Fotocopy

23 Mar

Ini gak ada hubungannya sama sekali dengan posting saya sebelumnya yang bahas hobi saya foto kopi (memotret kopi). Ini fotokopi beneran bukan motret ato lainnya.
Boleh tanya dulu deh ya, kira kira apa sih yang pertama terpikir kalo denger kata “fotocopy” atau “fotokopi” ?
Kalau saya yang terbayang pertama ya Mesin Fotokopi yang segede gambreng itu dan jadi penyelamat banget mahasiswa kere macam saya ini semasa kuliah (Jangan tanya hubungannya apa).
Saya mengenal mesin fotokopi sejak SD nun jauh di pelosok papua sana (boleh buka kategori “Aqied Kecil” buat tau sekolah saya). Ada tempat fotokopi kira2 300 meter dari sekolah. Waktu itu sih saya cuma tau bentuk aja gak ngerti ngoperasiinnya apalagi ngerakitnya. Hehe
Semenjak jadi buruh, saya jadi akrab banget sama mesin fotokopi. Di ruangan saya ada printer 3in1 yang bisa scan, copy dan print.

image

Mejakerja saya juga lagi All in One banget

Di rumah pun, sejak masih kuliah saya punya printer yang katanya All in One yang ternyata maksudnya juga bisa Scan, Copy dan Print. Cuma kalo yg di rumah cuma mentok buat scan/copy dari ukuran A4 aja.
Dulunya sih selalu beli printer yang biasa aja ya. Asal bisa BW n Color, asal bisa nyetak aja. Sampai kemudian ud dua korban printer yang dipake saya bareng Qolbiy (kakak tercintah). Puncaknya printer terakhir mulai rewel pas saya musti skripsweet dan Qolbiy yang ud lulus mulai ga terlalu peduli lagi dg printer. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya pilih beli printer yg plus scanner. Alasan utamanya sih karna saat itu saya seneng desain jugaa (eh, nyambung gak sih alesannya) dan selisih printer baru yg biasa dg yg katanya All in One ini gak jauh plus bisa minta ditambahin duit sama Qolbiy. Terbelilah printer yg sampe sekarang nangkring di rumah.

Namanya mesin ya, punya perasaan juga.
Kadang dia cape, jadinya mogok gak mau ngeprint/ngopy.
kadang dia caper, lampu simbol erornya kedip2 minta diperhatiin dan dicaritau maunya apa.
kadang pengen muntah, jasi ngeluarin tintanya sampe mbleber di kertas.
kadang laper, jadi baru diisi tinta sebentar, habisnya cepet banget.
Dan berbagai sifat manusiawi printer lainnya.

Sayangnya gak selamanya saya bisa ngerti apa mau dia. Belum lagi kalo saya lagi keburu2 butuh cepet, eeeh si printer mogok dengan alasan yang gak saya ngerti. Pernah loh saya marah2 gak jelas sama si printer. Dan terciptalah mahakarya ini tanpa sengaja:

image

Tangan saya kejepit dan tiba2 fungsi fotocopy di printer jalan. Keluarlah kertas dengan cetak tangan saya.
Ternyata dilihat2 lucu juga. Maka hari ini saya nyoba di tangan kanan dan tidak dalam Black n White. Jadinya gak sebagus yg by accident ya.

image

#akurapopo dikerjain printer ato mesin fotokopi

Gara-gara kejadian ini, saya jadi penasaran banget tiap liat iklan LINE. Tau kan yang diiklannya itu ada karyawan yg bete banget sama mesin fotokopi sampai akhirnya mukanya nempel di kaca fotokopi? Nah saya penasaran banget kira2 hasil fotokopi muka nya gimana yaa…

*contoh hasil desain ecek2 aku di masa lampau bisa dilihat di postingan sebelum ini tepat. “Mahasiswa dan FoSSEI

72 Responses to “Fotocopy”

  1. Gusti 'ajo' Ramli March 23, 2014 at 3:28 AM #

    Kenapa mukanya ya gak sekalian di fotocopy kak.. Hihi

    • aqied March 23, 2014 at 6:07 AM #

      Hahahaha, mau lihat dulu hasilnya muka ke fotocopy kaya yg di iklan LINE ituuuh. Kalo bagus baru mw coba juga kali ya. Wkwkwkwk.
      Ato mgkn bang Ajo mw praktek dulu?

      • Gusti 'ajo' Ramli March 23, 2014 at 6:37 AM #

        Nggak ah, nanti mesin fotocopy nya bisa rusak… Hahaha

      • aqied March 23, 2014 at 10:09 AM #

        Gpp bang. Asal bukan hatinya yg rusak. πŸ˜‰

  2. potretbikers March 23, 2014 at 3:59 AM #

    Hahaha, asli FotoCopy πŸ˜‰

    • aqied March 23, 2014 at 6:07 AM #

      Iya nih aselik potokopian

  3. Beby March 23, 2014 at 4:32 AM #

    Hahah.. Tangannya rapopo toh, Mbak? πŸ˜€
    Tapi lucu ya, hasilnya unik..

    • aqied March 23, 2014 at 6:08 AM #

      Iya Beb. Aku rapopo. Teniiin

    • aqied March 23, 2014 at 6:09 AM #

      Kepikiran mw nyoba jg gak, Beb?

      • Beby March 23, 2014 at 11:08 AM #

        Ngga panas tuh? Hihihi..

        Aku ngga punya mesin fotokopinyaaa.. Kalo nyoba di tempat fotokopi ya dibereng sama pegawenya, Mbak :p

      • aqied March 23, 2014 at 11:12 AM #

        Hahahahaahha gak kerasa apa apa koq, Beb. Tuh aja aku gatau tiba2 ud keluar kertas bercetak tanganku.

  4. jampang March 23, 2014 at 7:37 AM #

    yang hitam putih lebih keren, mbak πŸ˜€

    dulu saya make mesin fotokopi cape berdirinya karena harus satu2 ganti halaman, sekarang di kantor ada fasilitas bisa ngopy satu bundel sekaligus. pencet, tinggal, balik udah selesai πŸ˜€

    • aqied March 23, 2014 at 9:47 AM #

      Hehe, yg by accident malah lebih bagus ya drpd yg disengaja.
      Iya fotokopian skrg ud bsa narik kertas jd bsa dtinggal ya. Tp emang kalo mesin fotokopi ngadat pas dbutuhin tuh ngeselin banget ya

  5. dyazafryan March 23, 2014 at 10:03 AM #

    kalo perasaanya di fotocopy bisa mbak???

    • aqied March 23, 2014 at 10:08 AM #

      Mau dperbesar ato dperkecil, mas?
      Berapa copy?

      • dyazafryan March 23, 2014 at 11:13 AM #

        mau dperbesar mbak..
        berapa ya… 2 ribu aja dulu.

      • aqied March 23, 2014 at 11:15 AM #

        Eh dyaz copy perasaanny mau dibagi2 ke 2rb orang? Trus aslinya bwt siapa?

      • dyazafryan March 23, 2014 at 11:17 AM #

        buat satu orang doang kok… πŸ˜€

      • aqied March 23, 2014 at 11:31 AM #

        Oke deh. B&W ato Warna, mas?
        *ud berjiwa operator potokopi banget ya aku

      • dyazafryan March 23, 2014 at 2:05 PM #

        warna bolak-balik ya mbak ukuran a3.. πŸ˜€
        sekalian jilid spiral..
        minta notanya mbak

      • aqied March 23, 2014 at 2:20 PM #

        Kirim ke rekening saya ya mas

      • dyazafryan March 24, 2014 at 2:34 PM #

        potokopiin dulu entar dikirim πŸ˜›

      • aqied March 24, 2014 at 5:00 PM #

        Aslinya mana belum dikasih πŸ˜‰

      • dyazafryan March 24, 2014 at 5:42 PM #

        oiya.. ya..
        mana aslinya yah…
        oiya ya, masih belum dipulangin rupanya.

      • aqied March 24, 2014 at 5:45 PM #

        Berarti gak jd ni, mas?
        Waah batalin proyek besar. PHP ah mas nya ni

      • dyazafryan March 24, 2014 at 5:57 PM #

        kayaknya perasaan aslinya masih ketinggalan deh di tempat yang dulu. πŸ˜€

      • aqied March 24, 2014 at 6:01 PM #

        Disana dirawat dg baik kan? Yaudah gapapa

      • dyazafryan March 24, 2014 at 6:22 PM #

        aku enggak tau.. mungkin udah dibuang.. ;(
        aku buat yang baru aja aslinya.

      • aqied March 24, 2014 at 6:27 PM #

        Iya. Cetak baru aja.
        Biru biru belang belang
        Dulu dulu sekarang sekarang

      • dyazafryan March 24, 2014 at 6:28 PM #

        jiahhh….
        biru-biru belang-belang..
        yang lalu biarlah berlalu..
        *g nyambung…

      • aqied March 24, 2014 at 6:39 PM #

        Ssst jangan bahas warna tar dikira kampanye.
        B&W aja

      • dyazafryan March 24, 2014 at 6:45 PM #

        hitam-hitam putih-putih..
        yang kelam sudah kembali pulih..

        #iniapalagi..

      • aqied March 24, 2014 at 6:52 PM #

        Hahahaha ciye ciyee

  6. anna March 23, 2014 at 1:09 PM #

    Kalo di kantorku ada mesin fotokopi, awalnya yang manual. Saking seringnya fotokopi, sampe bisa tuh benerin kalo ada paper jammed. Trus bisa juga fotokopi bolak balik. Berasa tukang fotokopi. Tp sejak ganti yg digital dan lebih canggih, kegiatan fotokopi jadi kurang menantang.. Mesinnya pinter jarang nge-jammed πŸ™‚

    • aqied March 23, 2014 at 1:27 PM #

      Haha iya mb. Aku ud bisa potokopi perbesar, perkecil, 2 sided, sama utik2 kalo kertasnya pd nyangkut.

  7. nyonyasepatu March 23, 2014 at 6:17 PM #

    Aku paling benci bgt tugas ngopy2 ini waktu kerja dulu hehe. Bny soalnya

    • aqied March 23, 2014 at 10:05 PM #

      Ngabisin waktu ya, mb. Apalagi kalo banyak n potokopi ny yg masi blm bsa narik kertas otomatis. Cape berdiri n nge balik2nya.
      Apalagi kalo ngadat. Rrrrrgggh

  8. nh18 March 23, 2014 at 8:47 PM #

    Scan, Copy dan Print …
    hahaha … itu juga printer yang ada di rumah saya …
    and yes … kapasitasnya cuma sampe A4 saja …

    Salam saya Aqied

    (23/3 : 4)

    • aqied March 23, 2014 at 10:06 PM #

      Tos dulu, om
      jd rada repot kalo mw copy/scan ukuran legal/folio ya, om

  9. Asep Saepurohman March 23, 2014 at 9:00 PM #

    Kayak iklan Line ya. Kasihan itu printernya jangan dimarahin. πŸ˜€

    • aqied March 23, 2014 at 10:08 PM #

      Hihihi, iya
      sayangny di iklan LINE koq gak dikasi liat hasil wajahny yg ke-fotocopy ya.
      Saya penasaran banget

  10. ceritaikha March 24, 2014 at 6:13 AM #

    Jaman kerja dulu aku suka fotocopy.
    Padahal ada ob yg ditugasin.
    Tetep aku suka fotocopy.
    Jadi kl ada yg cari aku pasti aku di ruang foto copy.

    • aqied March 24, 2014 at 3:48 PM #

      Pasti udah hapal banget treatmen nya kalo potokopiannya ngadat

      • ceritaikha March 24, 2014 at 6:21 PM #

        ditendang doonk udah paling bener itu, tp liat iklan di tv jadi ngakak mbayangin betapa aku kasar banget sama si mesin itu

      • aqied March 24, 2014 at 6:24 PM #

        Hahahahaha. Iya banget deh itu iklan LINE. Aku masih penasaran banget hasil muka nya yg ke potokopi itu koq ya gak ditampilkan ya

  11. danirachmat March 24, 2014 at 10:04 AM #

    Hahahaha. Gak ngerti kenapa kok pengen ketawa baca postingan ini Qied.

    • aqied March 24, 2014 at 10:52 AM #

      Punya pengalaman sama mesin fotokopi juga yak?
      Bisa dibuat iseng cetak kaki dan tangan buat koleksi masa pertumbuhan, mas. Hihihi (saran sesat)

  12. cumilebay.com March 24, 2014 at 10:56 AM #

    Di coba aja muka mbak aqid di copy trus di tampilin di blog πŸ™‚

    • aqied March 24, 2014 at 10:57 AM #

      Hahahahahaha om Cumi dulu aja yang nyobain gimanaaa

  13. ochimkediri March 24, 2014 at 3:25 PM #

    malah apik tangane di potokopi πŸ˜›

    • aqied March 24, 2014 at 3:42 PM #

      Njajal mas motokopi tangannya juga

  14. ysalma March 24, 2014 at 4:54 PM #

    Printer yang ada dirumah juga yang sebatas A4 itu aja,
    hasil copy hitam putih tangannya bagus,
    mungkin fotocpy-nya kasih tau, sekali2 minta dibelai sama tuh tangan πŸ˜€

    • aqied March 24, 2014 at 5:02 PM #

      Hihi bisa aja. Mb tau banget deh isi hatinya potokopian.
      Scanner itu ngerepotin juga ya kalo mw scan ukuran folio. Kalo punya kantor yg deket mejaku itu bisa scan guede

  15. supermanmother March 24, 2014 at 7:22 PM #

    Tolong potokipiin duit 100ribu dong, untuk isi angpao

    • aqied March 24, 2014 at 7:43 PM #

      Warna donk yaa. Tar jadinya duit peraga ajaa

      • supermanmother March 24, 2014 at 9:47 PM #

        iyah, warna, tapi ukuran nya jangan di perbesar,
        wah, jangan jadi duit peraga, maklum, untuk isi angpao

      • aqied March 24, 2014 at 9:51 PM #

        Cetaknya di perum peruri aja kakaak

      • supermanmother March 24, 2014 at 9:52 PM #

        susah eui… ane butuh cepat,
        LOL

  16. handri setiawan March 25, 2014 at 2:45 AM #

    nice pos sob salam kenal

  17. Danni Moring March 25, 2014 at 3:03 PM #

    wah sy klo ingat fotocopy teringat waktu masa2 kuliah mba..hehehe soalnya riweh dengan ngepotocopy materi kuliahnya hehehe

    • aqied March 25, 2014 at 4:56 PM #

      Bisa dibisnisin itu jd makelar potokopi. Ato potokopi buku yg 2 harga 1.

  18. mawi wijna March 25, 2014 at 10:55 PM #

    Saya pingin punya printer all-in-one kayak gini, tapi katanya nggak begitu awet ya? Kalau satu fungsinya rusak, ntar fungsi yang lain jadi ikutan rusak. Makanya mpe sekarang saya langganan ke warnet klo buat ngeprint atau ngescan.
    Printer all-in-one gini enaknya buat ngeprint/ngopy/ngescan KTP mbak. Lebih jelas dan lebih hemat daripada ke tukang fotokopian. Udah pernah nyoba?

    • aqied March 25, 2014 at 10:59 PM #

      Alhamdulillah ud 3 tahunan gak rusak. pas itu emang lagi banyak kebutuhan scan sih mas. Jadi ngebantu banget. Ini printer jg berjasa banget jaman saya apply2. Jaman saya suka desain, dan bisa bantu beberapa temen buat apply2 juga πŸ˜‰

  19. duniaely March 26, 2014 at 6:23 AM #

    wah .. aku malah blom pernah lihat iklan line nih πŸ™‚

    • aqied March 26, 2014 at 2:36 PM #

      Hihihi ngakak mbaa kalo liat itu soalnya ngerasain juga gi.ana ngeselinnya potokopi. Padahal mah harusnya kasian liatnya

  20. Ditter March 27, 2014 at 10:12 AM #

    Wih, lumayan artistik juga tuh mbak hasil fotokopian tangannya, hahaha….

    • aqied March 27, 2014 at 10:20 AM #

      Dicoba, mas. πŸ˜‰

  21. Miftah Afina March 28, 2014 at 1:27 PM #

    baru tau, mbak kalo printer bisa punya perasaan manusiawi gitu. hehe
    btw, mampir balik ya kapan-kapan. :p

    • aqied March 28, 2014 at 11:20 PM #

      Hehehehe…., anggap aja gitu. Biar bisa menperlakukan dg baik
      Aku ud mampir, mas. Tapi karna pke hp, koq gak berhasil komen ya

      • Miftah Afina March 29, 2014 at 7:06 AM #

        πŸ˜€
        masa sih?
        yaudah lain kali aja mampirnya

  22. iGaligo March 28, 2014 at 4:02 PM #

    saya jadi teringat dengan foto copy di warung waktu masih ada, saya takut sama fotocopy, karena tidak pernah pakai alas kaki kalau mengoperasikan, saya sering kesetrum πŸ™‚

    • aqied March 28, 2014 at 11:18 PM #

      Kesan sama mesin fotokopi kurang menyenangkan donk ya. Kalo sekarang gimana?

Leave a Reply

