Menghitung Hari Gajian

22 Jan

Hitungan jelang tanggal gajian semacam otomatis nempel di kepala buruh macam saya. Sempat mengalami beda beda kantor dan rekan kerja, tanggal gajian tetap jadi hari keramat. Heran juga hitungan mundur jelang gajian semacam tersetting otomatis di kepala kepala kami. Dan bangun tidur paling indah adalah bangun tidur di pagi tanggal 25 (atau sebelumnya jika 25 tanggal merah).
Tanpa perlu memperhatikan, sudah kelihatan koq masing masing sudah punya rencana pengeluaran yang wajib terlaksana setelah gajian. Mulai dari mendata kebutuhan2 pribadi yang sudah menipis, mendata kesenangan dan hura2 yang diinginkan, mendata tas sepatu dan gadget yang kemarin ditaksir. Apalagi hal hal itu biasanya sudah diampet mungkin sejak tanggal 15 ;).
Jadi buruh itu asyik, kalo tanggal 25. Begitu kata teman saya. Seperti kata iklan salah satu provider:

Masalahnya gaji cuma tahan sampe tanggal 15,

kesindir gak sama iklan itu?

Ada asyiknya juga sih gajian tanggal 25. Setidaknya gak harus nunggu ganti bulan buat nggendutin rekening. Setidaknya pusat perbelanjaan belum sepenuh tanggal muda. The problem is pas tanggal muda ud kerasa tanggal tua. ;(
Bagi buruh dengan tata kelola keuangan buruk macam saya, saya juga punya rangkaian to do list yang harus saya lakukan begitu tgl 25 pukul 00.00 gaji saya masuk. Saya harus segera menyingkirkan nominal tertentu untuk saving.
Belajar dari pengalaman yang sudah sudah, saya memang sempet sih selalu berhasil menyisihkan gaji hingga gajian berikutnya. Tapi ternyata hanya bertahan beberapa bulan (saya kerja di institusi ini baru 15 bulan-an), dan ujung ujung nya malah berapapun yang ada, habis atau hanya tersisa saldo jaga jaga saja.
Apalagi saat itu saya sering merasa perlu bolak balik jatim-jogja di weekend yang setelah dihitung2 cukup boros juga. Ditambah lagi selama disana saya banyak kepingin jalan jalan nya. Alhasil begitu balik ke Jogja, saya bingung sendiri koq keuangan saya kacau.
Akhirnya saya memilih kalo dulu saya mendahulukan kebutuhan baru disesuaikan nominal yang saya punya, sejak kembali ke Jogja, pendekatan itu saya balik. Sekian persen pemasukan saya harus dikeluarkan dulu untuk saving, dan dengan sisa yang tersedia itu saya atur strategi bagaimana supaya memenuhi semua kebutuhan saya.
Saya memulai disiplin ini di Juli, namun ambyar karna saya malah mudik ke Sorong n short-trip sampe emper Raja Ampat. Disana gak ada yang murah kalo mau kuliner, juga hunting oleh oleh.

Alhamdulillah begitu September saya mulai bisa bertahan hidup yang lebih menyenangkan dengan nominal yang lebih rendah dr bulan bulan kemarin. Lagian kebutuhan saya apa sih? Masih buat diri sendiri aja. Belom bayar cicilan rumah, belom bayar SPP anak, kalo gak makan juga kagak ad yg sms ‘dah makan belum?’ , intinya ya cuma buat dipake sendiri.
Nyatanya saya masih bisa jalan jalan ala bolang, sesekali makan enak, ngopi ngopi cantik, paket internet ponsel jalan terus, sesekali hura hura, belanja buku atau outfit. Sempet coba nurunin nominalnya ternyata saya gagal karena pengeluaran2 tak terduga. Tapi setidaknya saya tetap bertahan dengan bekal yang saya siapkan sejak awal. Gak tergoda buat utak atik yang lain. Pengalaman sih kalo ud pegang duit (fisik maupun elek), berapapun bisa aja ngabisinnya.

Jadi apa rencanamu setelah gajian? Rencana saya gak gagal lagi untuk saving. oh iya sama beli kopi kesayangan ;).

*jangan tanya saving nya untuk apa yang pasti untuk macem macem n banyak. Saya kan banyak maunya

15 Responses to “Menghitung Hari Gajian”

  1. Nchie Hanie January 22, 2014 at 1:00 AM #

    hihiih..sama aja kirain eike doang yang lagi menghitung hari gajian :v

    • aqied January 22, 2014 at 1:04 AM #

      hihihi
      itu semacam ud ter setting otomatis di kepala, teteh

  2. jampang January 22, 2014 at 6:17 AM #

    saya gajian tanggal 1, kadang lewat dikit. selama ini seh ya sebagian besar ditabung karena belum ada pengeluaran slain kebutuhan sehari2

    • aqied January 22, 2014 at 8:59 AM #

      Iya saya juga yg ditabung lebih banyak drpd yg dipake bertahan hidup. Heheehhe

  3. Ujang Sundana January 22, 2014 at 7:05 AM #

    Oh indahnya hari gajian…

    Saya gajiannya di tanggal terakhir tiap bulannya nih. Lumayan ada beberapa kewajiban yg harus saya penuhi, utamanya bayar kontrakan dan bayar utang makan siang ke mas warteg…
    Lumayan saya boros juga. Ah biasa, macem-macem, lagi pengen belajar nabung belakangan ini…

    • aqied January 22, 2014 at 9:00 AM #

      Saya sempet koq berbulan2 gak bisa nabung blas. Berapapun yg dipegang habis

  4. xrismantos January 22, 2014 at 11:55 AM #

    Untuuuuuunggg gajian saya nyebar, 3x sebulan. Tgl 1 gaji utama. Tgl 10 uang ngajar. Tgl 15 uang transport dan lauk-pauk 😀

    • aqied January 22, 2014 at 12:38 PM #

      Wah jd gak pernah kehabisan yak. Baru gajian ud gajian lagi 😉
      Saya cm ketambahan duit pulsa aj tanggal 1.

  5. Zakiatul Hidayati January 22, 2014 at 1:43 PM #

    kalo gajiannya tiap tgl 25, akhir bulan bukan lagi kantong kering ya mbak, tapi kantong gemuk ^_^

    • aqied January 22, 2014 at 2:29 PM #

      Iya dan awal bulan seperti ud akhir bulan

  6. Miftah Afina January 26, 2014 at 9:38 PM #

    Biasanya saya setiap mau gajian (dan kebetulan gajiannya juga sama, tanggal 25) pasti mempersiapkan dulu buku apa aja yang mau dibeli. hehe

    • aqied January 26, 2014 at 9:54 PM #

      Sekarang ud gajian donk.. saya bulan ini gajian kmaren jumat pagi. Tadi sore baru aja dr toko buku.
      So, bulan ini beli buku apa? 😉

      • Miftah Afina January 26, 2014 at 9:57 PM #

        Iya… hehe
        Beli “long distance hearts 2”, “benabook” sama satunya novel lupa judulnya apa, ada di rak buku. 🙂

      • aqied January 26, 2014 at 9:59 PM #

        Wow kalo gitu selamat membacaa 🙂

      • Miftah Afina January 26, 2014 at 10:00 PM #

        iyaa… 😀
        mampir balik ya..

Leave a Reply

