Mahasiswa dan FoSSEI

19 Mar

Di Bio saya ato page “Siapa Saya” di blog ini, saya sebutin kan ya kalo pernah aktif di FoSSEI. Buat yang belum tau, FoSSEI ini semacam organisasi mahasiswa yang orientasinya dakwah di ranah ilmiah. Kepanjangannya Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam.

Cakupannya saat ini sih se Indonesia Raya yaa. Meski tidak menutup kemungkinan kalo bakal melebar ke tetangga2 ata sebelah sebelah ato jauh sekalian. Soalnya di nama aja gak bawa embel2 eksklusif buat Indonesia kan yaa (ini sih saya aja yg maksa).

Cerita dikit sih, benar memang dulu saya sempet aktif di forum ini. Yaa tingkat kroco lah, karir saya sampai di Propinsi DIY saja. Alhamdulillah meski ublek di Jogja aja, namanya forum silaturrahim yaa bisa nyambung sampe kemana mana. Rata-rata sih sesama mahasiswa ekonomi dan semacamnya dari berbagai kampus di negri kitah tercintah ini.
Gak heran saya selalu cari kontak mereka2 yang pernah mengenal FoSSEI setiap kali saya harus ke kota yang baru dan masih asing..

Sebagai forum studi juga, saya bisa belajar dan dapat banyaaaaaak banget dari ikutnya saya disini. FoSSEI sudah kasih saya banyaaak sekali ilmu ilmu yang gak saya dapat di bangku kuliah.
Masih sebagai forum silaturrahim juga, meski tingkat kroco, saya berkesempatan bisa bertemu langsung dan mengenal (merekanya sih gak tau ya kenal saya ato nggak) tokoh2 ekonomi utamanya yg turut jd perintis pertumbuhan lembaga2 keuangan syariah di negara jaya kita iniih.
Gak usah banyak banyak lah ya, semacam ketua OJK sekarang, CEO nya KARIM konsultan yg jd konsultan banyak lembaga keuangan syariah, yg ngurusin dan ngawasin praktek di bank syariah ud bener atau belum dari BI, de el el. Saya bisa belajar langsung kepada beliau beliau karena kemudahan akses saya sebagai kroco di FoSSEI.

image

Silaturrahim Akbar Alumni FoSSEI bareng beliau2 yg expert

Yah intinya sih saya bersyukur banget pernah terlibat dan mengenal FoSSEI. Saya bisa belajar macam2 dari ilmu2 ruwetnya IE, Manajemen, Akuntansi, bahkan sampai mahasiswa2 syariah. Semua blend dan bisa bikin otak saya terasah dan pengwn belajar terus (saat itu). Gak ada pertemuan sesantai apapun yang lewat dr diskusi. Even kita lagi basah2an di pantai, nongkrong di angkringan, atau di forum resmi yang kami harus dan sering bersilang pendapat dan tak jarang berargumen.

Sekarang sudah lewat hampir 5-6 tahun dari masa masa itu. Meski komunikasi sebagian masih terjalin baik. Rekan2 saya di jogja sudah seperti keluarga. Rekan2 yang sempat saya turut kenal dan berbaur, yang menerima saya saat di Jawa Timur juga memberi kesan mendalam. Sempat membuat saya berat meninggalkan jawa timur. Ah apa kabar kalian?

Tiba tiba ingin posting tentang ini karena 2 hal:
1. Akhir2 ini banyak yang nyasar ke blog saya dengan keyword “temilnas (temu ilmiah nasional) fossei 2014”. Event rutin tahunan yang hanya sempat saya ikuti pada 2009 di Bali
2. Baru saja dihubungi rekan mahasiswa yg masih aktif di fossei, untuk share ide terkait agenda Temilnas 2014 di Malang, dan ternyata otak saya buntu dan tumpul. Gak bisa urun apa apa. Ternyata saya kangen diskusi2 masa masa idealis itu.

Peluk, Cium, Cinta untuk FoSSEI. Teruslah bergerak dalam dakwah dalam bingkai ilmiah….

image

Bikin gambar ecek2 ini pas 2010

20 Responses to “Mahasiswa dan FoSSEI”

  1. duniaely March 20, 2014 at 5:23 AM #

    baru tahu nih ttg FoSSEI, senang ya kalau bis abergabung dengan Forum spt ini 🙂

    • aqied March 20, 2014 at 5:30 AM #

      Hehe iya mb. Nambah temen gak cuma temen sekampus aje

  2. jampang March 20, 2014 at 8:52 AM #

    bertebaran di muka bumi, membumikan ekonomi islam –> like this! semoga tercapai.

    BTW ikut andil dalam mengenalkan dinar dan dirham nggak ke masyarakat?

    • aqied March 20, 2014 at 9:37 AM #

      Ada sih mas. Kalo pas di era saya dulu yg program dinar dirham nya paling bagus temen2 region Jawa Barat.
      Kalo sekarang saya krg tau, agak2 kudet

  3. ysalma March 20, 2014 at 10:03 AM #

    saya baru tau kalau pengenalan ekonomi syariah ke masyarakat itu di gerakkan oleh forum ini, mungkin dengan idealisme baru bisa memberi kesegaran buat FoSSEI.

    • aqied March 20, 2014 at 10:11 AM #

      Kalau FoSSEI lebih ke forum mahasiswa sih, mb. Kalau yg sudah jd praktisi, akademisi, atau tokoh dan masyarakat umum biasanya gabung di MES (Masyarakat Ekonomi Syariah, http://ekonomisyariah.org).
      Sekarang kalo ngamatin di lembaga2 keuangan syariah ad logo GRES! (gerakan ekonomi syariah), itu hasil inisiasi BI dan MES

  4. ●○ qwerty ○● March 21, 2014 at 12:49 PM #

    saya kuliah subuh di masjid… 😛
    http://oo00000oo.wordpress.com/2014/03/21/blog-mencerminkan-karakter/

    • aqied March 21, 2014 at 12:51 PM #

      Saya nonton kuliah Subuh di TVRI pas SD, jam 7 pagi (soalnya WIT)

  5. giewahyudi March 22, 2014 at 12:56 AM #

    Poster yang di bawah itu keren ya. Semoga FoSSEI terus jaya dan mendunia.

    • aqied March 22, 2014 at 1:15 AM #

      Itu aku yang bikin loooh
      Skarang kagum sendiri koq dulu bisa ya bikin begitu. Skrg sih gak tau masi bisa gak desain2 gity

  6. tirsnine March 22, 2014 at 10:21 AM #

    Posternya keren.. jago desain nih kakaknya 😀

    • aqied March 22, 2014 at 10:36 AM #

      makasiiih. ah itu gambar ecek2 koq. kalo skrg gak tau masi bisa desain gak

  7. lieshadie March 22, 2014 at 12:25 PM #

    Bikin gambar kek gitu aku gak bisa …hihihihi emak2 jadul…keren loh itu ! Gak ecek2 sama sekali..

    • aqied March 22, 2014 at 12:27 PM #

      Saya jg heran, koq dulu saya bisa ya?. Kalo skarang bikin lagi gak tau deh kayanya ud gabisa

  8. Beby March 22, 2014 at 4:16 PM #

    Hai, Mbak Aqied..
    Aku baru tau garis besar FoSSEI di sini, sebelumnya ada beberapa selebaran di mading kampus tentang FoSSEI. Kayaknya yang ikut di fakultas Ekonomi USU lumayan banyak deh..

    Semoga niat baik bisa berjalan dengan lancar yah. Amiiin..

    • aqied March 22, 2014 at 4:50 PM #

      aamiin.
      jd ikutan seneng kalo fossei ud lumayan dikenal.
      sayang banget dulu pas aku masi aktif, g punya kenalan yg dr USU
      makasih ya Beb. aku klo pke hp susah komen di tempetmu. makanya silent reader.
      *jd pengen bebek pak slamet

      • Beby March 22, 2014 at 10:48 PM #

        Sama-samaa..

        Ah ngga papa, Mbak.. Memang berat loading sama payah mau komen di blog ku kalo dari hp. Ihik
        Di Jogja ada kan? Besok makan ke sana aja kalo mau lunch 🙂

      • aqied March 22, 2014 at 11:11 PM #

        Aku suka yang di solo nya langsung. Aselik

  9. danirachmat March 24, 2014 at 10:10 AM #

    Saluuut. Tuh kan Qied. Semakin dibaca dirimu semakin mengagumkan..

    • aqied March 24, 2014 at 12:06 PM #

      sejujurnya, itu pencitraan aja, Mas Dani
      aslinya sih ababil gak banget. hihihi

Leave a Reply

