Bakmi Jawa Bu Gito: Santap Malam a la Agung Sedayu

13 Mar
image

Omah Tanpo Lawang

image

579011_10200900314844281_210579549_n

Bakmi Jowo Bu Gito saat siang

 

Bagi yang follow akun Instagram, Foursquare, Twitter dan facebook saya dan sempat lihat ato mungkin ad yg hobi kepo ato stalking akun akun tersebut, saya yakin familiar dengan judul post ini. Yep, bisa dibilang saya cukup sering check in ato aplot foto sedang di Bakmi Jawa Bu Gito, Peleman, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Tidak heran karna menurut catatan Foursquare, saya masih menduduki posisi Mayor di lokasi ini.

Ada beberapa pendapat dalam tiap posting tema ini. Ada yang bertanya seberapa enak bakmi jawa ini sampai sebegitu sering saya kesana. Ada juga terheran heran kenapa saya seperti wajib absen kesana hampir tiap pekan, bahkan ada beberapa teman yang penasaran dengan foto yang pernah saya unggahΒ  dan mengajak saya nge-bakmi. πŸ˜‰

image

setelah sekian kunjungan saya, saya putuskan mendokumentasikan alasan-alasan dan latar belakang kenapa foursquare sampai merelakan gelar Mayor ke saya.

Pertama, tentu saja karena Lokasi. Saya tidak mengatakan lokasi Bakmi Bu Gito Strategis ya, , yang saya maksud faktor lokasi disini adalah jarak tempuh dari tempat tinggal saya saat ini. Dalam 5 menit berkendara sepeda motor, saya sudah bisa berpindah dr duduk di kursi rumah saya, menjadi duduk manis lesehan di amben bambuΒ  dan bersandar di tiang-tiang kayu gelondong dalam warung Bakmi Bu Gito. Oh ya kalo ad yang tanya dimana lokasinya, bisa cek di google map. Atau kalau Anda dari daerah gedongkuning atau Kotagede, bisa masuk jalan kecil di sebelah “PILAR”, nanti belok kiri di pertigaan yang ada warung baksonya. Warung berkayu-kayu dengan cahaya sedikit temaram itulah tempat nge-bakmi nya.

8847_10200574938950087_1970265875_n

Foto pertama, kameranya jelek. maklum tenaga surya

 

Kedua, kesan pertama memang tidak bisa dibohongi. Sebenarnya kunjungan pertama saya bukan karena memang berniat mencoba atau dapat referensi dari siapapun. It was by accident. Ceritanya hari itu saya kelelahan sehabis berbelanja dengan adik kecil Abidati. tujuan kami adalah Bakso Wonogiri Sari Nikmat yg saat itu terletak di Jl Ki Penjawi. Apa daya kami memang ditakdirkan untuk singgah ke warung lain terdekat (Which is Bakmi Bu Gito) akibat kehabisan bakso. Dan saya bersyukur pada takdir indah Tuhan malam itu yang membawa kami ke tempat makan yang benar.

Saat itu malam minggu, dan hampir semua meja terisi. Kami dapat satu kursi yang cukup untuk berdua yang berhadapan langsung dengan dapur, kasir dan tempat pesan. Adik saya yang tergila-gila dengan serial Api Di Bukit Menoreh, langsung takjub. pertama tentu saja seragam waiter/waitress disini. Semua mengenakan pakaian a la Agung Sedaya yang sering muncul di Cover depan tiap seri ADBM. Yep, Baju garis2 vertikal, beserta blangkon.

Rentang waktu dari memesan hingga hidangan sampai di meja kami memang cukup lama (bisa sampai 45 mins), namun saat itu saya dan adik dalam decak kagum. Kami diiringi musik gamelan atau karawitan atau gending atau apalah (saya masih gak bisa bedain) LIVE lengkap dengan sindennya.

971819_10200913058122855_1760806582_n
pas lagi ada LIVE music malah gak ambil foto. baru moto alat2 pas lagi gak dimainin

 

Seketika keluarlah segala kata-kata asing dr buku ADBM yang sbelumnya hanya ada dalam imajinasi adik saya menjadi nyata. Ia mulai berkicau bahwa ia bisa merasakan apa yang diduduki Agung Sedayu, bahwa ia mulai bisa menikmati cahaya temaram di kedai-kedai, bahwa ia mulai merasa seperti telik sandi yang sedang mencari informasi dengan bergosip di warung makan, dan segala yang sudah saya lupa (Terakhir baca AdBM pas SD). Terang saja setelah itu dia merencanakan untuk menyeret kedua kakaknya yang lain, yang lebih freak terhadap Karya (Alm) SH Mintardja dengan tokoh sentral Agung Sedayu itu.

Api_di_Bukit_Menoreh_1
ambil di wikipedia

Ketiga, tentu saja akibat cerita atau posting atau foto2 sayaΒ  yang mungkin lebay dan provokatif, saya akhirnya harus mengawal mereka-mereka yang penasaran untuk turut menikmati santap di dalam mesin waktu ini.

sukses menyeret 2 sodara

sukses menyeret 2 sodara

Keempat dan cukup sering terjadi juga, karna saya sejak menjadi buruh eight to five ini sudah jarang dan malas sekali memasak, even hanya masak nasi. Dengan demikian, setiap tamu (hal ini baru terjadi pada Bapak, Nenek, Paman dan Tante saya, serta sedikit teman) yang berkunjung ke rumah dan melewati waktu makan, terutama makan malam, saya lebih memilih mengajak santap malam a la masa-masa Agung Sedayu ini.

nge teh poci sama bapak

nge teh poci sama bapak

 

Kelima Keenam Ketujuh bisa untuk dijabarkan lagi, tapi sepertinya Anda sudah mulai malas membaca dan diamini oleh saya yang sudah malas menulis juga. Jadi cukuplah ke-4 alasan tadi menjawab pertanyaan Anda. Bagi Anda yang memang tidak bertanya, mungkin bisa jadi referensi dan sekedar informasi saja.

Foto foto sebagian pernah saya unggah di sini. Tapi mungkin sudah banyak tenggelam di bawah postingan lain. Saya yakin Google bisa sangat membantu Anda jika membutuhkan informasi lebih.

Gubug Reyot (Katanya...)

Gubug Reyot (Katanya…)

 

Bareng temen temen, janjian Friday Nite disini

Bareng temen temen, janjian Friday Nite disini



* harga Bakmi Jawa Godog/Goreng (bisa pilih mi campur, atau mi kuning aja ato mi putih aja) @14,000. (Pas kunjungan 24 Jan 2014: Rp. 15,000)
*harga Bakmi Jawa Spesial Godog/Goreng seporsinya 19,000 (pas kunjungan 24/1/14: Rp. 20,000)
*menu makanan yang disediakan selain bakmi diantaranya:
Menu Malam: Nasi Goreng, Magelangan Goreng/Godog, Cap Cay Goreng/Godog, Rica Rica Ayam Kampung, Fuyunghai (saya gak hafal harganya)
Menu Siang: Lotek, Gado Gado, Tahu Kupat, sisanya lupa
Menu Minuman: Teh Panas/Es, Jeruk Panas/Es, Teh Poci, Wedang Uwih, Jahe gepuk gulabatu, Jahe Susu, sisanya lupa
*Jam Buka: 09.00 pagi sampai malam

image

image

Magelangan goreng

52 Responses to “Bakmi Jawa Bu Gito: Santap Malam a la Agung Sedayu”

  1. Q January 23, 2014 at 9:31 PM #

    Mbaca ini dalam keadaan belom makan malam adalah kesalahan fatal ~ trustmeitworks

    • aqied January 23, 2014 at 9:45 PM #

      Tinggal meluncur sama rully ke TKP, trust me it works

  2. Satusatuen January 23, 2014 at 10:10 PM #

    Lapaaaaaaaaarrrrr

    • aqied January 23, 2014 at 10:12 PM #

      U’ve been warned πŸ˜‰
      *padahal gak ada review soal rasa sama sekali

      • Satusatuen January 24, 2014 at 12:21 AM #

        fotone kui lho.. potooooo…

      • aqied January 24, 2014 at 6:40 AM #

        Aduh, ampun kakaak

      • Satusatuen January 24, 2014 at 9:22 PM #

        tanggung jawab og. sesuk kopdar kudu dibungkuske

      • aqied January 25, 2014 at 12:05 AM #

        aku bungkusin pricelist terbaru nya mas. Hehe

      • Satusatuen January 25, 2014 at 12:37 AM #

        ooooooo… tidak bisaaaa

      • aqied January 25, 2014 at 6:16 AM #

        *ngumpet

  3. pungky sudrajat January 24, 2014 at 3:53 PM #

    Selalu jatuh cinta sama bakmi jawa… apalagi tempatnya kek gini… eksotis banget… πŸ™‚
    salam kenal… πŸ™‚

    • aqied January 24, 2014 at 5:07 PM #

      Iya mas. Saya bolak balik kesini karna tempetnya asik bangeet

  4. Littlenomadid January 24, 2014 at 4:42 PM #

    Wow, Maknyusss

    littlenomadid.blogspot.com

    • aqied January 24, 2014 at 7:35 PM #

      Tell me whenever u’re around jogja.
      Terimakasih kunjungannya, velysia

  5. backpackerborneo.com January 24, 2014 at 8:36 PM #

    Tempatnya alami dan artistik banget..suka..

    • aqied January 24, 2014 at 9:11 PM #

      iya. ni lagi di tekape. harus update harga nih ud pada naik ternyata.
      ayoo ke jogjaa
      saya april mw ke borneo jg

  6. armanmulyadin January 25, 2014 at 1:35 PM #

    Kalo saya temenan di social media bareng kakak yang satu ini bakal mikir Karyawannya Bakmi Jawa Bu Gito.. πŸ™‚

    • aqied January 25, 2014 at 1:49 PM #

      Waduh, bisa bisa nya. Saya malah blm kenalan sama karyawan2nya sana. Cuma hapal aja hehe

  7. mas huda March 13, 2014 at 5:30 AM #

    Jadi ngiler udah lama g makan bakmi jawa

    • aqied March 13, 2014 at 8:46 AM #

      Masih pagi, mas. Enaknya malem malem πŸ™‚

  8. jampang March 13, 2014 at 9:50 AM #

    jadi lapar niyyyy πŸ˜€

    kondisi termpatnya masih tradisional ya mbak… jadi punya nilai lebih

    • aqied March 13, 2014 at 11:40 AM #

      Iya. Yang bikin asyik emang tempetnya. Sama lamaaaaaaa nya. πŸ™‚

  9. giewahyudi March 13, 2014 at 12:11 PM #

    Wah udah jadi Mayor, pasti keseringan main ke Bakmi Jawa Bu Gito ini..

    Harganya lumayan juga ya untuk ukuran Jogja, 15 sampai 20 ribu. Tapi pengen nyobain ah kalau mampir ke Kotagede nanti..

    • aqied March 13, 2014 at 12:30 PM #

      Hehe gak tau deh skarang masih ato enggak. 4sq nya ud di uninstall.
      Kalo yg murah nasi gorengnya 10rb ato 11rb kayanya.
      Boleh tuh kalo nyobain di kotagede nraktir2 saya.
      Hahahaha
      *modus cari gratisan

  10. cerpen winterwing March 13, 2014 at 1:31 PM #

    tambahi tokoh utamanya juga. kalo gak salah nama tokoh utamanya laksmi ya? artisnya sekarang nyaleg.

    • aqied March 13, 2014 at 1:48 PM #

      Waduh aku ud lupa. Baca trakhir tuh SD.
      Setauku istrinya Agung Sedayu tuh Sekar Mirah. Trus ad tokoh2 ceweknya Roro Wulan, Pandan Wangi, errrr siapa lagi ya

  11. Chrismana"bee" March 13, 2014 at 2:39 PM #

    Mie gorengnya,…. *ngeceessss,.. padahal semalem abis makan mie goreng
    salam kenal mbak πŸ˜€

    • aqied March 13, 2014 at 5:48 PM #

      salam kenal jugaa.
      wah maaf deh. padahal posting nya gak review soal rasa sama sekali. πŸ™‚

      • Chrismana"bee" March 14, 2014 at 8:52 AM #

        Iya sih, tapi liat gambarnya yg sangat menggoda πŸ˜€

      • aqied March 14, 2014 at 12:08 PM #

        Maafkeun kalo gitu.
        Ayoo ke jogja kopdaran disitu πŸ˜‰

      • Chrismana"bee" March 14, 2014 at 1:16 PM #

        Jogjaa,.. pengen banget kesana, tapi kapan ya

      • aqied March 14, 2014 at 3:25 PM #

        Emang skrg dimana, mb?

      • Chrismana"bee" March 14, 2014 at 5:33 PM #

        di jakarta πŸ˜€

  12. Ditter March 13, 2014 at 5:59 PM #

    Uwaaa… aku doyan banget sama bakmi Jawa rebus. Dulu di deket kos ada warung bakmi langganan, tapi tutup karena yg jual pulang kampung, mau buka di sana…. 😦

    Mmm… kalo ke Bakmi Jawa Bu Gitu mungkin enaknya datang rame-rame, ya. Kalau sendiri takutnya jadi bosan, soalnya masaknya lumayan lama, hehe….

    • aqied March 13, 2014 at 6:28 PM #

      Bener mas Adit. Kalo sendiri bakal mati gaya nungguin pesenannya gak dateng2. Jd mending ajak2 aku gitu traktiran. Wkwkwkwkw. Tapi tenang aja disana banyak colokan koq.

  13. nyonyasepatu March 13, 2014 at 6:17 PM #

    eh tapi restorannya emang keren sih, jawa banget

    • aqied March 13, 2014 at 6:34 PM #

      Iya mb. Pake nya kayu2 gelondong, bambu, sama ada barang2 jaman baheula dipajang2 disana

      • nyonyasepatu March 13, 2014 at 6:35 PM #

        aku pasti betah di restonya tapi gak tau kalo makannya hehe. ehh selama pedes kayaknya aku bakalan suka sih

      • aqied March 14, 2014 at 12:07 PM #

        Buat pedesnya di tiap meja dikasih cabe sama mrica. Jd cabenya di gerus di piring sendiri. Hehe

  14. Ujang Sundana March 14, 2014 at 2:08 AM #

    Nyesel ngeklik posting ini. Gara-gara gak bisa tidur terus buka reader WP.
    Ini sudah dini hari, tanggung jawab lho Mbak, perut jadi laper nih ngiler lihat foto bakso disini…

    • aqied March 14, 2014 at 5:48 AM #

      aduh maafkan saya kang…
      tanggung jawab apa donk

      • Ujang Sundana March 14, 2014 at 7:26 AM #

        Tanggung jawab, traktir bakmi nanti, Mbak…
        Tahu gak Mbak, akhirnya saking ngilernya, saya jadi ngerebus mie instant deh…

      • aqied March 14, 2014 at 9:22 AM #

        Ke jogja dulu donk kang. Tar baru saya putuskan nraktir ato nggak. Hahahaha
        Pasti jd mie rebus rasa bakmi jawa yaa

  15. duniaely March 14, 2014 at 5:27 AM #

    Foto fotonya bikin ngiler nih πŸ˜›

    • aqied March 14, 2014 at 5:49 AM #

      errrrrrrr……..

  16. eruvierda March 14, 2014 at 7:52 PM #

    bakmi godognya enak….
    cuman jarang ke sana. baru 2 kali

    • aqied March 14, 2014 at 8:26 PM #

      Agak blusuk sih tempetnya ya mas

      • eruvierda March 14, 2014 at 9:16 PM #

        hehehhe iya ^_^

  17. danirachmat March 17, 2014 at 9:13 AM #

    Kita kudu kopdar di sini qied. Amin.

    • aqied March 17, 2014 at 10:02 AM #

      Aamiin. Ayoo ke jogjaaa

Trackbacks/Pingbacks

  1. Teh, Minuman Para Dewa | Cacatan Hari Hari - March 17, 2014

    […] *soal bakmi bu gito, bisa baca postinh jadul saya di SINI […]

  2. #CHSA: Hello, February | Cacatan Hari Hari - February 2, 2015

    […] Jadilah malamnya kami makan bareng di tempat makan yang paling sering saya datengin deket rumah, Bakmi Jawa Mbah Gito. beneran loh nge hits, sampe dibahas di Kompas Minggu satu halaman […]

Leave a Reply

