Bus Mania episode Jogja-Lumajang

4 Jan

Tahun lalu, saya sempat bertugas di area jawa timur. Awalnya di Surabaya (masa training) dengan sangat singkat, lanjut Lumajang (terletak antara Probolinggo dan Jember), selanjutnya paling lama di Mojoagung, Jombang (perbatasan Jombang-Mojokerto). Dengan rasa memiliki Jogja sebagai hometown (padahal bukan), saya ketika bertemu long weekend memilih Jogja sebagai destinasi ‘mudik’.
Sempat bingung dengan moda transportasi apa yang sebaiknya saya pilih untuk mudik. Mengingat jam mudik saya menyesuaikan selesainya tutup kantor (yang bisa fleksibel dan elastis banget). Sehingga dengan Kereta Api yang jelas terjadwal, sepertinya bukan jodoh saya.

*Posting kali ini saya khususkan untuk nostalgia Jogja-Lumajang dulu*

Saya hanya menghabiskan waktu singkat di Lumajang, 3 Oktober 2012 hingga pertengahan Desember 2012. Lucky me, di waktu sesingkat itu saya bisa dapat 2 kawan mudik jadi bisa sama-sama hunting tiket bus yang paling aman dan gak oper oper.  Kala itu sasaran kami Rosalia Indah. Beberapa kali mudik dengan PO ini, saya sampai yakin untuk daftar member meski akhirnya tak kesampaian. Saat itu tarif Rp. 115.000 di non weekend (saya sering berangkat kamis malam) untuk jarak Jember-Jogja dan Rp. 125.000 untuk weekend. Lumayan, tdk perlu pusing oper2, tinggal duduk manis berselimut dan berbantal. Makan tengah malam disediakan di Rumah Makan Padang Sederhana (saya lupa daerah mana).
Sayangnya tiket PO ini sulit sekali didapat di long weekend. Sudah 2 kali saya tidak dapat tiket Jogja-Lumajang, sehingga saya harus sedikit mencoba alternatif lain.
Pengalaman pertama saya jd penumpang Bus AC ekonomi Mila Sejahtera dengan tarif Rp. 65.000 untuk Jogja-Lumajang. Lumayan pengiritan. Tp saya kurang menikmati perjalanan karna sejak pukul 18.30 dari Jogja hingga sampai tujuan 05.00 saya sukses tidur. Yang saya tahu, setiap terjaga penumpang disebelah saya sudah berganti.
Cara lain saya coba dengan pengalaman pertama ber EKA, bus AC ber wifi, komposisi duduk 2-2 dengan ketentuan 1 seat per 1 penumpang. Jadi jika kursi penuh, tidak lagi mengangkut penumpang. Saat itu untuk Jogja – Surabaya dikenakan tarif Rp. 68,000 bonus Air mineral gelas plus paket makan di RM Duta Ngawi. Tiba di Terminal Bungur pukul 00.30, saya melanjutkan dengan lagi lagi Bus Mila tapi kali ini yang Patas. Estimasi perjalanan normal menurut pengalaman saya 4 jam. Jd saya sudah siap2 istirahat manis di bus yang cukup nyaman ini. Tarif pastinya saya tidak ingat, mungkin sekitar 40ribu sekian. Rupanya bus tiba di tujuan saya terlalu cepat. Pukul 03.00 saya sudah celingukan dg wajah bengong baru bangun tidur di depan Terminal Wonorejo Lumajang, dengan asap hitam bus yang melaju kencang menampar saya.
Setelah kedua pengalaman itu, saya jadi bertekad untuk gak kehabisan tiket lagi. Terlalu merepotkan dan ummmmm mungkin menimbulkan kekhawatiran pada orang2 terdekat saya. Membayangkan saya jadi anak ilang dari terminal ke terminal di jam jam tidak normal.

Pekan kedua Desember, saya mendapat tawaran untuk pindah tugas di Mojoagung, Jombang. Saya hanya kenal nama itu di google map. Namun jiwa muda saya (ceileh) saat itu ingin mencoba hal baru, sehingga tawaran tersebut saya ambil. Berbekal instruksi dari calon bos di Mojoagung (Jalan Raya Solo-Surabaya, jika dari barat letaknya tepat sebelum masuk Trowulan, Mojokerto), saya memesan tiket Rosalia Indah jurusan Jember-Jogja. Satu satu nya kendaraan yang saya tau tidak harus oper oper. Beberapa travel yang saya hubungi hanya bersedia mengantar hingga Surabaya. Sementara masih diperlukan perjalanan 1,5 jam ke barat  dari Surabaya untuk sampai tujuan. Tarif Rp. 90.000 untuk Jember-Jombang sempat bikin saya pengen kabur sekalian ke jogja. *hihihi, habis nanggung amat.*. Saya mewanti wanti Pak Supir, Kernet dan Kondektur untuk membangunkan dan menunjukkan saya sebuah tempat bernama Terminal Mojoagung. Ternyata sejak di Brangkal Mojokerto saya sudah dibangunkan dan pada 00.30 saya tiba dengan selamat di depan mess perusahaan, tentunya dengan bantuan Pak Becak bertarif Rp. 10,000 (belakangan saya baru tau tarif normalnya Rp. 5,000). Saya terlalu lelah dan tidak siap nongkrong di terminal pinggir jalan raya Surabaya-Solo untuk menunggu jemputan.
Menjadi warga Mojoagung selama Desember-July, episode baru dimulai, cerita cerita perjalanan pun berganti. Namun jenis kendaraannya tetap sama, saya Bus Mania apapun kelasnya 😉

*Tarif Bus EKA terakhir saya menjadi penumpang Surabaya-Jogja Rp. 82.000

Advertisements

6 Responses to “Bus Mania episode Jogja-Lumajang”

  1. nuzulul January 6, 2014 at 11:43 PM #

    Saya Mojokerto – Jogja, bolak-balik kayak setrika tiap bulan. Berbagi hari demi kehidupan. Tetap tersenyum walau bisa tuk tertawa. Tetap tersenyum walau hati terluka. Ehg… gagal pokus. 🙂

    [favicon blognya dari jauh kok mirip. sudah janjian ya?]

    • aqied January 6, 2014 at 11:46 PM #

      Loh saya januari-juli bolak balik nya Mojoagung-Jogja. Paling sering sebulan dua kali. Wah jgn2 pernah ketemu kita yaa…

      *favicon yg mana mirip sama siapa y?

      • aqied January 6, 2014 at 11:51 PM #

        ooo favicon blog ini? mirip sama punya siapa yak?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Hello, Monday……! | cacatan hari hari - January 7, 2014

    […] senin dengan mata mengantuk dan punggung pegal akibat menghabiskan malam di bus ( jaman jadi Bus Mania ). Belum lagi kalau sedang dlam kondisi tidak normal, semisal kurang tidur, atau macet, atau sedang […]

  2. Menghitung Hari Gajian | cacatan hari hari - January 22, 2014

    […] yang ada, habis atau hanya tersisa saldo jaga jaga saja. Apalagi saat itu saya sering merasa perlu bolak balik jatim-jogja di weekend yang setelah dihitung2 cukup boros juga. Ditambah lagi selama disana saya banyak kepingin […]

  3. Antara Mataram dan Majapahit (busmania) | Cacatan Hari Hari - February 25, 2014

    […] ini menyambung posting saya bulan lalu tentang perjalanan saya jadi bus mania sepanjang jogja-lumajang. Kali ini mau nerusin yang Jombang-Jogja. Saya di Jombang bukan di tengah kota. Malah sangaat […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: