

  11. rafiq jauhary May 12, 2014 at 9:00 PM #

    Sengaja menampakkan bahwa saya kuat, aku rapopo.. padahal aku rapuh porak-poranda, ahahaha

    • aqied May 12, 2014 at 10:26 PM #

      hahahahahaha yg rapuh porak poranda gak perlu lah diumumin ke khalayak ramai lewat sosmed.
      bukan konsumsi publik

  12. sukasukakeii May 12, 2014 at 10:51 PM #

    aku rapopo tapi lapaar 😦
    huahahaha… ud lama bgt ga main FB.. gr2 ud nggak sreg lagi..akhirnya milih deactive..
    (-___-“) samaa ajaaahhh… kl dr sosmed mah orang ngiranya aku cerah ceria mulu… giliran ketemu langsung syok ngelihat badan kurus nan tinggi menjulang..lol
    kalo kata emak.. ” berasa nggak dikasih makan aja nih anak..”

    • aqied May 12, 2014 at 10:56 PM #

      Hahahahahaaaa. Kalo aku sih kesan pertama orang2 ke saya rata rata sama: Jutek atau Judes.
      Padahal kaaaan aku baek hatiiii.

      • sukasukakeii May 13, 2014 at 12:14 AM #

        eiiihh samaaaa kak… (-____-“) orang y ngelihat fotoku doang pada bilang aku judes mukanya… gara2 alisnya sangar (?)

      • aqied May 13, 2014 at 6:06 AM #

        Hahahahaha kalo aku bukan karna fisik sih. Mgkn aku kurang keliatan friendly kalo lg diem

  13. Aulia Fitri May 13, 2014 at 4:33 AM #

    Aqied lagi galau mode on ya πŸ˜†

    • aqied May 13, 2014 at 6:05 AM #

      Hahahaha koq nyimpulinnya gitu mas?

      • Aulia Fitri May 13, 2014 at 1:43 PM #

        Habis baca kalimat pembuka itu :p

      • aqied May 13, 2014 at 2:07 PM #

        “it’s okay to be galau” kata iklan

  14. jarwadi May 13, 2014 at 7:32 AM #

    kayaknya sih kamu memang punya bakat narsis πŸ˜€

    • aqied May 13, 2014 at 7:34 AM #

      Hahahahaha. B.A.K.A.T

  15. Taufiq Firdaus A A May 13, 2014 at 1:56 PM #

    lagi musimnya ya ra po po hehehe

    • aqied May 13, 2014 at 2:08 PM #

      rodho’ popo sakjane

  16. BangKoor May 13, 2014 at 4:22 PM #

    Hallo mbak…

    Setuju mbak. Loh kok tiba-tiba setuju aja. Hehe..

    Maksudnya setuju kalo kita yang di sosial media itu bukan 100% kita, bahkan bisa jadi beda dengan kita di dunia nyata. Aku ya begitu. Di dunia maya aku cerewet, tapi di dunia nyata kebalikannya.

    Akhir-akhir ini sih ketergantungan aku sama sosial media cenderung meningkat mbak. Bukan apa-apa, lah kebanyakan sumber informasi ya dari sosial media. Jadi mau nggak mau ya kudu update dan eksis di sosial media.

    Kalo masalah temen-temen yang nggak jelas, aku bikin aturan sendiri mbak. Di facebook, boleh add asalkan punya minimal 3 mutual friends dengan aku. Kalo nggak lulus syarat itu, ya nggak aku approve πŸ˜€

    • aqied May 13, 2014 at 11:47 PM #

      hahahahahaha
      trimakasih Mas.

      apa yg ditulis di sosmed kan ditulis sendiri oleh pemilik akun. jd belum tentu bisa ngerepresentasikan gimana aslinya org tsb seutuhnya. saya juga (kayanya) friendly, tp kesan pertama org ketemu saya di dunia nyata rata2 sama: judes/jutek.

      soal standar nge approve pertemanan di facebook, dulu jg saya approve aja asal mutual friend nya >10. tapi ternyata mutual friend gak jd jaminan saya kenal atau gak nya.
      akhir2 ini malah beberapa friend request dg mutual friend lebih dr seratusan saya ignore. karna memang gak kenal.
      sebaliknya, ad beberapa friend request yg saya terima karna saya kenal, tp mutual friend nya dikit atau bahkan gak ada.

      • BangKoor May 14, 2014 at 3:06 PM #

        Haha.. satu lagi, aku juga males approve yang nggak pake nama sendiri, atau juga pake foto orang lain. Apalagi yang pake nama alay. Jangan harap aku approve. Haha..

        *kejam nggak sih akunya

      • aqied May 14, 2014 at 7:22 PM #

        betul betul betul. kalo ud namanya aneh apalagi pke alay n hurufnya bertumpuk2 sampe susah dibaca. ignose saat itu juga. males

      • BangKoor May 15, 2014 at 7:02 PM #

        Pernah ketemu sama temen, tenyata yang add dengan bukan nama sebenarnya itu dia. Ya gimana, wong aku nggak tau. Salah sendiri pake nama alien. Haha..

      • aqied May 15, 2014 at 8:39 PM #

        Hahahahaha resiko ditanggung pemilik akun

  17. Rahad May 14, 2014 at 6:38 AM #

    Saya lebih suka menyimak aja, di twitter paling cuma buat liat2 portal berita atau info2 terbaru, sm baca2 tweet2 lucu2 dr akun favorit, udah gitu aja πŸ˜€

    • aqied May 14, 2014 at 10:06 AM #

      kalo aku gak mesti sih. kadang ad masanya seneng silent reader. kadang ad masanya gak baca sama sekali tp ngetwit banyak. hahahaha. suka suka.
      kalau di facebook jg jarang nyetatus.

  18. Ditter May 14, 2014 at 9:24 PM #

    Hahaha…. Setiap kali buka Facebook, aku juga sering ngelihat status dari teman-teman yg sepertinya bahagia selalu. Walaupun aku nggak tahu juga dalemannya bagaimana, hehe…

    Btw, berat badanku dua minggu ini nambah, dan karena itulah sekarang ini aku bahagia :))

    • aqied May 14, 2014 at 9:39 PM #

      ikut seneng kalo temen bahagia. hehehe
      tapi ad juga gak friend fb nya yg kayanya susssaaaahhhh banget. ato mgkn bahagianya yg semacam ‘syukut berkedok pamer’, wkwkwkwk.

      selamaaaat berat badannya naik. kalo naim terus siap2 baju baruuuu.
      berat ku udah udah balik yg 3 kg nya. hehw

  19. BangKoor May 14, 2014 at 11:27 PM #

    haha.. entah udah berapa yg coba add, tapi nggak aku approve. Pernah juga ada temen yg add, nggak aku approve gegara pake nama alay dan foto orang lain. Setelah ketemu orangnya baru tau kalo itu dia. Ya mana aku tau.. salah sendiri.. haha..

    • aqied May 15, 2014 at 12:49 PM #

      hahahahaha. pernah juga ad yg friend request yg ternyata dr temen SD aku yg ud lost contact lama banget. aku ignore, tetep nge add terus smp 3x tetep aku ignore. akhirnya dia inbox bilang kalo dia temen aku.
      hihihi baru aku approve

  20. monda May 15, 2014 at 8:44 AM #

    buka fb sekarang kl lagi mau bw aja ..
    cari2 link baru yang bahasannya cocok dgn minat..
    selebihnya sama sepertimu nggak bikin status cuma isinya forward dari blog dan IG

    • aqied May 15, 2014 at 12:50 PM #

      iya. entah kenapa fesbuk tak seseru jaman masih ababil dulu. hihihi

  21. jampang May 15, 2014 at 1:38 PM #

    mbak… ada PR dari saya. cek di TKP

    http://jampang.wordpress.com/2014/05/15/the-liebster-award-dariku-untukmu/

    • aqied May 15, 2014 at 5:20 PM #

      Terimakasih, Mas Rifkiiiii

  22. ini tom August 30, 2016 at 10:08 AM #

    puk-puk-puk.. It always apply: the grass is always greener on the other side. In Javanese: “wang sinawang”..

Leave a Reply

