Nostalgia Pasar Malam

13 Apr

image

Kerlip lampu berputar dalam roda raksana bernama bianglala, warna warni tenda menggoda saya menyambangi pasar malam. Letaknya yang terlalu dekat dengan rumah dinas (baca: mes) kantor saya dan selalu membuat saya melewati, semakin membuat saya penasaran. Seketika saya bertanya
“kapan terakhir kali ke pasar malam semacam ini?”

image

Suasana pasar malam yg mulai sepi

Masa kecil saya jauh dari permainan unik seperti disajikan pada umumnya pasar malam. Saya hanya mengetahui bianglala, ombak banyu, rumah hantu, komedi putar, kereta-keretaan dan lain sebagainya melalui buku cerita. Masa kecil saya lebih banyak bersama sapi, kambing, lumpur, memberi makan bebek, dan bermain perahu di bawah sinar matahari. Tapi, tentu saja kali ini saya bukan penasaran nyobain segala wahana permainan yang tidak cocok dengan usia saya sekarang itu (kemudian diusir sama mas-mas operator permainan).
image

Jumat malam kemarin, saya sengaja berjalan kaki ke pasar malam tersebut. Banyak hal seru dan lucu yang dijual belikan. Juga ramai dengan Ibu-ibu yang sibuk tawar menawar dagangan, diiringi rengekan anak-anak ingin mencoba permainan. Aneka makanan manis murah meriah menggoda dan memanggil-manggil, meski akhirnya tidak ada yang satupun yang saya beli.
image

image

Ragam sandang dan alas kaki ditawarkan murah meriah. Tak ketinggalan alat-alat rumah tangga, pernak pernik aksesoris yang dapat ditebus dengan senyum dan pedang pattimura. Dan yang tak pernah ketinggalan, topeng superhero lengkap dengan aneka macam senjata andalan masing-masing. Sayangnya saya tidak terfikir untuk koleksi ini.

image

Akhirnya ada juga yang menarik dan membuat saya terbelalak. Yup, mainan anak-anak murah meriah mulai dari yang tradisional hingga modern. Semacam membangkitkan kembali nostalgia masa kecil saya.
image

Dakon, Karambol, Monopoli, Ular Tangga, Papan Catur, hingga Gembot (aselik saya gak tau tulisannya gimana yg bener) membuat saya tertawa tawa mengingat masa kecil. Alhasil, pulang lah saya dengan membawa papan Dakon (atau populer juga dengan nama Congklak, Lumbung, Cato).
image
image

Keliling-keliling saya di pasar malam itu, di akhiri dengan menikmati malam berkawan segelas teh panas gula batu. Di pinggir lapangan, ada wedangan (atau HIK alias Hidangan Istimewa Kampung, atau di Jogja dikenal dengan Angkringan) yang selalu ramai. Pukul 21.00 saya pulang dengan bahagia,  membayangkan melihat anak-anak kecil di suatu kampung bermain permainan tradisional dan lebur bersosialaisasi antar mereka, instread of permainan modern dalam gadget yang membuat mereka lupa pada lingkungannya.

image

Sehari stelahnya lihat anak anak ini main lumpur

Bahagia itu sederhana, bukan?

34 Responses to “Nostalgia Pasar Malam”

  1. Sigoese April 13, 2014 at 11:28 PM #

    Ada typo tuh… :p

    • aqied April 13, 2014 at 11:30 PM #

      Ncen aku ki miss typo og, mas. Nulis jenengku dewe kerep typo. Ethok2e ra ngerti wae yo
      *blogger pemalas

  2. potretbikers April 13, 2014 at 11:28 PM #

    Ditempatku masih ada, meski notabennya dekat Bandara Internasional 😉

    • aqied April 13, 2014 at 11:35 PM #

      Wee mas PB deket juanda toh? Yg Terminal 1 ato 2? Aku pernah naxi ke Terminal 1 trus disàsarin ke T2, njuk aku nesu2 dan itu lah pertama kali dalam sejarah aku naik taxi pake nawar. Wkwkwkwk
      *eh komennya jd OOT

      • potretbikers April 13, 2014 at 11:41 PM #

        wakakak, saya ditengah-tengahnya. Jadi antara T1 & T2, jadi jaraknya sama-sama sekitar 5km’an dari kost’an saya. Wach, tukang taxi_nya sengaja tuchh, kalau Domestic semua tetap di T1, kalau Internasional baru di T2

      • aqied April 13, 2014 at 11:44 PM #

        Domestik garuda di T2 kmarin nganter temen. Tp entah juga lah. Iyeeeh aku ngamuk2 donk. Dikiranya aku buta banget surabaya apa (padahal emang iya).

      • potretbikers April 13, 2014 at 11:56 PM #

        owch iya, sorry lupa….untuk Garuda walau Domestik ada di T2 😉

  3. nyonyasepatu April 13, 2014 at 11:45 PM #

    Pengen punya papan congklak yg dr kayu

    • aqied April 13, 2014 at 11:45 PM #

      Ah iya mb nonii. Itu dibuat ornamen pajangan rumah juga cantik bangeeet.

  4. Beby April 14, 2014 at 1:33 AM #

    Barusan kelar pasar malem di daerah rumah ku, Mbak.. 😀
    Pengunjungnya selalu rameee.. Plus rebutan naek kuda poni sama anak kecil. Hihihi.. :p

    • aqied April 14, 2014 at 5:29 AM #

      Seru yaa. Kalo yg ini nih di kampung jd kecil aja pasar malamnya. Trus jam 9 ud sepi pd ttup

  5. mawi wijna April 14, 2014 at 3:57 AM #

    Seingat saya dulu kalau ke pasar malam seperti ini pasti nyari harum manis yang kayak kapas gede warna pink dibungkus plastik. Soalnya kalau nyari di pasar nggak ada yang jual. Dan juga itu lho, kapal-kapalan yang gerak pakai minyak bekas. Namanya apa itu…

    • aqied April 14, 2014 at 5:28 AM #

      Itu semua ada mas. Tapi saya gak beli. Hehe
      Iya ada jajan atau jualan yg cm ada di pasar malam ya

  6. ysalmaa April 14, 2014 at 8:06 AM #

    di tempatku dulu juga masih selalu ada pasar malam ini,
    apalagi saat libur sekolah, padahal itu dekat pusatnya mal-mal di daerah Kotamadya daerah pejangga Jakarta.

    • aqied April 14, 2014 at 1:56 PM #

      pasar malamnya lebih ke pasar rakyat gitu kayanya ya?
      kalo di Solo dan jogja pasar malam paling wow itu ya pas sekaten an. rame bgt tapi jadinya malah males. hehehehe
      kalo yg ini di kampung jd kecil aja

  7. dyazafryan April 14, 2014 at 12:00 PM #

    jadi cuma beli dakon aja?? atau ada yang laen??
    itu sendirian??
    ckckc

    • aqied April 14, 2014 at 1:59 PM #

      yup dakon doank n rada lupa2 inget maininnya uda gitu kalah mulu.
      mgkn kalo kamu bakal beli topeng superhero kali ya?
      kayanya akhir2 ini kmu suka ya nanyain ‘sama siapa’ atau ‘sendiri ya?’

      • dyazafryan April 14, 2014 at 5:03 PM #

        iah.. itu adalah pertanyaan yang penting loh.. 😀

      • aqied April 14, 2014 at 6:32 PM #

        kenapa pertanyaan itu penting? dan kenapa kamu
        pengen tau jawabannya?
        mmmmm kasitau gak yaaa

      • dyazafryan April 16, 2014 at 10:22 AM #

        hahha.. karena aku ingin tahu.. 😀

      • aqied April 16, 2014 at 10:24 AM #

        Pas ini gak sendiri sih. Lupa gak nyisipin kata “kami’

      • dyazafryan April 16, 2014 at 1:40 PM #

        ah.. masa??

      • aqied April 16, 2014 at 2:19 PM #

        Gaharus poto bareng juga kan. Klopun poto bareng juga gaharus di publish kan ;p

      • dyazafryan April 16, 2014 at 2:40 PM #

        hahahha.. yaudah deh…
        *kabur

      • aqied April 16, 2014 at 8:44 PM #

        Masukin dyaz ke rumah hantu

  8. jampang April 14, 2014 at 12:40 PM #

    dulu datangin hiburan malam kalau ada layar tancap 😀
    pastinya tukang dan pedagang banyak yang muncul.

    kalau pasar malam di sini adanya cuma jualan doank, nggak ada wahana mainannya. soalnya pasarnya manfaatin jalanan 😀

    • aqied April 14, 2014 at 3:56 PM #

      waaaa om jampang aku belom pernah tuh seumur hidup ngerasain n lihat yg namanya layar tancap. penasaran bangeeeet
      ooo jd semacam pasar dadakan kalo malam gitu ya?

      • jampang April 14, 2014 at 3:57 PM #

        rutin. tiap malam apa gitu. cuma sekarang di deket daerah tinggal udah ditutup

      • aqied April 14, 2014 at 6:25 PM #

        oooh jd ad hari terteny yg malam2 jalanannya jd pasar dadakan gitu ya

      • jampang April 14, 2014 at 8:46 PM #

        Biasanya malam minggu

  9. duniaely April 14, 2014 at 4:39 PM #

    jd kangen ke pasar malam di kampungku sana, byk sekali ya yg jualan, anak anak pasti pd senang tuh di sana 🙂

    • aqied April 14, 2014 at 5:57 PM #

      lucuu gitu kalo anak kecil ngerengek2 sama ibunya buat naik ini itu beli ini itu. sayangnya aku dulu belom pernah ngerasain masa kecil ke pasar malam

  10. Richoku April 15, 2014 at 3:50 AM #

    Jadi ingat masa kecil dulu, mbak. di daerah saya adanya pada waktu tertentu. seperti mendekati perayaan hari jadi kabupaten. tidak setiap malam ada. paling lama mungkin sebulanan. nyebutnya Pameran. dulu juga masih pernah beli perahu yang pakai minyak tanah itu, mbak. yang mutar di bak berisi air, hhaha. seru. eh tapi bulan Januari pernah ke pasar malam yang di Lawang, mampir pas habis uji nyali, hhhaha. seru, saya jepret anak-anak yang lagi mancing, mukanya serius, lucu 😀

    • aqied April 15, 2014 at 5:12 AM #

      Ini juga gak tiap malam sih tapi kayanya sering dan saya gabisa niteni pas event apa aja. Hehe. Lagipula gak gede gede amat koq.
      Emang seru yaa lihat anak2 serius banget sama permainannya. Sya sukaaaaa banget sama ekspresi anak anak. 😉

Leave a Reply

