Pagi Kelabu

14 Feb

image

Pagi ini pukul 5.45 foto di atas saya ambil melalui kamera ponsel. Masih gelap. Terlalu gelap untuk jelang pukul 6. Sedari bangun, udara pagi tak sesegar biasanya. Sedikit lebih sesak.
Saat ini saya sedang di Klaten. Kota kecil di antara Kota Solo dan Jogja. Mungkin sekitar lebih dari 6 jam perjalanan normal dari si gagah Kelud.
Posting ini saya ketik pukul 6.31 WIB. Tetangga sebagian membersihkan jalan. Menyirami teras dan jalanan kompleks. Sebagian lagi sudah berangkat ke beberapa penjuru, aktifitas rutin mencari nafkah mungkin. Dengan masker, kacamata dan jas hujan lengkap. Semoga keselamatan untuk mereka.

Pagi ini masih gelap. Langit semacam mendung meski warnanya bukan kelabu. Matahari urung bersinar. Aroma dan warna debu tak hanya di lantai tanah dan jalan. Awan yang biasa menggantung tak terlihat oleh kami. Warna merah atau pink atau kekuningan menggantung di langit.

Pagi ini masih kelabu. Gerimis abu yg cukup deras masih terus turun. Sedikit saja melangkah keluar, sekujur badan berlumur debu dalam sekejap.

Pagi ini masih kelabu.
Apalah kuasa kami makhluk kecil, berhakkah kami menuntut pada Mu sedang sembah kami semu belaka.

Namun ijinkan ku panjatkan doa. Untuk mereka yang disana, harap yang terbaik bagi mereka. Keselamatan dan rasa aman. Untuk yang tak disana, semoga kepedulian dan kasih sayang pada saudaramu se negri tak hilang.

Juga untuk semua bangunan yg rusak, tempat ibadah, fasilitas umum, pendopo, bangunan bangunan warisan sejarah yang kini turut berselimut debu, semoga dpt segera pulih dan mendapat penanganan.

Pagi ini masih kelabu, pada siapa dapat kami mengadu jika tak pada Mu

image

Warna langit, 6.29 WIB

#PrayForKelud

*saya pernah merasakan tinggal di jawa timur (jombang), bisa di bilang pengalaman thd gunung berapi belum se terlatih warga jogja dengan merapi nya. Semoga yang terbaik untuk mereka dan sekitarnya.

*kakak dan adik saya di kota jogja juga hujan abu cukup tebal, semacam lebih tebal dibanding merapi lalu. Apalagi hingga skrg gerimis abu masih turun

image

Fak Teknik UGM. *menuju jurusan Teknik Arsitektur & Perencanaan dr akun twitter FT UGM

*adik kecil saya di solo, belum ad info langsung dari dia. Semoga yg terbaik untuknya.

*kabar terakhir Borobudur belum sempat diberi mantel. Semoga debu nya tdk sebegitu tebal dan segera dpt penanganan. Untuk peninggalan sejarah Majapahit di Trowulan, saya gak dpt info. Mgkn ad yg bisa share?

Update Borobudur:
image

Advertisements

39 Responses to “Pagi Kelabu”

  1. jaraway February 14, 2014 at 6:48 AM #

    magelang juga tebel..
    tadi malem denger dentumannya..
    #PrayForKelud

    • aqied February 14, 2014 at 6:49 AM #

      Aku ud bobo semalam. Bangun jam 2 karna kegerahan. Tp gak lihat ke luar kalo hujan abu ;(
      Borobudur gimana ya

      • jaraway February 14, 2014 at 7:01 AM #

        he.. mboten ngertos..

  2. jampang February 14, 2014 at 11:21 AM #

    borobudur makein mantelnya gimana?

    • aqied February 14, 2014 at 11:24 AM #

      Belom pernah lihat sih. Tp pasca erupsi merapi yg bener2 extra kerja keras mbersihinnya, borobudur punya mantel buat antisipasi.
      Kata kakak aq yg di BUMN ngurusin candi2, borobudur punya mantel raksasa

      • jampang February 14, 2014 at 11:38 AM #

        makeinnya pake helikopter kali yah

      • aqied February 14, 2014 at 11:40 AM #

        Eh jadi membayangkan.
        Tak tanyain deh
        *ikut penasaran

  3. duniaely February 14, 2014 at 12:35 PM #

    kelabu bgt ya dr fotonya

    • aqied February 14, 2014 at 12:37 PM #

      Iya mb
      Td sempet hujan sebentar trus jd coklat.
      Skrg gerimis abu lagi habis bersih2

  4. ira nuraini February 15, 2014 at 2:13 AM #

    Abunya bikin mata pedih n sesak napas y…untung sorenya ujan di sini jd lumayan berkurang abunya..*salam kenal* 🙂

    • aqied February 15, 2014 at 4:29 AM #

      Dimana itu, mb?
      Hehehe iya. Pas merapi dulu jg ud pengalaman tp koq kayanya lebih melelahlan yg ini

      • ira nuraini February 15, 2014 at 10:15 AM #

        Di surabaya jg kena imbasnya mbk…

  5. Ujang Sundana February 15, 2014 at 10:53 AM #

    Benar-benar pagi yg kelabu seperti saya lihat dari foto-foto diatas…
    Semoga keadaan lekas kembali normal…
    Turut berdoa dari jauh…

    • aqied February 15, 2014 at 2:25 PM #

      iya kang ujang
      ini pasti belum seberapanya mereka mereka yg dekat lokasi.

  6. Aiko February 15, 2014 at 1:10 PM #

    Sedih liatnya 😦 temen-temen aku yang di jogja gak bisa kemana2. Katanya Jogja udah kayak silent hill

    • aqied February 15, 2014 at 1:11 PM #

      Iya kabarnya sih gitu. Soalny blm hujan juga. Jd masih berbedak tebal jalanannya

      • Aiko February 15, 2014 at 1:26 PM #

        Semoga cepet kembali normal deh. Aamiinn 🙂

      • aqied February 15, 2014 at 1:29 PM #

        Aamiin. Trimakasih
        Ini belum seberapanya yg deket2 lokasi

      • Aiko February 15, 2014 at 8:26 PM #

        Iya 🙂 semoga di lokasi jadi jauh lebih baik keadaannya

  7. sunarno2010 February 15, 2014 at 2:10 PM #

    kalau kampungku di Boyolali bagaimana ya, apa seperti yang di klaten? lokasinya tetanggaan

    • aqied February 15, 2014 at 2:12 PM #

      Boyolali nya mana?
      Nenek saya jg boyolali.
      Kelihatannya sih hampir2 sama ya. Soalnya keluar solo menuju boyolali jg gitu. Berdebu

      • sunarno2010 February 15, 2014 at 2:17 PM #

        ortu di Simo, tempat saya di Jawa barat paling timur abunya juga sampai, meski tidak begitu kelihatan, tapi ke mata kerasa banget pedihnya

      • aqied February 15, 2014 at 2:20 PM #

        Kurang tau kalau simo. Saya boyolalinya ampel. Hampur salatiga.
        Dahsyat jg ya

  8. sunarno2010 February 15, 2014 at 2:22 PM #

    kalau dari semarang, ampel belok kiri melewati wilayah kab. semarang terus masuk simo, atau kalau jalur solo semarang di bangak belok kanan

  9. dyazafryan February 15, 2014 at 4:06 PM #

    mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita
    atau alam mulai enggan bersahabat dg kita
    *petik gitar

    semoga cepat berkahir ya segala bencana di negeri kita.. 😀 aminnn.. 😀

    • aqied February 15, 2014 at 4:09 PM #

      Gak mutu
      Gak mutu
      Gak mutu

      Masa komennya kopas

      • dyazafryan February 15, 2014 at 4:12 PM #

        hahahaha… biarin weee 😛
        yang penting kan doanya :Pweeee

      • aqied February 15, 2014 at 4:17 PM #

        Iya deh gpp.
        Asal kalo perasaan gak dikopas ke banyak cewek ya
        🙂

      • dyazafryan February 15, 2014 at 4:21 PM #

        hahaha.. itu jangan. g boleh entar Tuhan marah loh.

      • aqied February 15, 2014 at 4:44 PM #

        Tuh Yaz ditanyain kopasnya buat siapa

      • dyazafryan February 15, 2014 at 4:51 PM #

        duh.. mas ryan belom percaya nih..
        cuma untu satu orang mas. bener deh.. 😀

      • aqied February 15, 2014 at 4:53 PM #

        Satu orang di tiap kota?
        Wkwkwkwkwk
        Sama.aja

      • dyazafryan February 15, 2014 at 5:02 PM #

        waduh… mana ada gitu.. -____-

    • aqied February 15, 2014 at 4:10 PM #

      Eh tp doanya setuju. Aamiin

      • Ryan February 15, 2014 at 4:35 PM #

        Dyaz copasnya hanya untuk satu orang kan?

      • aqied February 15, 2014 at 5:05 PM #

        Di bales Dyaz di atas 🙂

  10. Ryan February 15, 2014 at 4:36 PM #

    Wah… gelap banget ya. Moga bencana di Indonesia bisa diatasi dengan baik, oleh pemerintah dan juga masyarakat yang mengalaminya.

    • aqied February 15, 2014 at 4:38 PM #

      Hihihi lumayanlah. Salju salju anget.
      Aamiin doanya

  11. Mobil Sedan Corolla February 15, 2014 at 9:07 PM #

    kelabu banget, kalut banget. semoga lekas usai ya. Aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: