Ibu dan Lumia nya

18 Jan
image

Lumia Ibu, sedang transit di Sultan Hasanudin Airport Makassar

Saya dan orang tua memang sudah sejak SMP tidak tinggal bersama. Saya menjalani sekolah berasrama di Solo sejak lulus SD, sementara kedua orang tua saya di Sorong, Papua. Kontak memang sering, dari jaman kombinasi telpon dan surat pos, ponsel, hingga sekarang pesan instan dan jejaring sosial.
Awalnya, memang sudah cukup bagi kami berbincang dan bercerita secara audio saja (baca: telpon) atau sms. Seiring semakin banyak hal baru yang kami temui, dan sangat ingin kami ceritakan, kami mulai hal baru. Jadi biasa setelah cerita by phone, ad gambar2 atau foto yang kami saling kirim melalui email.
Contohnya saat saya ikutan volunteer ASEAN Para Games di Solo, Bapak pingin tau gimana gimana nya atlet atlet difable di event pasca SEA GAMES itu. Juga saat saya wisuda, bapak gak ikutan. Jadi dikirimnya via email. Pernah juga waktu Bapak dan Ibu ada acara tahun baru di Waisai Raja Ampat. Kami anak anak beliau penasaran maka di email lah foto2 beliau berdua disana.
Lama kelamaan, kami mulai merasa email tidak cukup praktis. Fyi, jangan bayangkan kualitas koneksi di pelosok sana dengan pulau jawa. Juga listriknya. Selain itu, koq jd ngerasa ud gak real time. Kerasa gak sih, ketika ud penasaran bangeet ato ud seru banget ceritanya, gambar visualnya masih meraba raba. Dan pas diterima sudah gak se exciting pas seru2nya. Gak cuma itu, banyak hal remeh temeh yg selalu pengen kami bagi, dan gak asyik banget kalo harus di email dan bapak downloadnya masih entaran banget. Pas selo, pas sinyal bagus, pas bukan jam kerja tp pas gak di rumah juga (sinyal di rumah juelek maksimal). Selain itu, kami pengen juga kan selalu berbagi tumbuh kembang baik diri kami sendiri masing2 atau segala hal di sekitar kami.
Maka, Qonita dan Qolbi muncul dengan ide menghadiahkan smartphone untuk Ibu. Awalnya karna kami belum uji coba sinyal di sana, bayangan mereka tar bisa skype an gitu. Atau minimal bisa kirim2an foto sesukanya di whatsapp. Dua itu harapan minimal kakak dan adik saya yg cerdas (saya gak ikutan punya ide pas itu, bodohnya).
Misi pun di mulai, setelah mencari tau sana sini dan berunding antar kami, disepakati Lumia dari brand (yang sempat) Besar. Ini untuk bujukan lebih mudah juga sih, karna Bapak gak pernah beli ponsel selain merk ini. Pada Juli 2013, Qonita sebagai sesama pengguna Windows Phone mulai membeli dan membekali ponsel tersebut dg aplikasi2 yang dibutuhkan.
Karena Qonita dan si kecil gak ikutan mudik lebaran, saya jadi petugas yang mengantarkan ponsel tersebut pada 3 Agustus 2013. Berhubung saya gak ngerti ngerti banget Windows Phone, jadilah disana Ibu tinggal belajar n make aja. Satu satu nya aplikasi paling aktif adl Whatsapp. Selain berkomunikasi dengan kami, Ibu juga bisa komunikasi dengan teman2nya sesama ibu ibu, teman2 kuliahnya, dosennya, dan siapa aja. Saya cuma bisa ngajari penggunaan search engine yg bisa dg scan dan ketik manual. Yang Ibu suka banget, karena Ibu bisa ngetik arab dan bisa translate di ponselnya. Bisa baca quran beserta terjemahnya, bisa cek kata2 sulit di Quran dan langsung ke search engine (meski dulu Sarjana di Matematika, sekarang Ibu kuliah lagi Bahasa Arab).
Akhir tahun kemarin, Ibu ke Jawa. Mulai berdiskusi dengan Qonita soal ponselnya. Pernah suatu hari saat saya utak atik ponselnya, saya tanya
“Bapak suka make juga gak sih?”
Ibu: “iya, kadang yg kirim2 foto itu bapak. Kadang juga bapak cari2 kalian tuh di situ (nunjuk tanda search engine).”
Saya: “What? Nyari Aqida Shohiha gitu?”
Ibu: “gak tau tuh bapak. Aqied gitu deh kayanya. Tar ketemu yg itu tu satunya facebook(twitter). Kadang ya Aqida Shohiha kayanya”.
Oh my, bagi Anda pembaca twitter saya, tentu tau kalo saya lebih banyak nyampah, alay dan gak mutu kalo ngetwit.
Saat itu saya rada kaget. Twitter saya memang gak pernah digembok. Jadi Ortu tau donk saya suka galau galu gak jelas, saya mention2an sama siapa aja, ato kalo saya lagi kode kode n no mention. !!!
Ternyata setelah percakapan itu, Qonita kembali dengan ide brilliannya
“Ibu follow aja twitnya Aqido. Tar aku taro di home biar tinggal baca”
Dziiiiiiinnngggg!!!
Belum sempat saya protes, Ibu sudah bersuara
“O iyo sudah”
dan nemplok lah shortcut ke timeline twitter saya dengan manis di home windowsphone yang kotak kotak itu. Sebelumnya facebook 4 anaknya ud berjejer manis.
Yasudah lah, saya pikir biarlah malah saya jadi gak harus panjang2 kan kalo crita di telp. Kan ud baca sendiri. Hehehehe. Telp nya bisa buat ngobrol2 yang lain yg private2 ajah.
Tapi lucu juga, meski saya tau kalo Ibu dan Bapak suka kepoin saya, Ibu semacam gak pengen ketahuan gitu kalo kepo.
Pada suatu hari:
Saya: “aku tau loh kalo Ibu kepo in aku. Ibu suka gak sengaja kepencet favorit kaaan”
Ibu: “hah iya ya? Masa sih? Kalo kaya gitu emang ketahuan ya kalo suka baca baca?”

Sebelum mudik kmaren, Ibu sempet juga tanya tanya instagram. Tapi oleh Qonita saat itu disampaikan kalo instagram gak penting2 amat dan di WindowsPhone masih versi Beta.
So, mulai saat itu, twit, posting facebook, bahkan posting di blog ini bisa jadi bahan bacaan Ibu dan Bapak saya. Soal blog saya masum radar bwliau berdua juga saya baru tau beberapa hari lalu.
Ibu via Whatsapp : “maksudnya apa sih kamu menang undian PKK Anak SMA? Kalo artikelnya aku sudah baca sih”
Nah looo. Bahkan posting absurd yang itu pun dibaca oleh beliau. Mungkin hanya akun Path aja yang sampai sekarang belum masuk radar.

Posting yang ini pun sepertinya bakal dibaca beliau. Haiii Ibuuu, Haiiiii Bapaaakkkk…… 😉

23 Responses to “Ibu dan Lumia nya”

  1. jarwadi January 18, 2014 at 6:51 PM #

    pinjeeeeem lumia nyaaaaaaa

    • aqied January 18, 2014 at 6:54 PM #

      sudah dibawa lagi ke papua, om

  2. hudanugraha January 18, 2014 at 7:35 PM #

    Haha. Resiko keluarga kalo ngefollow jejaring sosial kita 😀

    Salam kenal.

    http://blog.martabakrebus.net

    • aqied January 18, 2014 at 8:12 PM #

      Hehehe iya. Tapi lama lama ya jd malah seru. 😉
      Trimakasih sudah berkunjung. Salam kenal juga

  3. nuzulul January 18, 2014 at 11:19 PM #

    setelah baca jadi hobinya.
    bikin artikel, akan jadi hobi yang baru. 🙂

    • aqied January 18, 2014 at 11:23 PM #

      kalo nulis sih udah dari dulu banget emang nulis ortu saya. cm gak nulis di internet aja. hehe

  4. ade anita January 19, 2014 at 12:55 AM #

    waaah…. ortumu melek teknologi euy… ibu dan ayahku dulu gaptek parah.

    • aqied January 21, 2014 at 10:13 PM #

      kalo gak karna terpisah ribuan kilo mgkn ortu ku jg males. hehehe

  5. jampang January 19, 2014 at 6:02 AM #

    😀
    jadi gampang ngawasin aktifitas anak di dumay

    • aqied January 21, 2014 at 10:14 PM #

      yupaiii. mendekatkan yg jauh

  6. TONGKONANKU January 19, 2014 at 7:36 PM #

    Ibunya gaul juga yaa… udah mainan smartphone. Kalau kedua orang tua saya, bisanya cuma telpon sama sms. Jadi make-nya masih hp jadul. 😀

    • aqied January 19, 2014 at 7:40 PM #

      Tuntutan jaman dan jarak, hehehe

  7. Ujang Sundana January 20, 2014 at 8:24 AM #

    Hihihi…lucu juga ya…
    Kalo saya sih baru blog saja yang suka dibaca ortu. Aneh juga ketika satu kali bapak sms, emang suka ngutang di warteg ya? Lah koq beliau tahu? Baru sadar ternyata beliau baru baca posting saya tentang bayar utang tiap awal bulan ke mas warteg…

    • aqied January 20, 2014 at 8:53 AM #

      Dulu blog yg sampe di print itu punya kakak saya.
      Hahaha lucu juga yaa, akhirnya kan hal hal yg kadang kelewat gak kita ceritain ke ortu, malah beliau berdua tau juga. 😉

  8. xrismantos January 21, 2014 at 6:25 PM #

    Waduh kalo ibu saya mah gaptek nya super. Udah dua bulan ini abis beli Lumia juga, dan sampe sekarang masih kagok make nya. Masih sering nanya gimana cara nge save nomer telpon, cara forward sms, cara ngeliat missed call, daaaan sebagainya 😀

    • aqied January 21, 2014 at 6:35 PM #

      Hehehe harus telaten emang ngajarinnya. Untung adek saya baek bangeet dan yg ngerti lumia cuma dia doank. Kalo saya gak tau deh ikutan bingung jg kali. Gaptek gitu loh saya mah

      • xrismantos January 21, 2014 at 11:29 PM #

        nah masalahnya ini udah org serumah yg ngajarin wkwkwk…ibu ini orgnya takut salah kalo masalah teknologi2 gini, jadi ga pede nyoba sendiri padahal cara2nya sebenernya udah tau. Lucu deh… Besok kalo kita jadi orang tua apa ya kaya gitu ya 😀

      • aqied January 21, 2014 at 11:45 PM #

        Hahaha *membayangkan
        Teknologi lebih maju n aneh2 pastinya. Hari gini aja Google ud ngeluarin Google Glasses, gak kebayang cucu2 kita tar pke apa

  9. Tina Latief January 27, 2014 at 9:10 PM #

    keren pakai lumia..
    wah jauhan gitu ngga gampang kangen Qied? sejak SMP sampai sekarang lg..

    • aqied January 27, 2014 at 9:52 PM #

      Lama lama ya biasa sih. Justru smakin gede gini smakin gampang kangen. Untung tekno ud smakin maju. Gak kaya jaman dulu kalo kangen musti ke wartel pake ngepasin layar tarif sama duit yg dibawa. 😉

Trackbacks/Pingbacks

  1. Bapak……. | Cacatan Hari Hari - April 21, 2014

    […] * sebelum Bapak, Ibu sudah lebih dulu punya akun sosmed bersama Lumia nya […]

  2. [English Friday] How Gadgets Affected My Life | Cacatan Hari Hari - January 23, 2015

    […] was the first and only Android user in my family. My mom and my young sister used Lumia while my old sister used iOs. Then, my father came with his Oppo and I gave my Axioo to my youngest […]

  3. Bapak……. | Cacatan Aqied - July 28, 2016

    […] * sebelum Bapak, Ibu sudah lebih dulu punya akun sosmed bersama Lumia nya […]

Leave a Reply

